BALITA DAN ANAK
22 Juli 2019

Saatnya Berhenti Menyuapi Si Kecil, Ini Manfaat Anak Makan Sendiri

Penting bagi Moms membiarkan Si Kecil bertanggung jawab atas rasa lapar mereka.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seiring bertambahnya usia dan beralih ke makanan padat, ada lebih banyak tantangan untuk urusan memberi makan Si Kecil. Moms harus tahu kapan Si Kecil lapar, kapan ia kenyang, dan berapa banyak yang harus diberikan kepadanya.

Sebagai orang tua, Moms harus membantu Si Kecil untuk tetap terhubung dengan naluri dasar mereka (rasa lapar) dan mendengarkan isyarat tubuh mereka sendiri (rasa kenyang).

Jika tidak, maka yang terjadi adalah Moms berpotensi mendorong Si Kecil untuk makan lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Hal ini akan menyebabkan mereka kehilangan kontak dengan naluri dasar tubuh mereka.

Selain itu, hal ini juga dapat memicu sakit perut dan menimbulkan masalah makan di kemudian hari, lho.

Jadi, ketika Si Kecil memang sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan sendiri, berhentilah menyuapi Si Kecil. Moms tak akan menyangka bahwa memirakan anak makan sendiri punya banyak manfaat.

Apa saja? Inilah manfaat anak makan sendiri.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Alergi Makanan Pada Anak

1. Melatih Motorik Halus

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 1.jpg

Foto: raisingchildren.net.au

Manfaat anak makan sendiri yang pertama adalah melatih motorik halusnya. Keterampilan makan sendiri perlu dipelajari.

Ketika Si Kecil semakin berpengalaman menggunakan tangan dan jari, memegang peralatan makannya, dan minum dari cangkir, Si Kecil akan menjadi lebih percaya diri.

Mendorong Si Kecil untuk makan sendiri akan memberinya banyak kesempatan untuk mengeksplorasi makanan, dan ini sangat baik untuk perkembangan milestone Si Kecil.

2. Membangun Otonomi atau Kebebasan

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 2.jpg

Foto: parents.com

Manfaat anak makan sendiri yang selanjutnya adalah membangun otonomi atau kebebasan.

"Bisa makan sendiri adalah aspek penting bagi perkembangan pribadi dan sosial anak," kata Jaeah Chung, M.D., asisten profesor pediatri klinis di Rumah Sakit Anak Stony Brook, New York.

"Selain membuat anak merasa mendapatkan kebebasan, ini juga membangun rasa otonomi," katanya lagi seperti dikutip dari parents.com.

3. Si Kecil Belajar Mengenal Alarm Tubuhnya

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 3.jpg

Foto: tobyamidornutrition.com

Manfaat anak makan sendiri yang selanjutnya adalah anak jadi belajar mengenal alarm tubuhnya.

"Ketika seorang anak makan sendiri, ia merespons isyarat alami rasa lapar dan kenyang," kata Tiffani Hays, direktur nutrisi anak di Johns Hopkins Children's Center di Baltimore.

Tentu saja ini adalah jawaban yang sangat membantu para Moms, yang selama ini selalu cemas dan bertanya-tanya apakah Si Kecil sudah cukup makan atau belum.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur

4. Mengenal Berbagai Rasa dan Tekstur Makanan

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 4.jpg

Foto: rd.com

Manfaat anak makan sendiri yang selanjutnya adalah anak jadi mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan. Memegang makanannya sendiri memungkinkan Si Kecil akan mengenal tekstur setiap makanan.

Ia akan belajar bahwa akan lebih mudah menggenggam pisang dibandingkan buah kiwi yang berair dan licin. Ia juga akan tahu bahwa pisang memiliki tekstur empuk yang sangat mudah dikunyah dan ditelan, berbeda dengan buah pir yang keras dan berpasir.

5. Belajar Keterampilan Makan

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 5.jpg

Foto: washingtonpost.com

Manfaat anak makan sendiri yang selanjutnya adalah anak jadi belajar keterampilan makan. Ketika Si Kecil duduk di kursi makannya sendiri, makan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain, ia akan belajar tentang bagaimana orang dewasa makan.

Si Kecil akan mengamati Moms, Dads, kakaknya, bagaimana proses makan berlangsung, bagaimana peralatan makan digunakan, dan bagaimana membawa makanan ke mulut untuk dikunyah.

Bukankah ini kesempatan belajar yang menyenangkan untuk Si Kecil?

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Pentingnya Menghargai Makanan

Itulah beberapa manfaat anak makan sendiri. Bagaimana, Moms, sudah siap untuk berhenti menyuapi anak dan membiarkan anak makan sendiri?

(VAN)

Artikel Terkait