BAYI
8 Agustus 2020

Beredar Resep Susu Formula Rumahan, Amankah Diberikan kepada Bayi?

Ternyata, resep susu formula rumahan gampang ditemukan. Namun ada risikonya juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak diragukan lagi, ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Namun, jika Moms tidak dapat menyusui, memilih untuk tidak menyusui, atau perlu menambah ASI, maka susu formula adalah pilihan yang tepat.

Jika memberikan susu organik adalah pilihan, beberapa Moms malah berpikir untuk membuat susu formula rumahan berdasarkan resep yang beredar di internet.

Beberapa ibu melakukannya dan resep susu formula rumahan juga mudah ditemukan di Google dan Pinterest. Susu formula rumahan itu bisa lebih murah daripada membelinya di toko, dan mungkin terlihat lebih sehat karena semua bahannya diketahui seperti layaknya MPASI homemade. Namun, apakah itu aman?

Baca Juga: 4 Tips Mengganti Susu Formula Bayi, Tidak Sembarangan!

Kemanan Resep Susu Formula Rumahan

Beredar Resep Susu Formula Rumahan Bolehkan Diberikan untuk Bayi -1.jpg

Foto: Tobemagnetic.com

Para ahli sepakat bahwa membuat susu formula rumahan berdasarkan resep sendiri tidak aman atau tidak disarankan. American Academy of Pediatrics (AAP) bahkan telah memperingatkan orang tua untuk tidak memberi susu formula rumahan dari resep yang tidak jelas kepada bayi.

Bayi hanya boleh diberi ASI atau susu formula bayi yang diperkaya zat besi yang telah disiapkan. Resep susu formula rumahan tidak dapat dipertanggungjawabkan dan dapat membahayakan bayi.

"Perusahaan-perusahaan susu formula menghabiskan jutaan penelitian dan penyempurnaan formula, membuatnya dengan keseimbangan nutrisi sedekat mungkin dengan ASI. Tidak mungkin bisa ditiru di rumah," kata Gina Posner, M.D., seorang dokter anak bersertifikat di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

Annmarie Golioto, M.D., seorang neonatologis di Connecticut Children's juga setuju bahwa susu formula bayi yang diproduksi secara komersial harus memenuhi persyaratan nutrisi federal.

"Proses ini tidak dapat direplikasi dengan aman di dapur rumah," jelasnya.

Susu formula bayi memiliki keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak tertentu, bersama dengan vitamin dan mineral tambahan yang memungkinkan untuk bayi tumbuh dan berkembang saat tidak diberi ASI. Gina juga prihatin dengan beberapa resep online yang beredar, termasuk yang menggunakan susu kambing mentah.

"Jangan pernah menggunakan susu mentah apa pun untuk anak-anak. Itu bahkan tidak aman untuk orang dewasa," katanya.

Baca Juga: Susu Formula Organik untuk Bayi, Seperti Apa?

Dampak Susu Formula dengan Resep Rumahan

Beredar Resep Susu Formula Rumahan Bolehkan Diberikan untuk Bayi -2.jpg

Foto: Wholesomebabyfood.momtastic.com

Annmarie mengatakan, awalnya bayi akan mengalami kekurangan gizi yang serius. Jika susu formula tidak dibuat dengan benar, itu juga dapat menyebabkan ‘ketidakseimbangan yang relatif cepat’ dari garam atau gula darah bayi yang dapat menyebabkan dehidrasi dan kejang.

Bayi membutuhkan keseimbangan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang sangat spesifik. Tanpa regulasi profesional formula rumahan, ada risiko bahwa bayi mendapatkan terlalu banyak atau tidak cukup dari setiap nutrisi tertentu. Dan, ada risiko kesalahan dalam pengukuran.

"Jika seorang bayi diberi susu formula yang tidak seimbang untuk waktu yang lama, itu dapat mengakibatkan kenaikan berat badan yang buruk, pertumbuhan otak yang tidak memadai, dan defisiensi vitamin/mineral yang dapat menyebabkan berbagai masalah medis," jelasnya.

Banyak resep susu formula rumahan yang membutuhkan susu sapi yang tidak dipasteurisasi atau susu kambing mentah. “Susu mentah tidak boleh dikonsumsi oleh siapa pun - bayi, anak-anak, atau bahkan orang dewasa - karena dapat mengandung bakteri seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria, yang dapat menyebabkan infeksi parah atau mematikan,” kata Jatinder Bhatia, MD, seorang profesor pediatri di Children's Hospital of Georgia.

Bahkan jika resep susu formula rumahan ini tidak berbasis susu, masih ada risiko bakteri masuk. AAP dan organisasi kesehatan lain memiliki instruksi ketat tentang persiapan, penanganan, dan penyimpanan formula komersial untuk mengurangi risiko kontaminasi. Tetapi, susu formula rumahan tidak memiliki itu.

“Dan dengan semua langkah memasak yang menghabiskan waktu, ada banyak peluang untuk kontaminasi. Selain itu, bahan-bahan untuk formula DIY sering harus dibeli secara online, yang berarti Anda mungkin membahayakan keselamatan bayi Anda karena praktik pembuatan yang tidak pasti,” kata Bridget Swinney, RD, penulis Baby Bites: Everything You Perlu Diketahui tentang Memberi Makan Bayi dan Balita di Buku Satu Handy.

Baca Juga: Ini Persiapan sebelum Memberikan Susu Formula pada Bayi, Wajib Tahu!

Karena resep susu formula rumahan yang ditemukan di internet tidak dapat dipertanggungjawabkan, alangkah lebih baiknya untuk tidak menggunakannya demi kesehatan Si Kecil.

Artikel Terkait