PROGRAM HAMIL
4 Desember 2017

Saat Hamil, Atasi Mood Swing dengan Trik Ini!

Saat Hamil, Atasi Mood Swing dengan Trik Ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Mood swing atau perubahan suasana hati yang sangat cepat merupakan salah satu gejala kehamilan yang terjadi akibat pengaruh perubahan hormon terhadap neurotransmitter (zat kimia dalam otak). Kebanyakan wanita mengalami mood swing pada usia kehamilan 6 hingga 10 minggu dan akan mereda pada trimester kedua.

Selama masa kehamilan, Moms akan khawatir pada banyak hal, seperti biaya yang dikeluarkan saat si kecil lahir, bentuk tubuh yang semakin 'tidak menarik', dan kehawatiran apakah bisa menjadi orangtua yang baik. Hal-hal itulah yang semakin memperparah terjadinya mood swing pada wanita mengandung.

Namun, keadaan seperti itu tentu tak boleh terus dibiarkan karena tak baik untuk psikologi Moms dan juga bisa mengganggu orang-orang di sekitar.

Cobalah melakukan beberapa hal sederhana ini untuk mengatasi mood swing pada masa kehamilan:

Take It Easy!

Hindari semangat yang berlebihan untuk merenovasi kamar atau berbelanja kebutuhan bayi dalam skala besar. Semangat berlebih ketika Moms sedang berada dalam masa mood swing akan mendatangkan kegelisahan dan depresi yang berat.

Misalnya, saat biaya yang dimiliki tak sebanding dengan harga barang yang ingin dibeli untuk si kecil, Moms akan langsung merasa stres. Solusinya? Take it easy! Jangan beranggapan bahwa bayi membutuhkan perlengkapan yang serba mahal dan mewah. Masih banyak kok, perlengkapan bayi berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau.

Komunikasikan Dengan Suami

Kehamilan memang masa yang berat dan penuh perubahan. Yang harus diingat adalah, Moms tidak sendirian karena ada suami yang bisa diMomslkan untuk menghadapi masa berat saat hamil.

Caranya? Perbaiki komunikasi dengan suami. Ceritakan ketakutan dan kegelisahan yang Moms rasakan dan biarkan suami tersayang ikut mencarikan solusi untuk masalah tersebut. Hal ini bisa membantu Moms untuk mengurangi stres yang dirasakan.

Baca Juga : 4 Cara Ayah Hadapi Mood Swing Ibu Hamil

Lakukan Kegiatan yang Moms Suka

Lakukan segala sesuatu yang bisa membuat Moms bahagia selama masa kehamilan. Sibukkan diri dengan beragam hobi dan kegiatan yang Moms sukai untuk membunuh kebosanan dan mengalihkan pikiran dari rasa cemas atau takut menghadapi proses persalinan.

Moms bisa menghabiskan waktu untuk menonton film, membuat kerajinan tangan, mendengarkan musik, melukis, memasak, atau hal-hal positif lainnya yang membuat emosi stabil.

Mood swing yang membuat Moms jadi lebih mudah sedih atau marah, memang terkadang berpengaruh terhadap hubungan dengan suami. Namun jangan khawatir, berikanlah pengertian bahwa perubahan suasana hati yang dialami selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar.

Perbanyaklah melakukan aktivitas bersama untuk menambah kekompakan dan kemesraan sehingga penantian kelahiran buah hati menjadi lebih menyenangkan.

Apakah Moms pernah merasakan mood swing selama kehamilan?

Artikel Terkait