RUPA-RUPA
25 Juli 2019

Sebelum Ada Teknologi, Ini 6 Permainan Tradisional dari Jawa yang Banyak Dimainkan Anak-anak

Congklak menjadi permainan tradisional dari Jawa Tengah yang digemari anak perempuan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Zaman dahulu, ketika masih belum ada teknologi seperti yang dirasakan saat ini, anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain bersama teman-temannya.

Baik itu di sekolah, taman bermain, atau dengan tetangga komplek, ada banyak jenis permainan tradisional menyenangkan dan seru untuk dilakukan.

Beberapa mainan tradisional tersebut berasal dari daerah Jawa, kira-kira apa saja ya Moms? Berikut ini daftarnya!

1. Bentengan

permainan jateng-1.jpg

Foto: idntimes.com

Bentengan termasuk permainan tradisional asal Jawa Tengah. Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-10 orang.

Setiap kelompok memiliki sisi yang dijadikan sebagai 'benteng', bisa berupa tembok, tiang, atau pohon. Karena menggunakan aktivitas fisik, permainan ini membutuhkan area bermain yang luas.

Dalam bermain Bentengan, setiap anggota punya peran dan tugas masing-masing, ada yang menjadi penyerang, pemain bertahan, dan ada juga yang bertugas sebagai pengalih.

Tujuan akhir dari Bentengan adalah dengan menyentuh benteng lawan. Kelompok yang menjadi pemenang adalah mereka yang lebih dulu menggapai benteng lawan.

Selain itu, kemenangan juga bisa diraih dengan menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh bagian tubuh mereka.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Berbagai Area Permainan Anak di Sekolah

2. Gobak Sodor

gobak sodor.png

Foto: andihasbijaya.blogspot.com

Permainan Gobak Sodor ini berasal dari Jawa Tengah. Jumlah pemainnya minimal terdiri dari 6 orang, yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok.

Pada 1 kelompok bisa merupakan campuran anak laki-laki dan perempuan. Biasanya, permainan ini dilakukan di halaman rumah yang agak luas.

Manfaat bermain Gobak Sodor yaitu untuk melatih kecepatan (pemain harus berlari), kecermatan (harus menjaga pintu agar tidak kecolongan), kekompakan, sportif, dan mengisi waktu luang.

3. Congklak

congklak.jpg

Foto: instagram.com/galerybapasma

Congklak adalah permainan yang sangat populer, dan bahkan masih dimainkan hingga saat ini. Congklak adalah permainan paling digemari oleh anak-anak perempuan.

Permainan congklak yang berasal dari Jawa Tengah paling terkenal dimainkan di era 90-an, untuk bermain congklak butuh 2 orang anak, dengan duduk yang saling berhadapan.

4. Engklek

engklek.jpg

Foto: instagram.com/hidalilah

Engklek adalah salah satu permainan dari Jawa Tengah yang dimainkan dengan menggambar garis di atas tanah atau media lain.

Permainan Engklek juga merupakan salah satu permainan yang sangat di gemari oleh kalangan perempuan.

Untuk memainkannya, cukup lemparkan sebuah benda seperti pecahan genteng atau keramik ke salah satu kotak permainan yang telah dibuat.

Setelah benda dilempar, lompati setiap garis kotak yang ada sampai kembali lagi ke posisi awal, tanpa memijakkan kaki ke salah satu kotak yang ada benda tersebut.

Baca Juga: Rayakan 17 Agustus Bersama Anak dengan 5 Permainan Tradisional Ini

5. Enggrang

enggrang.jpg

Foto: instagram.com/setiawan_baong

Permainan tradisional Egrang atau Enggrang juga berasal dari daerah Jawa Tengah, biasanya permainan ini dimainkan tak hanya untuk anak-anak, tetapi juga remaja.

Untuk bisa bermain Enggrang, dibutuhkan peralatan khusus yaitu kayu atau bambu yang dirakit. Cara bermainnya pun juga membutuhkan kemampuan menjaga keseimbangan.

6. Gasing

gasing.jpg

Foto: instagram.com/nahdygraph4

Jika dulu di era 90-an banyak anak bermain beyblade, ada juga versi tradisionalnya yaitu mainan gasing. Mainan tradisional dari Jawa Tengah ini terbuat dari batang kayu dan sangat digemari olah anak laki-laki.

Cara memainkan permainan Gasing yaitu cukup melilitkan tali yang sudah dipulas ke leher gasing, lalu ayunkan gasing tersebut ke arah tanah atau ke tempat arena dan lepaskan tali pulasan tersebut dengan cepat.

Itu dia 6 permainan tradisional dari Jawa Tengah yang menyenangkan dan bikin nostalgia. Mana permainan tradisional Jawa Tengah yang jadi favorit Moms?

Artikel Terkait