BAYI
26 September 2019

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit pada Bayi? Ini Jawabannya

Jangan khawatir, berikut cara mengatasi ruam kulit pada bayi.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menjaga kesehatan kulit bayi merupakan salah satu kewajiban yang harus Moms perhatikan dan lakukan. Sebab di usia bayi baru lahir, kulit mereka sangat sensitif dan rentan terkena berbagai macam gangguan kulit, salah satunya adalah ruam kulit.

Baca Juga: Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai macam ruam kulit yang bisa dialami bayi dan itu disebabkan oleh banyak hal. Ruam kulit pada bayi bisa terjadi di seluruh tubuh bayi ataupun hanya di beberapa area. Ruam popok adalah salah satu contoh ruam kulit yang sering dialami bayi.

Dikutip dari healthline.com, ruam popok tumbuh di tempat yang cukup hangat dan lembap. Ruam popok akan terlihat seperti bercak merah di bagian bawah tubuh Si Kecil atau di area kelaminnya.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi ruam kulit pada bayi, dikutip dari Medical News Today.

Rutin Mengganti Popok

photo-1562887250-9a52d844ad30 (1).jpg

Foto: Unsplash.com

Saat Si Kecil mengalami ruam kulit yang satu ini, Moms sebagai orang tua wajib memperhatikannya lebih sering. Ganti popok Si Kecil secara rutin dan jangan menunggu hingga lebih dari setengah hari.

Membiarkan popok tetap dalam keadaan basah dan kotor hanya akan memperburuk kondisi ruam kulit yang dialami Si Kecil. Pastikan Moms atau pengasuh membersihkan area alat kelaminnya dengan tepat, ya

Mengganti Merek Popok

white-diaper-milk-bottle-hairbrush-pacifier-ultrasound-picture-white-background_23-2147900738.jpg

Foto: Freepik.com

Ruam popok tidak terjadi karena jarang mengganti popoknya saja, tetapi bisa disebabkan karena kulit Si Kecil terlalu sensitif terhadap merek popok tertentu.

Apabila Si Kecil menggunakan popok kain, mungkin bahan dari deterjen yang dipakai bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk kebutuhan bayi dengan baik dan benar ya, Moms.

Baca Juga: Cara Mengganti Popok Bayi Cepat dan Anti Ribet

Gunakan Popok yang Tidak Terlalu Ketat

photo-1562886877-aaaa5c0b3225.jpg

Foto: Unsplash.com

Tahukah Moms, popok yang terlalu ketat bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Hal inilah yang bisa menyebabkan ruam kulit terjadi. Pastikan Moms mengetahui ukuran popok Si Kecil dengan tepat, jangan sampai terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Memilih Popok Sekali Pakai Dibanding Popok Kain

Gunakan Pakaian Bayi yang Tepat

top-view-blonde-baby-surrounded-by-clothes_23-2147983486.jpg

Foto: Freepik.com

Pemilih dan kenakan Si Kecil pakaian yang tepat. Ketika ruam terjadi, pastikan Moms tidak menggunakan popok yang terlalu ketat serta baju atau pakaian yang terlalu kecil. Hal ini untuk menghindari ruam kulit semakin parah.

Bagaimanapun juga, ruam kulit tersebut harus segera kering agar bisa cepat sembuh. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang nyaman untuk Si Kecil dan terbuat dari 100 persen katun agar dapat membantu kulitnya bernapas.

(MA/KM)

Artikel Terkait