KESEHATAN
3 Juli 2020

6 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri, Yuk Kenali!

Sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Pernahkah Moms merasakan nyeri dada sebelah kiri yang rasanya seperti teriris atau terbakar? Pernahkah nyeri dada tersebut juga membuat punggung dan kepala terasa sakit? Kira-kira, apa ya penyebabnya Moms?

Jika iya, tepat sekali Moms membaca artikel ini. Dr Adnan Yusuf dari MeetDoctor punya penjelasan medis terkait hal tersebut.

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Penyebab Nyeri Dada Pada Anak

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

nyeri dada sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Menurut dr Adnan, keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul sehingga dapat ditentukan apa sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri yang Anda alami dan apakah itu perlu penanganan medis secepatnya atau tidak.

Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri.

1. Serangan Jantung

Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar.

2. Angina

Menurut American Heart Association, sakit dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh angina. Gejala angina yang dirasakan adalah dada terasa sesak atau rasa sakit tajam seperti kram otot pada dada sebelah kiri. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras.

3. Masalah pada Organ Pencernaan

Saat banyak gas yang terbentuk di usus dan tubuh belum mengeluarkan semuanya, gas menjadi menumpuk dan mendorong usus sehingga dapat timbul sakit dada. Kondisi ini biasanya disertai oleh gejala perut terasa kembung dan sering bersendawa.

Gangguan saluran pencernaan lain adalah GERD (gastro-esophageal reflux disease), yang mana terdapat aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Gangguan asam lambung dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Nyeri Dada dan Gejalanya yang Harus DIketahui

4. Masalah pada Paru-paru

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Salah satu gejala yang dapat terjadi adalah sakit dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah.

5. Stres

Tidak hanya gangguan fisik, stres juga dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa sesak, segera cari tahu cara mengatasi stres.

Kondisi ini dapat diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, atau diabetes.

6. Cedera

Cedera fisik pada dada, seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung.

Baca Juga: Selain Nyeri Dada, Ini 5 Gejala Lain Serangan Jantung

Nah, itulah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri. Nyeri dada kiri pada usia muda, jarang disebabkan oleh masalah pada jantung.

Namun dengan banyaknya kemungkinan penyebab nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan bila keluhan nyeri tidak tertahankan, terus berulang atau berlangsung lama.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait