KESEHATAN
17 Juli 2019

Salmon, Superfood yang Baik untuk Kulit

Nutrisi yang Dimiliki Salmon Akan Membuat Kulit Anda Mempesona
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain rajin merawat kulit wajah dan badan, perawatan untuk kulit juga harus dilakukan dari dalam. Di antara begitu banyak makanan yang mampu menutrisi kulit, yang paling banyak membuatnya cemerlang adalah salmon.

Begitu banyaknya nutrisi yang dimiliki salmon untuk kulit. Salmon mengandung banyak asam lemak omega-3, yang telah dikatakan dapat mencegah kanker tertentu dan bahkan mengurangi nyeri haid. Jika manfaat kesehatan itu tidak cukup untuk memengaruhi Moms untuk menambahkan lebih banyak salmon ke dalam diet Moms, mungkin manfaatnya untuk kulit akan membuat Moms berubah pikiran.

"Saya menganggap salmon sebagai salah satu makanan super untuk kesehatan kulit," kata Dr Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York kepada HuffPost.

Dia menambahkan bahwa banyak memakan salmon tidak memiliki risiko sama sekali. Jika dia mampu, dia akan melakukannya setiap hari. “Itu salmon sangat baik untuk kulit Anda," akunya.

Baca Juga: Resep Mudah Salmon Poke Bowl ala Putri Habibie

Kandungan yang Bermanfaat

salmon

Foto: Dinemagazine.com

Selebriti seperti Victoria Beckham dan Mariah Carey juga melakukan makan diet salmon. Mengkonsumsi salmon baik dalam bentuk ikan utuh atau kapsul minyak ikan memiliki khasiat yang sama. Omega-3 yang ditemukan dalam salmon sangat bagus untuk kulit, karena dapat membantu menenangkan peradangan, yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, yang keduanya membuat kulit tampak awet muda.

"Ketika Anda memiliki tingkat lemak baik yang tinggi di dalam tubuh Anda, dia memberi makan kulit dan memungkinkan kulit membuat minyak sehat ini yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersinar," tambah Rachel.

Melda Isaac, seorang dokter kulit bersertifikat di Washington, DC, menambahkan, asam lemak omega-3 akan mempertahankan kelembapan di kulit Anda. “Ini yang akan membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap kenyal,” kata Melda seperti dikutip HuffPost.

Dia juga mencatat bahwa salmon mengandung vitamin D, yang dapat memiliki efek fotoprotektif, artinya dapat membantu melindungi kulit terhadap efek negatif dari sinar UV. Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit dan membantu melindungi terhadap radikal bebas.

Salmon juga mengandung sesuatu yang disebut astaxanthin, senyawa kimia yang dikenal sebagai keto-karotenoid, yang memberi salmon warna merah muda. Ini juga merupakan antioksidan dan anti-inflamasi. "Dia (astaxanthin) membantu dengan hal yang sama menciptakan lebih banyak kolagen, menenangkan peradangan, dan juga merupakan agen anti-penuaan yang fantastis," katanya.

Baca Juga: Resep: Bubur Ikan Salmon untuk Bayi dan Keluarga

Pilihan Konsumsi

Salmon

Foto: Thefreshmarket.com

Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak salmon yang harus Anda makan untuk mulai menuai manfaatnya, Rachel mengatakan satu porsi seukuran telapak tangan tiga kali seminggu cukup. "Saya pikir jika Anda akan memakannya lebih dari itu, Anda mungkin akan bosan," katanya.

Dia juga mengatakan, menambahkan daging tanpa lemak dan buah-buahan ke dalam salmon Moms akan memberikan antioksidan dan anti-radang tambahan. Contohnya dengan menambahkan blueberry, yang bagus untuk kesehatan otak, dan tomat, yang merupakan makanan kulit yang luar biasa.

Salmon liar dan hasil peternakan mengandung asam lemak omega-3 yang sehat, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat. Namun, jika Moms khawatir tentang aditif potensial (termasuk pigmen), Moms dapat membeli salmon organik liar. Selama Moms menambahkan salmon ke dalam diet Moms, Moms masih akan mendapatkan manfaat dari asam lemak omega-3.

Dalam hal apakah Moms harus memakannya mentah atau dimasak, kedua cara itu bermanfaat. Selain itu, penelitian USDA mencatat bahwa memanggang belum terbukti menyebabkan hilangnya omega-3, meskipun Moms mungkin tidak ingin membuatnya terlalu lama.

Baca Juga: 5 Menu Salmon Mentai Paling Enak di Restoran Jakarta

Tambahan untuk Perkuat Kegunaan Salmon

Salmon

Foto: Medibank.com.au

Tidak ada yang disebut keajaiban kulit sehat, kata ahli kulit Kaiser Permanente yang berpusat di San Diego, Jeffrey Benabio, MD. Dia mengatakan, hanya makan salmon tidak akan secara otomatis memberimu kulit yang indah.

"Jika Anda hanya makan salmon tetapi tidak merawat kulit, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal," katanya.

Tapi secara keseluruhan, jika Moms sadar apa yang baik untuk Moms dalam hal diet, tidur, olahraga, dan sebagainya, maka asam lemak omega-3 yang Moms temukan dalam salmon dapat menjadi bahan penting untuk kesehatan kulit.

Lemak baik yang dikandung salmon juga membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, dan bertanggung jawab atas kesehatan dan hidrasi membran sel, yang merupakan penjaga gerbang kulit Moms, menjaga racun keluar dan membantu kulit mempertahankan penampilannya yang sehat, lembut, dan kenyal.

Setelah mengetahui berbagai manfaat salmon untuk kulit, jangan lupa untuk memasukkan dalam menu diet Moms dan memasaknya sebagai hidangan yang sedap untuk seluruh anggota keluarga.

Artikel Terkait