KESEHATAN
31 Oktober 2019

Sariawan di Bibir Bisa Tanda 5 Penyakit Ini, Ayo Mulai Deteksi Dini!

Siapa sangka sariawan di mulut bisa merupakan tanda penyakit serius seperti HIV?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Sariawan adalah luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Kondisi ini muncul disertai rasa sakit dan perih. Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan.

Dalam kebanyakan kasus, sariawan disebabkan oleh iritasi mulut ringan, sensitivitas makanan, stres emosional, diet rendah vitamin B12, zat besi, asam folat, atau seng.

Tetapi, sariawan juga bisa muncul sebagai salah satu gejala kondisi medis atau efek pengobatan tertentu.

  1. Diabetes

Foto: pixabay

Melansir dari betterhealth.vic.gov.au, orang dengan diabetes yang memiliki kadar glukosa darah tidak teratur memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah gigi dan penyakit gusi daripada orang yang tidak menderita diabetes.

Hal ini terjadi karena mereka telah menurunkan resistensi terhadap infeksi dan mungkin tidak sembuh dengan mudah.

Gejala awal diabetes dapat berupa masalah kesehatan mulut, seperti asbes gusi, kerusakan gigi, sariawan, peradangan, mulut kering dan terbakar.

  1. Penyakit seliaka

Foto: healthline.com

Melansir dari celiac.org, Penyakit seliakan adalah penyakit autoimun yang terjadi pada orang dengan kecenderungan genetik jika mengonsumsi gluten bisa menyebabkan kerusakan usus kecil.

Penyakit seliaka ini mendorong sistem kekebalan tubuh untuk menyerang usus kecil, yang menyebabkan kekurangan gizi dan sakit perut parah. Penyakit ini juga bisa menyebabkan sariawan.

  1. Penyakit Crohn

Foto: alliancedental.ca

Melansir dari fastmed.com, penyakit crohn adalah jenis penyakit radang usus yang bisa memengaruhi saluran pencernaan dari mulut hingga anus. Tapi, penyakit ini biasanya lebih sering terjadi di bagian akhir usus kecil atau usus besar.

Salah satu pengaruh penyakit radang usus pada mulut, termasuk sariawan. Bahkan penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

  1. Penyakit Behcet

Foto: newsnetwork.mayoclinic.org

Penyakit bechet adalah jenis gangguan peradangan yang menyerang banyak bagian tubuh. Gejalanya yang paling umum termasuk luka mulut seperti sariawan, luka genital, radang mata dan radang sendi. Gejala biasanya berlangsung beberapa hari. Di sisi lain, penyebab penyakit behcet ini juga belum diketahui jelasnya.

  1. HIV dan kanker

Foto: pixabay

Para ahli mengungkap bahwa masalah dalam mulut berkontribusi untuk kesehatan dan penyakit. Dalam penelitian baru dilansir dari medicalnewstoday.com, para peneliti membandingkan bakteri dan jamur di mulut orang positif HIV dengan mulut orang sehat.

Mereka menemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada bakteri yang ditemukan pada orang terinfeksi HIV dan orang sehat.

Tetapi, sariawan memang lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit kanker, HIV atau kondisi lainnya yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan gejalanya lebih parah dan sulit disembuhkan. (SA)

Referensi artikel:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/diabetes-and-oral-health

https://www.fastmed.com/health-resources/what-are-canker-sores-a-symptom-of/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/274013.php

https://celiac.org/about-celiac-disease/what-is-celiac-disease/

Artikel Terkait