JALAN-JALAN
3 Januari 2017

Resolusi Traveling Tahun 2017

Bahagiakan diri dengan traveling
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Tahun 2017 sudah di depan mata. Itu artinya sudah saatnya Anda mulai merencanakan apa yang akan Anda lakukan di tahun depan. Resolusi tidak hanya tentang pencapaian, tapi bagaimana Anda menikmati dan bahagia dengan apa yang Anda lakukan. Berikut 5 resolusi traveling yang bisa Anda pilih dan membuat perjalanan Anda di tahun 2017 lebih menyenangkan.

1. Berkemas lebih ringkas

Barang bawaan yang banyak dan berat membuat Anda mudah lelah, bahkan sangat mungkin membuat Anda mengalami kecelakaan kecil seperti terkilir. Belum lagi jika fasilitas penunjang seperti eskalator di bandara tidak berfungsi. Tentu butuh tenaga ekstra.

Stick to it: Berhemat. Batasi volume koper atau tas Anda dan hindari kelebihan barang. Buat prioritas, misalnya Anda membawa tiga buku bacaan untuk menggantikan laptop. Berkemaslah dengan kejam dan tak mudah menyerah pada kata-kata, "Tapi itu, kan, penting..."

2. Berhenti menunda-nunda

Keluarga, keuangan, pekerjaan Anda... bahkan rasa takut. Ada banyak faktor yang mencegah orang travelling -- namun sesungguhnya takut mengambil risiko adalah alasan utama -- saat membuat keputusan. Anda punya kehidupan sendiri. Berhentilah membuat alasan dan mulai membuat rencana.

Stick to it: Identifikasi hambatan yang selama ini mengganggu di kepala. Tak punya uang untuk traveling? Mulailah menabung. Khawatir atasan tidak memberi izin? Selesaikan tugas-tugas Anda sebelum cuti.

3. Travel Responsibly

Jumlah wisatawan dunia terus meningkat (data PBB menunjukan tahun 2015 tercatat 1,2 miliar dan terus bertambah). Ada banyak cara bepergian yang mendukung go green.

Stick to it: Menghindari penggunaan botol plastik, menggunakan transportasi umum, dan memilih operator tur yang memperlakukan satwa liar dengan baik merupakan beberapa cara yang bisa Anda tempuh.

4. Berinteraksi dengan penduduk setempat

Impiannya adalah ingin mendapatkan wawasan tentang budaya lokal. Namun seringkali kenyataannya malah mendapatkan teman dari negara lain sesama pelancong dan akhirnya berteman di Facebook.

Stick to it: Tak dipungkiri, agar bisa benar-benar menyelami budaya asing butuh waktu lebih dari satu tahun lamanya. Tapi ada cara agar pertemuan Anda dengan warga lokal jadi lebih berkesan. Poles kemampuan bahasa setempat, Anda akan terkejut hanya dengan ucapan 'halo', 'tolong', dan 'terima kasih' bisa membawa Anda menemukan penginapan murah atau bertemu pemandu wisata lokal.

5. Take better pictures

Kembali dari perjalanan dengan ribuan gambar membuat Anda pusing sendiri karena tak punya waktu untuk menyaring bahkan mengedit. Ketika Anda mengambil gambar, entah itu untuk media sosial, portfolio, atau sekedar untuk album keluarga, luangkan sedikit waktu dan usaha ekstra untuk mendapatkan gambar yang luar biasa.

Stick to it: Cari tahu cara untuk mendapatkan gambar yang bagus menggunakan smartphone Anda, ikut kursus fotografi singkat, atau ikutan komunitas fotografi bisa menambah wawasan Anda bagaimana memotret yang lebih baik.

Bagaimana resolusi traveling Anda di tahun 2017?

Sumber: https://goo.gl/tHZyOw

Artikel Terkait