RUPA-RUPA
30 September 2019

Rumah Opick Kebakaran Karena Korslet, Ketahui Apa Penyebab Korsleting Listrik

Korslet listrik terjadi karena aliran arus listrik yang menghasilkan panas luar biasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Kabar tidak menyenangkan terjadi pada Opick, penyanyi religi dengan lagu terkenalnya "Tombo Ati".

Rumah Opick yang berlokasi di Kompleks Pertamina, Jalan Arun Raya No. 80 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, mengalami kebakaran pada Minggu (29/9) pukul 09.15 WIB.

Mengutip Brilio.net, sumber api ini diduga akibat dari korslet listrik. Beruntung, bagian rumah yang terbakar hanya bagian ruko di depan lingkungan rumahnya.

Rumah Opick yang kebakaran tidak memakan korban jiwa. Tetapi, diperkirakan ia mengalami kerugian hingga Rp300 juta.

Baca Juga: Libur Panjang, Ini 9 Cara Aman Agar Rumah Terhindar dari Pencurian dan Kebakaran

Penyebab Korsleting Listrik

korslet listrik.jpg

Menurut situs Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), korsleting listrik umumnya disebabkan karena konduktor positif dan negatif yang terdapat dalam kabel, bersentuhan satu sama lain.

Hal ini bisa dikarenakan penyambungan kabel-kabel yang tidak memerhatikan kutub-kutub listrik, atau adanya konduktor dari kabel yang tidak tertutup oleh bahan isolator dengan sempurna.

Konduktor positif dan negatif yang saling berhubungan akan menyebabkan hubungan pendek yang menghasilkan arus listrik yang sangat besar pada kabel.

Dampaknya, akan menghasilkan panas luar biasa dalam waktu cepat.

Energi panas yang dihasilkan ini juga bisa disertai ledakan yang kuat dengan suhu sangat tinggi, sehingga mampu membakar benda-benda yang ada di sekitar.

Baca Juga: Bikin Panik, Ini Kisah Para Artis saat Jakarta Mati Listrik

Jenis Korsleting Listrik

1. Hubungan Arus Pendek

korslet listrik-2.jpg

Mengutip The Spruce, istilah hubungan arus pendek merujuk pada situasi di mana kawat panas yang membawa arus hidup, menyentuh kabel netral.

Ketika ini terjadi, resistensi berkurang secara instan dan sejumlah besar arus listrik mengalir lewat jalur yang tidak terduga.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Pemakaian Listrik Bulanan yang Bisa Moms Coba

2. Ground Fault

korslet listrik-3.jpg

Ground fault adalah jenis hubungan arus pendek yang terjadi ketika kawat panas yang membawa arus listrik bersentuhan dengan beberapa bagian sistem di bawah tanah.

Gangguan ground fault menyebabkan resistensi berkurang secara instan, yang memungkinkan sejumlah besar arus listrik tanpa hambatan mengalir melalui jalur yang tidak terduga.

Artikel Terkait