SELEBRITI
7 September 2019

Ruben Onsu Ultah ke-36 Tahun, Seperti Ini Perjalanan Karirnya

Ruben Onsu pernah dibayar Rp5.000 untuk seminggu saat jadi pemeran utama di sinetron TVRI!
placeholder

Foto: instagram.com/ruben_onsu

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ruben Onsu tengah bergembira karena pada 15 Agustus 2019 ia genap berusia 36 tahun. Ia pun kini menjadi salah satu artis yang sukses dengan keluarga kecil yang bahagia dan jarang diterpa gosip miring.

Ruben Onsu merupakan salah satu selebriti yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya muncul di layar kaca, Ruben juga aktif menunjukkan dirinya melalui media sosial seperti Instagram, dan juga kanal YouTube "The Onsu Family".

Tak hanya menggeluti industri hiburan, Ruben semakin mengibaskan sayapnya dengan terjun ke bisnis kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang sukses yaitu franchise "Ayam Geprek Bensu" yang kini memiliki banyak cabang di Indonesia.

Namun, siapa sangka bahwa Ruben perlu berjuang keras untuk bisa sampai sukses seperti sekarang. Sebagai peringatan ulang tahun Ruben Onsu, berikut perjalanan karier Ruben Onsu dari awal hingga sekarang.

Baca Juga: Kisah Cinta Ruben Onsu dan Sarwendah

1. Sempat Menjadi Petugas Kebersihan Parkir

ruben onsu-4.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Jauh sebelum Ruben dikenal sebagai selebriti, ia dulunya hanya seorang petugas kebersihan parkir yang bekerja di salah satu hotel berbintang di Jakarta.

"Itu memang perjalanan karier saya sih. Saya lupa tahun 1999 apa 2000 sempat hampir dua tahun saya kerja di salah satu hotel berbintang di Jakarta waktu itu," ungkap Ruben, mengutip Kumparan.

Menjadi petugas kebersihan parkir, Ruben hanya dibayar sebesar Rp350.000, dan ini belum termasuk uang makan.

Sebagai petugas kebersihan, Ruben mendapat tugas untuk membersihkan area parkir dengan sistem rolling. Mulai dari parkiran P1 sampai P3 yang harus dibersihkan semuanya.

2. Main di Lenong Bocah

ruben onsu-5.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Sebelum terkenal menjadi seorang pembawa acara, Ruben pernah ikut berperan dalam "Lenong Bocah", sebuah acara yang diadakan pada tahun 1990-an. Kala itu Ruben masih berusia 7 tahun.

Lenong Bocah adalah program serial televisi komedi tradisional Betawi yang tayang di stasiun TPI.

3. Pemeran Utama di Sinetron TVRI

ruben onsu-7.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Lebih lanjut, Ruben menjelaskan dirinya juga pernah menjadi pemeran utama untuk sebuah sinetron di TVRI dengan bayaran Rp5.000 untuk seminggu.

"Boleh tanya mas Tukul dulu gimana gue di TVRI. Susah banget main sinetron, peran utama seminggu lima ribu. Dapat empat episode, Rp20.000. Pemeran utama syuting di Ciputat, rumah gue di Bekasi. Bayangin berapa kali gue turun naik bis? Semua itu ada prosesnya," jelas Ruben Onsu.

Baca Juga: 5 Artis Ini Langganan jadi Ibu Mertua Jahat di Sinetron

4. Pembawa Acara

ruben onsu-2.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Ruben mulai masuk ke industri hiburan, dengan menjadi pembawa acara di banyak acara televisi. Hal ini karena Ruben dikenal sebagai sosok yang ceriwis dan menyenangkan.

Beberapa acaranya seperti "Supersoulmate Show" dengan Eko Patrio dan Ivan Gunawan, acara gosip "Kiss", "Weekend Seru" bersama Ocha, "Cari-Cari Pacar" dengan Nico, "Belum Cukup Gede", dan "Happy Family".

5. Bermain di Banyak Film

ruben onsu-3.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Tidak hanya menjadi pembawa acara yang handal, Ruben juga turut berperan dalam beberapa film layar lebar. Film pertama yang diperankan Ruben yaitu "Tina Toon" dan "Lenong Bocah The Movie" pada tahun 2004.

Selain itu, ia juga menjadi aktor untuk film lainnya seperti "Anda Puas, Saya Loyo" (2008), "Pijat Atas Tekan Bawah" (2009), dan "Ummi Aminah" (2012).

Baca Juga: Aktor Pria Indonesia yang Sering Main Film Action

6. Dunia Tarik Suara

ruben onsu-6.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Selain menjadi presenter dan aktor, suami Sarwendah ini turut mencoba dunia tarik suara dengan bernyanyi. Ia sempat mengeluarkan single berjudul "Hip Hip Hura" yang dirilis tahun 2012.

Tak cukup puas untuk sekadar jadi penyanyi, Ruben mencoba profesi baru sebagai produser musik. Album "Maharani" menjadi debut pertamanya dalam profesi Ruben sebagai produser.

7. Fokus Jadi Presenter dan Pengusaha Sukses

ruben onsu-1.jpg

Foto: instagram.com/ruben_onsu

Telah mencoba banyak profesi dengan perjalanan karier yang panjang, kini Ruben memfokuskan dirinya untuk tetap menjadi seorang presenter. Salah satunya di acara Brownis, bersama sahabat dekatnya, Ivan Gunawan.

Ruben pun juga memiliki kehidupan bahagia, dengan menikahi Sarwendah dan memiliki tiga orang anak.

Sudah lama terjun ke industri hiburan, Ruben Onsu mencoba peruntungannya di bisnis kuliner dan ternyata memberikan hasil yang memuaskan.

Terbukti dari usaha Geprek Bensu dan Big Ben Kopi yang sukses. Apalagi dengan Geprek Bensu yang telah membuka banyak cabang di Indonesia.

Nah, itu dia perjalanan karier Ruben Onsu yang ternyata membutuhkan banyak perjuangan di awal. Semoga di usia 36 tahun ini ia menjadi sosok ayah dan suami yang tetap membanggakan keluarganya ya, Moms.

Artikel Terkait