KEHAMILAN
8 Juli 2019

Sambil Menjalani Proses Induksi, Ini 4 yang Bisa Ibu Hamil dan Suami Lakukan

Bisa membantu Moms lebih tenang dan rileks
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) semua Ibu pasti memiliki perasaan campur aduk. Ada yang bersemangat menunggu kehadiran Si Kecil, ada yang khawatir apakah proses persalinan akan berjalan lancar, ada juga yang mengalami sedikit serangan panik.

Semua hal tersebut wajar dirasakan oleh para ibu. Bahkan ada yang sudah mencapai HPL, masih belum merasakan tanda-tanda si buah hati akan keluar, akibatnya harus menjalani proses induksi untuk merangsang kontraksi.

Baca Juga: Induksi Dalam Proses Melahirkan

Waktu induksi tidak bisa diperkirakan, ada yang sebentar, ada pula yang memerlukan waktu yang lama. Bagi Moms yang mungkin harus menjalani proses induksi lama, pasti bosan dong jika tidak ada kegiatan yang dilakukan.

Agar Moms tidak bosan, beberapa cara di bawah ini bisa ditiru. Apa saja? Yuk Moms disimak.

1. Nonton Drama Korea

menjalani proses induksi, proses induksi

Foto: gayahidup.dreamers.id

Menjelang persalinan, apalagi kelahiran anak pertama, biasa para wanita akan menjadi sedikit panik dan khawatir, apalagi jika Si Kecil tidak keluar-keluar.

Nah, agar Moms bisa lebih tenang dan tidak khawatir lagi, menonton drama Korea favorit sambil melakukan proses induksi adalah salah satu kegiatan seru yang bisa Moms lakukan. Dijamin akan lupa dengan rasa khawatir Moms.

Agar lebih seru, jangan lupa ajak Dads nonton bersama juga. Pasti proses induksi hingga melahirkan akan berjalan dengan lancar.

2. Jalan-Jalan di Sekitar Rumah Sakit

menjalani proses induksi, proses induksi

Foto: hellosehat.com

Kegiatan seru selanjutnya yang bisa Moms lakukan saat menjalani proses induksi adalah berjalan-jalan di sekitar rumah sakit. Selain seru, cara ini juga bisa membantu mempercepat pembukaan persalinan lho Moms.

Tidak perlu terlalu lama. Cukup luangkan waktu 15-30 menit saja untuk jalan-jalan sebentar. Ajak Dads sekalian untuk menjaga Moms kalau-kalau ada keadaan darurat ya.

Baca Juga: Melahirkan dengan Induksi Persalinan, Adakah Dampaknya Bagi Janin?

3. Makan Makanan Favorit

menjalani proses induksi, proses induksi

Foto: inspiradata.com

Nah, selanjutnya daripada hanya bengong-bengong saja tanpa aktivitas yang berarti selama menjalani proses induksi, makan makanan favorit Moms pasti akan menyenangkan.

Cobalah minta tolong pada suami untuk membelikan makanan favorit Moms. Akan lebih bagus jika makanan yang diberikan adalah makanan pedas, karena bisa berguna juga untuk membantu proses pembukaan lho.

“Metode ini tidak memiliki risiko komplikasi apapun,” ucap Elizabeth Hill-Karbowski, bidan bersertifikat untuk Layanan Perinatal Wheaton Franciscan-St. Rumah Sakit Joseph Milwaukee.

4. Olahraga Kecil

menjalani proses induksi, proses induksi

Foto: republika.co.id

Olahraga ringan juga bisa Moms lakukan sambil menunggu pembukaan untuk proses persalinan. Bahkan bisa dibilang cara ini sangat disarankan untuk Para Moms. Lakukan olahraga kecil seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau jongkok dan berdiri sesekali.

“Olahraga seperti berjalan kaki, jogging, atau menuruni tangga dapat membantu bayi turun ke panggul bawah karena efek gravitasi,” ungkap Dr. Lynn Simpson, dokter kandungan di New York.

Baca Juga: Ini 11 Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

Nah, sekarang Moms sudah tahu kan, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat menjalani proses induksi. Dijamin tidak membosankan dan akan membantu Moms sedikit tenang.

Artikel Terkait