POPOK
26 Oktober 2020

Review Jujur Popok Pokana Pants oleh Moms Orami

Meriah dengan surprise design
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Urusan memilih popok bayi sebenarnya tidak bisa disepelekan Moms. Sebab hal in berkaitan dengan kesehatan bayi. Bisa jadi Moms membeli popok bayi karena tergiur harga yang murah, namun akhirnya Si Kecil tidak nyaman, sering rewel, bahkan iritasi karena ruam popok.

Atau bahkan ingin bebeli popok bayi premium, tapi malah selalu tekor karena harganya yang lebih mahal daripada harga popok rata-rata. Apalagi jika melihat Si Kecil yang mulai aktif, tentunya popok tipe celana menjadi pilihan terbaik, meski harganya lebih tinggi dari tipe perekat.

Ini kembali lagi kepada kemampuan dan kebutuhan Moms untuk menyiasatinya. Namun ternyata, kini ada pula popok tipe celana namun dengan harga yang lebih ekonomis namun tetap nyaman untuk Si Kecil. Dari beberapa review yang ada, salah satunya adalah popok dari merk Pokana, yakni Pokana Pants.

Seperti apa review jujur popok Pokana Pants dari Fia Afifah Rahman, Moms dari Hamish Syakir Althafour (4 tahun) dan Hannah Shabira Annanima (2 tahun)? Simak di bawah ini.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Langsung Pakai Diaper, Amankah?

Review Popok Pokana Pants

Review-Pokana-Pants-Testimoni.jpg

Meski termasuk popok celana, namun popok Pokana Pants memiliki harga ekonomis namun berkualitas baik. Yang menarik dari Pokana Pants adalah konsep surprise design. Motif popoknya lebih dari 40 desain yang hanya bisa diketahui saat Moms membukanya.

Tapi tenang saja, designnya unisex jadi bisa dibunakan oleh bayi perempuan atau laki-laki. Selain itu, Korean Technology yang diusung oleh Pokana Pants tentunya menjadi kualitas tersendiri. Salah satunya dalam pemilihan bahan menggunakan super absorbent polymer 35-50 persen dan penggunaan SAP Rapid Dry System yang cepat menyerap keringat dan kering.

Lapisan dalam bahan popoknya juga nyaman dan lembut untuk ukuran popok ekonomis, sehingga kulit bayi bebas iritasi. Meski cutting popoknya soft slim, namun tetap stylish dan diklaim tidak gampang bocor meski digunakan oleh bayi yang slim maupun yang gemuk.

Masih menurut beberapa review, popok Pokana Pants memiliki daya serap yang bagus, sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan terhindar dari iritasi. Karet pinggangnya pun cukup elastis,dan jika popok mulai penuh tidak terlihan mengembung atau bulky, juga tidak melorot.

Kemasan Pokana Pants Surprise Design ini juga tersedia ukuran jumbo bila Moms ingin membeli stok banyak namun tetap hemat. Dengan tagline lebih murah, lebih nyaman dan lebih stylish, Pokana Pants tersedia dalam beberapa ukuran, seperti;

  • S untuk bayi dengan berat 4-8 Kg,
  • M untuk bayi dengan berat 7-12 Kg,
  • L untuk bayi dengan berat 9-14 Kg,
  • XL untuk bayi dengan berat 12-17 Kg, dan
  • XXL untuk bayi dengan berat 15-25 Kg.

Baca Juga: Amankah Membiarkan Bayi Tidur Hanya Menggunakan Diapers?

Pokana Baby Diapers Pants Regular XL 20

24% Rp56.000
Rp42.500
Pokana Baby Diapers Pants Regular XL  20

Kelebihan Popok Pokana Pants

  • Banyak diskon di marketplace.
  • Karet pinggang nyaman, Si Kecil aktif bergerak.
  • Popok bagian dalam lembut, bayi tidak iritasi.
  • Gambar yang menarik, membuat waktu mengganti popok lebih menyenangkan.
  • Popok gampang dipakai, dilepas, dan tidak bulky.

Kekurangan Popok Pokana Pants

  • Jarang tersedia di toko atau supermarket, lebih banyak di marketplace.
  • Tidak ada indikator basah.
  • Tidak tersedia untuk newborn.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Diaper Bag

Cara Menghilangkan Ruam Popok secara Alami

Ruam Popok pada Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Meski banyak review yang menyatakan bahwa popok Pokana Pants tidak gampang bocor dan lembut di kulit bayi. Moms tetap harus bersiap dengan informasi tentang ruam popok. Hal ini dilakukan untuk mencegah, sekaligus mengobati gejalanya agar tidak semakin parah.

