KESEHATAN
21 Februari 2020

Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspada 3 Penyakit Ini

Jika terus menerus terjadi dalam waktu yang lama saatnya kita waspada
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Mitos yang seringkali dikenal jika sakit perut sebelah kanan adalah usus buntu atau jika perempuan yang mengalaminya seringkali disebut tanda PMS. Apakah mitos tersebut dapat dipercaya?

Gastro Oesophageal Reflux atau ulas adalah rasa sakit yang hanya terjadi di bagian perut. Sakit perut merupakan rangsangan untuk buang angin, buang air besar, dan bersendawa.

Sakit perut yang mendadak dengan intensitas nyeri perut yang luar biasa harus diwaspadai seperti sakit perut di lokasi tertentu. Sakit perut di sebelah kanan merupakan hal yang tak asing lagi.

Pada perut bagian kanan terdapat usus buntu, usus besar, saluran kencing dan khusus perempuan terdapat saluran indung telur, maka tak salah jika perempuan menjadikan tanda-tanda PMS, jika terasa nyeri di bagian perut sebelah kanan.

Penyakit yang Ditandai Sakit Perut Sebelah Kanan

Namun, apa yang terjadi jika sering mengalami sakit perut sebelah kanan? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung pada Anak

1. Usus Buntu

penyebab perut sebelah kanan sakit.jpg

Bukan hanya sekadar mitos, ternyata sakit perut sebelah kanan merupakan tanda penyakit usus buntu atau apendisitis. Menurut Dr. Finkelston biasanya usus buntu mengalami nyeri di bagian pusar yang bergerak ke bagian kanan bawah.

Biasanya sakit perut sebelah kanan yang disebabkan usus buntu diiringi dengan tidak nafsu makan, mual, demam ringan, diare, dan kembung. Nyeri pada bagian kanan akan lebih meningkat ketika menarik nafas dalam, dalam, bersin, atau batuk.

Berdasarkan catatan National Institute of Health, di Amerika operasi pada bagian perut banyak disebabkan karena usus buntu. Jika mengalami gejala seperti ini, harus segera ditindaklanjuti sebelum terjadi masalah yang lebih buruk jika usus buntu pecah.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Memutihkan Wajah dengan Masker Tepung Beras

2. Batu Ginjal

penyebab perut sebelah kanan sakit 2.jpg

Nyeri yang disebabkan batu ginjal juga berada di bagian perut sebelah kanan. Rasa nyeri muncul secara mendadak di bagian sisi kanan atau pinggang.

Batu ginjal merupakan endapan mineral yang mengeras. Selama berada dalam ginjal biasanya tidak akan terasa, namun jika sudah berada di antara saluran ginjal dan saluran kantung kemih, penderita akan merasakan rasa yang ngilu luar biasa.

Saat terjadi seperti itu, penderita harus segera melakukan tindak medis, karena jika terlalu lama berada di dalam organ akan sangat buruk dampaknya. Jika sudah mengalami dan tidak ditindaklanjuti segera, maka penderita harus mengikuti proses cuci darah.

3. Kista Rahim

penyebab perut sebelah kanan sakit 3.jpg

Kaum perempuan tentu perlu memperhatikan juga gejala sakit perut sebelah kanan. Bukan hanya sebagai tanda nyeri ketika sedang PMS, namun juga bisa merupakan gejala kista rahim.

Menurut The Mayo Clinic, kebanyakan perempuan terkadang jarang memperhatikan adanya kista atau kantung berisi cairan yang berada di ovarium.

Jika sudah biasa dengan nyeri perut ketika menstruasi, pembedanya adalah rasa sakit bagian perut sebelah kanan terasa nyeri lebih dari biasanya.

Kista rahim ini tidak dapat diabaikan, karena akan mengacu pada perkembangan tumor dan kanker. Segera konsultasikan jika mengalami sakit perut sebelah kanan yang tak biasa.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Nah, itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan sakit perut sebelah kanan. Jika Moms mengalami sakit perut sebelah kanan, sebaiknya waspada dan segera berkonsultasi ke dokter ya.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait