KESEHATAN
4 Agustus 2018

Tak Disangka, 6 Sayuran Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Tambahkan sayuran ungu ke dalam menu makanan Moms sehari-hari ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Biasanya, sayuran hijau selalu direkomendasikan untuk dikonsumsi. Padahal masih ada sayuran lain yang tak kalah bergizi, yakni sayuran ungu.

Warna ungu pada sayuran menandakan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan bernama anthocyanins ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, mulai dari mencegah inflamasi, baik untuk jantung, mencegah kanker, dan berguna bagi kesehatan otak. Yuk simak berbagai manfaat kesehatan dari 6 sayuran ungu ini!

1. Kol ungu

1 kol ungu

foto: digupwellness.com

Kol ungu punya rasa yang sama dengan kol hijau, tapi lembaran daunnya lebih tebal. Kol ungu memiliki 36 jenis antioksidan dan mengandung 8 kali vitamin C lebih banyak daripada kol hijau.

Supaya fresh, lebih baik konsumsi kol ungu sebagai salad. Campur juga dengan tomat, selada, dan tomat yang sama-sama memiliki banyak manfaat kesehatan.

2. Bawang ungu

2 bawang

foto: taste.com.au

Bawang ungu atau juga dikenal sebagai bawang merah adalah sayuran yang sangat mudah ditemukan di supermarket.

Akibat kandungan anthocyanin di dalamnya, bawang ungu pun menjadi salah satu makanan yang bisa melawan kanker.

Moms bisa membuat bawang ungu sebagai acar atau sebagai tambahan di dalam masakan.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah, Bolehkah?

3. Wortel ungu

3 wortel

foto: shutterstock.com

Tidak hanya oranye, wortel juga ada yang berwarna ungu, lho. Wortel ungu pertama kali ditanam di daerah Afghanistan beberapa ribu tahun yang lalu.

Wortel ungu memiliki rasa yang sangat manis dan terkadang seperti lada. Wortel ungu dapat meningkatkan daya ingat, mempertajam penglihatan, melindungi dari serangan jantung, dan membantu mengontrol berat badan.

4. Kembang kol ungu

4 kembang kol

foto: sciencesource.com

Kembang kol ungu memiliki 15% antioksidan lebih banyak dibanding kale. Rasanya lebih lembut dibanding kembang kol putih, dengan rasa yang sedikit manis. Warnanya juga akan tetap ungu meski sudah dimasak.

5. Ubi ungu

5 ubi

foto: parade.com

Ubi ungu adalah makanan diet wajib di daerah Okinawa, Jepang. Penduduk Okinawa dikenal memiliki umur yang lebih panjang dan kesehatan yang lebih baik dibanding daerah lainnya di Jepang.

Salah satu makanan yang mereka konsumsi adalah ubi ungu. Ubi ungu memiliki rasa yang mirip dengan ubi oranye, tapi rasanya tidak terlalu manis. Ubi ini memiliki kadar glikemik yang rendah, sehingga cocok untuk Moms yang diabetes atau menderita sakit gula.

Baca Juga: Cara Membuat Tempura Udang dan Sayuran yang Renyah

6. Terung

5 terung

foto: shutterstock.com

Kandungan baik pada terung terdapat di kulitnya, makanya jangan pernah mengupasnya saat dimasak ya!

Terung memiliki nutrisi baik untuk perkembangan otak, membantu melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, dan punya kalori yang rendah tapi tinggi serat.

Mulai sekarang, perbanyak konsumsi sayuran ungu untuk mendapatkan kesehatan yang prima ya!

(INT)

Artikel Terkait