PROGRAM HAMIL
16 Desember 2019

Sakit Gigi Bisa Menghambat Kesuburan Pria dan Wanita

Baik kesehatan gigi pada pria maupun wanita, dapat memengaruhi program hamil yang dijalankan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kesehatan gigi tidak hanya menjauhkan Moms dan Dads dari masalah bau mulut, tapi juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria dan wanita.

Tidak hanya itu, menjaga kesehatan gigi sejak sebelum hamil pun dapat menghindarkan Moms dari beragam masalah kesehatan. Seperti diabetes, preeklampsia, bayi lahir prematur, hingga berat badan bayi rendah.

Berikut ini beberapa penelitian yang membuktikan adanya pengaruh sakit gigi dengan kesuburan pria maupun wanita, serta tips menjaga kesehatan gigi serta mulut.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami untuk Mengurangi Gigi Berlubang Pada Anak

Pengaruh Sakit Gigi Pada Kesuburan Pria

1 Pengaruh Sakit Gigi Pada Kesuburan Pria.jpg

Dikutip dari Men's Health, sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Periodontology menunjukkan bahwa adanya pengaruh sakit gigi (tingginya plak gigi dan gusi berdarah) terhadap rendahnya motilitas sperma (kemampuan sperma untuk berenang) dan berkurangnya jumlah sperma.

Penelitian lainnya juga memberi bukti pengaruh sakit gigi terhadap kesuburan pria yang masuk dalam Journal of Sexual Medicine.

Dalam penelitian ini, para peneliti asal Turki meneliti 80 pria dengan rentang usia antara 30-40 tahun dengan masalah disfungsi ereksi dan 82 pria yang tidak memiliki masalah disfungsi ereksi.

Hasilnya, 53% pria dengan disfungsi ereksi memiliki masalah radang gusi dibandingkan dengan 23% pria yang tidak memiliki masalah disfungsi ereksi.

Ketika hasil penelitian ini disesuaikan dengan faktor lain, seperti umur, indeks massa tubuh, pendapatan rumah tangga, dan tingkat pendidikan, maka orang dengan penyakit periodontal kronis 3,29 kali lebih mungkin menderita masalah disfungsi ereksi daripada pria dengan gusi yang sehat.

Baca Juga: 5 Langkah Cepat Redakan Sakit Gigi dengan Bengkak di Pipi

“Periodontitis kronis merupakan kelompok penyakit menular, terutama disebabkan oleh bakteri yang paling sering muncul pada peradangan gusi. Banyak penelitian telah melaporkan bahwa periodontitis kronis dapat menginduksi penyakit vaskular sistemik, seperti jantung koroner yang telah dikaitkan dengan masalah ereksi,” ungkap tim peneliti dari Ononu University, Malatya, Turki, Dr. Faith Oguz, seperti dikutip dari Parenthub.

Pengaruh Sakit Gigi Pada Kesuburan Wanita

2 Pengaruh Sakit Gigi Pada Kesuburan Wanita.jpg

Dikutip dari Verywell Family, sebuah studi terhadap 3.737 wanita hamil di Australia, para peneliti mencoba membuktikan apakah penyakit periodontal berhubungan dengan kesulitan hamil.

Dari para wanita yang disurvei, mereka merupakan kelompok yang telah merencanakan kehamilan dan tidak memasukkan wanita hamil yang melakukan perawatan kesuburan.

Hasilnya, wanita dengan penyakit periodontal membutuhkan sekitar 7.1 bulan untuk dapat hamil, sedangkan wanita tanpa penyakit periondontal membutuhkan sekitar 5 bulan untuk dapat hamil.

Sehingga dari penelitian ini ditemukan bahwa pengaruh sakit gigi dapat menambah panjang waktu pembuahan hingga dua bulan.

Baca Juga: Mengenal Hipogonadisme yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

Merawat Kesehatan Gigi

3 Merawat Kesehatan Gigi.jpg

Dengan banyaknya bukti penelitian yang merujuk adanya pengaruh sakit gigi dengan masalah kesuburan pria maupun wanita, inilah saatnya Moms dan Dads mulai menjaga kesehatan gigi secara tepat.

Karena tidak hanya masalah kesuburan pria maupun wanita yang akan mendapatkan manfaat, kesehatan gigi yang baik juga memberi dampak positif pada kesehatan tubuh pada umumnya.

Tips menjaga kesehatan gigi paling umum adalah menyikat gigi dua kali sehari, yaitu setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Tidak perlu menyikat gigi setiap usai makan, cukup berkumur dengan air.

“Berkumur dengan air setiap habis makan atau setelah minum sesuatu yang bukan air putih, dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan menurunkan risiko gigi berlubang,” ungkap dental hygienist, Jason Olson.

Tidak lupa, lakukan floss gigi secara rutin untuk mendapatkan gusi dan gigi yang sehat. “Kamu telah menyikat gigi setiap hari, dua kali sehari, dan masih bisa mengalami masalah gusi serta radang gusi atau penyakit periodontal jika tidak floss gigi,” tambah Jason Olson.

Selain pembersihan gigi harian, konsultasikan juga dengan dokter gigi mengenai kesehatan gigi Moms dan Dads secara keseluruhan dan sekaligus melakukan pembersihan karang gigi.

(GS)

Artikel Terkait