RESEP
17 Juli 2019

Resep Tuna Casserole, Sajian Praktis yang Gurih dan Mengenyangkan

Tinggal campur bahan dan panggang, tuna casserole siap dinikmati
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si kecil bosan makan nasi? Coba buat tuna casserole, deh, Moms. Hidangan ini sudah lengkap mengandung karbohidrat, protein, dan sayuran. Teksturnya lembut dengan bagian atas yang renyah. Sstt… Membuatnya juga sangat mudah, lho!

Tuna casserole berasal dari Amerika Serikat. Konon, hidangan ini mulai populer pada tahun 1950-an karena bahan-bahannya murah dan mudah didapatkan di pasar swalayan. Selain dapat disiapkan dalam waktu setengah jam saja, tuna casserole juga bisa dibekukan atau disimpan di kulkas dan dihangatkan jika akan disantap.

Moms tinggal mengaduk rata pasta yang sudah direbus, bombai cincang, keju parut, kacang polong, tuna kalengan, sup krim, serta jamur iris, lalu beri taburan berupa keripik kentang yang dihancurkan, corn flakes, atau tepung roti dan keju parut lagi. Tuna casserole kemudian dipanggang sampai matang. Praktis ya Moms?

Baca Juga: Pasta Pedas Tuna Kecombrang, Begini Cara Membuatnya

Di resep aslinya, tuna casserole menggunakan egg noodles. Tapi, berbeda dengan mi telur di Indonesia yang tipis dan panjang, egg noodle ala Amerika lebar, agak keriting, dan pendek. Sebagai penggantinya, Moms bisa menggunakan pasta pendek yang bentuknya dapat menampung saus seperti farfalle dan fusilli.

Di Australia, hidangan ini disebut tuna mornay karena menggunakan saus mornay (saus béchamel yang diberi keju). Selain kacang polong, jagung juga sering digunakan. Tapi, egg noodle digantikan dengan pasta.

Per porsi tuna casserole mengandung 595 kalori, 26,1 gram lemak, 58,1 gram karbohidrat, 32,1 gram protein, 99 mg kolesterol, serta 1061 mg sodium. Yuk, langsung praktikkan resep tuna casserole dari allrecipes.com berikut ini!

Bahan:

  • 1 bungkus pasta farfalle (bentuk pita) atau fusilli (bentuk spiral)
  • 38 gram bombai cincang
  • 250 gram keju cheddar parut
  • 150 gram kacang polong beku
  • 280 gram tuna kalengan, tiriskan
  • 2 kaleng (@ 300 gram) sup krim jamur
  • 65 gram jamur iris
  • 55 gram keripik kentang yang dihancurkan
  • Air untuk merebus pasta
  • Sedikit garam

Baca Juga: 4 Inspirasi Hidangan Berbahan Ikan Tuna

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dan sedikit garam dalam panci. Masukkan pasta, lalu masak sampai al dente atau sekitar 8-10 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan oven dengan suhu 2200C.
  3. Di mangkuk besar, aduk pasta, bombai, setengah keju, kacang polong, tuna, serta sup krim sampai rata.
  4. Pindahkan isi mangkuk ke loyang atau kaserol. Taburi dengan keripik kentang dan keju.
  5. Panggang 15-20 menit di oven atau sampai keju bergelembung.
  6. Keluarkan tuna casserole dari oven. Sajikan hangat.

Tuna casserole bisa dibawa ke acara potluck. Hidangan ini juga cocok dijadikan buah tangan saat menjenguk orang sakit. Coba deh, Moms!

Artikel Terkait