RESEP
4 Agustus 2019

Resep Sharlotka, Cake Apel ala Rusia

Tanpa mentega dan susu, kue ini terasa enak dan lebih rendah kalori
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Salah satu kue yang paling populer di Rusia adalah sharlotka. Kue ini seperti sponge cake dengan potongan apel. Meski namanya terdengar asing, ternyata bahannya simpel dan cara membuatnya sangat mudah, lho Moms!

Sharlotka terdengar mirip charlotte, dessert asal Prancis yang terbuat dari roti, sponge cake, atau biskuit yang dicelup susu, ditata di loyang, lalu dituangi custard. Ada pula istilah charlotte russe alias charlotte Rusia yang terbuat dari ladyfingers dan Bavarian cream.

Tapi, sharlotka berbeda dengan kedua charlotte tersebut. Bolu ini tak menggunakan minyak, mentega, maupun susu sehingga cocok untuk Moms yang sedang diet atau memiliki anak intoleransi laktosa. Apelnya mendominasi, membuat kue ini terasa lembap.

Apel asam seperti apel Malang cocok digunakan untuk membuat kue seperti ini. Moms juga bisa memakai buah lain seperti pir atau plum. Ini resep sharlotka yang bisa jadi inspirasi di rumah:

Baca Juga: Resep Bublanina, Kue Buah Asal Ceko

Bahan Resep Sharlotka:

  • 6 buah apel Malang, kupas, buang bijinya, lalu potong-potong dadu kecil atau iris-iris tipis
  • 3 butir telur besar
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 125 gram terigu
  • Gula halus untuk taburan (opsional)
  • Margarin untuk mengoles loyang

Baca Juga: Yuk Coba Resep Dessert dan Kue Seru dari Nicky Tirta!

Resep Sharlotka:

shutterstock_507564604.jpg

  1. Persiapan: panaskan oven dengan suhu 175 derajat C. Lapisi dasar loyang dengan kertas roti, kemudian oleskan margarin di atas kertas dan di sisi dalam loyang. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai adonan kental. Saat mikser diangkat, adonan jatuh membentuk pita. Jika sudah, matikan mikser.
  3. Masukkan vanili, kemudian tambahkan terigu sedikit-sedikit sambil adonan diaduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata.
  4. Tata apel di dasar loyang dan tuangkan adonan ke atasnya. Goyang-goyangkan loyang dan ratakan permukaan adonan sambil menekan-nekannya agar adonan masuk ke sela-sela potongan apel.
  5. Panggang sharlotka di oven selama sekitar 45 menit sampai kue matang. Tes dengan menusukkan tusuk gigi ke kue. Jika tusuk gigi bersih saat diangkat, tandanya kue sudah matang. Jika ada adonan menempel, panggang lagi kuenya.
  6. Keluarkan sharlotka dari oven. Diamkan dulu sampai agak dingin, baru keluarkan kue dari loyang ke piring. Agar permukaan apelnya menghadap atas, tempelkan satu piring lagi kue atas kue, lalu balikkan kue.
  7. Taburi gula halus, kemudian potong-potong kue. Sharlotka bisa disajikan hangat maupun dingin.

Baca Juga: 3 Resep Kue Kering Berbahan Sayur untuk Balita

Tips Membuat Sharlotka:

  • Resep ini menghasilkan sharlotka yang lembap dan empuk. Kalau Moms ingin kuenya agak kering, kurangi apelnya.
  • Kalau Moms ingin tekstur kue lebih ringan mengembang, pisahkan putih dan kuning telur lalu kocok terpisah. Setelah itu, campur dan aduk lipat sampai rata. Dengan metode ini, waktu pemanggangan jadi lebih singkat.
  • Setelah dipotong-potong, apel bisa diberi air perasan lemon dan bubuk kayu manis agar rasanya lebih segar dan berempah.

Mudah sekali bahan dan cara membuat sharlotka, bukan? Coba yuk Moms!

(EMA)

Artikel Terkait