Ruam popok adalah ruam merah dan nyeri yang tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap. Ruam dapat menyebabkan kulit bersisik, bergelombang, dan terasa perih, dikutip Medical News Today. Beberapa bayi sangat rentan terhadap ruam popok, terutama jika memiliki kondisi kulit yang mendasarinya, seperti eksim.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengobati ruam popok pada bayi, yakni;

  • Sering mengganti popok. Ketika bayi mengalami ruam popok, Moms harus lebih waspada dari biasanya untuk segera mengganti popok kotor tersebut. Membiarkan bayi tetap menggunakan popok basah atau kotor saat mengalami ruam dapat memperburuk gejalanya.
  • Mengganti merk popok atau detergen pencuci. Jika bayi sering mengalami ruam popok, bisa jadi kulitnya sensitif terhadap merk produk tertentu. Misalnya, merek popok atau tisu bayi tertentu dapat memicu munculnya ruam. Jika Moms menggunakan popok kain, bisa jadi jenis deterjen tertentu yang di gunakan menjadi penyebab timbulnya ruam. Menghilangkan bahan kimia dan aroma yang tajam dapat membantu mengobati ruam yang menetap atau berulang.
  • Memberikan area bernafas. Ketika bayi mengalami ruam popok, memastikan bahwa Si Kecil menghabiskan waktu di siang hari tanpa popok atau diapers dapat membantu area tersebut cepat mengering dan sembuh. Moms juga harus menghindari menggunakan popok berbahan keras, ketat, atau ukuran yang terlalu kecil saat mengalami ruam popok.
  • Pastikan popok terpasang dengan benar. Popok yang terlalu ketat bisa mengiritasi ruam popok. Moms harus memeriksa apakah semua aplikasi popok terpasang dengan benar dan memastikan bahwa telah membeli ukuran yang lebih besar seiring pertumbuhan bayi.
  • Mencoba krim khusus atau salep. Ada banyak krim pelindung dan salep pelembut kulit yang tersedia di toko bahan makanan, apotek, dan internet. Moms dapat mencari krim yang mengandung seng oksida. Setelah itu, Moms harus mengoleskan lapisan tebal salah satu krim ini ke kulit yang terkena ruam popok dan membiarkan area tersebut mengering dengan sendirinya.
  • Menghindari penggunaan tisu bayi. Meskipun sangat penting untuk menjaga kebersihan area popok bayi, tisu bayi ternyata dapat mengiritasi ruam popok yang sudah ada. Jika bayi mengalami ruam popok, sebaiknya bersihkan area popok dengan lembut menggunakan sabun dan air bebas pewangi sebelum menepuknya hingga kering. Namun jika Moms berada dalam situasi yang tidak memungkinkan, disarankan untuk memilih tisu alami bebas pewangi, yang tersedia di apotek atau online.
  • Mempertimbangkan untuk mengenalkan makanan baru. Sebenarnya, memperkenalkan makanan baru akan bermanfaat untuk proses pengenalan makanan. Tetapi makanan asam tertentu seperti buah jeruk dan tomat dapat menyebabkan urine dan feses bayi menjadi asam dan dapat mengiritasi. Moms harus berhati-hati saat memasukkan makanan ini dalam jumlah kecil dan memantau bayi untuk melihat apakah ruam popok baru berkembang pada saat yang sama. Jika ya, Moms harus menghilangkan makanan asam dari makanan bayi sampai ruamnya sembuh.
  • Menggunakan sabun dan deterjen tanpa pewangi. Mandi busa tertentu dapat menyebabkan ruam popok. Iritasi kulit, termasuk wewangian pada sabun dan detergen, bertanggung jawab atas banyak kasus ruam popok. Penyebab umumnya termasuk deterjen yang beraroma, beberapa sabun dan krim bayi, dan mandi busa tertentu.
  • Hindari menggosok area yang mengalami ruam. Menjaga area popok bayi tetap bersih dan kering sangat penting, terutama saat bayi mengalami ruam. Tetapi Moms harus ingat bahwa pembersihan lembut adalah yang terbaik. Menggosok area tubuh terlalu keras hingga kering dapat semakin mengiritasi ruam dan merusak kulit sensitif.
  • Mencoba mandi oatmeal. Penelitian Journal of Drugs on Dermatology menunjukkan bahwa oatmeal koloid dapat mengurangi peradangan dan iritasi yang dapat disebabkan oleh dermatitis atopik dan kondisi peradangan kulit. Oatmeal koloid juga dapat mengurangi rasa sakit dan gatal yang muncul bersamaan dengan ruam popok.

Itulah review jujur popok Pokana Pants dari Moms orami. Mendapat banyak review positif, apakah Si Kecil Moms juga cocok menggunakan popok Pokana Pants dengan surprise design-nya?

Artikel Terkait