SELEBRITI
13 Maret 2019

Sahabat Menjadi Support System Terbaik Bagi Sandra Dewi

Sandra Dewi mengakui bahwa keberadaan sahabat sebagai sistem pendukung sangat membantunya melewati masa-masa penuh tantangan selama menjadi ibu baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Support system adalah dukungan untuk Moms dari lingkungan sekitar, termasuk di dalamnya ada teman, orang tua, sosial media, dan komunitas.

Keberadaan mereka sangat berarti bagi Moms yang baru memiliki momongan, karena dapat mendukung saat Moms sedang ada masalah.

Selain orang tua, salah satu support system terbaik bagi ibu adalah sahabat. Betul Moms?

Iya, kita harus akui kalau pernah mereka sangat penting dalam memberikan nasihat, masukan, saran, bahkan pertolongan.

Seperti Sandra Dewi yang ditemui pada acara Mothercare di Djakarta Theatre XXI (12/2) lalu, mengakui bahwa keberadaan sahabat sebagai support system sangat membantunya melewati masa-masa penuh tantangan selama menjadi ibu baru saat itu.

Baca Juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ibu Baru, Moms Juga Pernah?

51751553 2431515067081720 181179589462764162 n

“Awalnya saya pikir saya bisa jadi ibu kuat. Di hari ke-42 saya punya baby, saya nangis dan susah ngapa-ngapain karena newborn bingung maunya apa”, ujarnya.

“Untungnya saya punya teman lahir bareng yang beda dua bulan. Ternyata kita butuh teman yang bisa mendengarkan dan mengerti posisi kita sebagai seorang ibu,” tambahnya.

Support system yang baik bagi Sandra adalah yang dapat memberikan me time untuk sejenak istirahat. Apalagi, selama 13 bulan ada Rafa, dirinya hanya bisa dua kali pergi ke bioskop.

Namun, saat dirinya menonton, ia terus memantau putranya yang sedang dititipkan pada suami atau orangtuanya.

Sandra melanjutkan kalau dirinya juga pilih-pilih saran dari teman atau sahabatnya. Sandra mengakui bahwa dia bisa menilai mana yang bisa dibilang sahabat atau teman biasa.

Pernyataan Sandra Dewi pun dipertegas oleh psikolog klinis, Monica Sulistiawati yang mengatakan kalau kesetiaan dari seorang teman akan teruji ketika masa-masa sulit.

Moms bisa berbagi cerita kepada teman mengenai keadaan sulit yang sedang dialami, setelah itu Moms perhatikan ekspresi mereka saat mendengarkan.

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!

52764761 265314581053245 3364452549367135852 n

“Kalau mereka menerima cerita kita seperti ‘ogah-ogahan’ atau tidak senang, barangkali memang dia bukan teman yang tepat saat itu”, ujar Monica.

Manfaatnya adalah kita bisa belajar dari pengalaman ibu yang lain supaya menjadi lebih siap dalam menangani berbagai masalah anak.

Apalagi peran lain support system adalah untuk memberikan dukungan supaya Moms tidak mengalami baby blues.

Gejala baby blues dapat timbul pada minggu pertama setelah melahirkan. Biasanya ditandai dengan adanya rasa cemas berlebihan tetapi tidak beralasan, konsentrasi yang terganggu, sedih, lelah, gelisah, sulit untuk tidur, perasaan menjadi lebih sensitif, tidak sabar, dan merasa kesepian.

Yuk, Moms cerita dengan sahabat!

(IRN)

Artikel Terkait