GAYA HIDUP
4 Agustus 2019

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Keuntungan dan Kerugian Punya Rumah Kecil

Pertimbangkan Kedua Hal Ini Sebelum Pindah Ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Memiliki rumah kecil kini mulai digandrungi. Apalagi bagi kaum milenial. Analis pasar memperkirakan pasar rumah kecil global akan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan hampir tujuh persen dari 2018 hingga 2022, menurut Business Wire.

Meski begitu, perlu diingat bahwa membangun rumah mungil ada banyak hal yang harus dipertimbangkan selain harga, pesona, dan unsur instagramable nya.

Mengingat bahwa sebagian besar rumah kecil berukuran kurang dari 400 kaki persegi atau sekitar 37 meter persegi, pemilik rumah kecil juga harus sangat menyadari keterbatasan ruang baru mereka.

Tidak diragukan lagi, pemilik akan dipaksa untuk menjadi kreatif untuk menyesuaikan penyimpanan, peralatan, dan furnitur ke dalam tempat tinggal mereka yang baru dan kecil.

Tapi itu hanya bagian dari kesenangan memiliki rumah kecil, bukan? Hal lain tentang untung rugi punya rumah kecil akan kita ulas di sini.

Baca Juga: Selain Harga dan Lokasi, Ini 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Rumah

Keuntungan Rumah Kecil

shutterstock_197681849.jpg

Foto: shutterstock

1 Ramah Lingkungan

Karena memiliki luas rumah yang tidak besar, penggunaan listrik pun menjadi minimal.

Sekalipun Moms membangun rumah mungil dengan bahan-bahan biasa, dampaknya terhadap planet akan lebih kecil daripada konstruksi tradisional. Rumah kecil membutuhkan lebih sedikit bahan bangunan dan ramah lingkungan.

2 Berpakaian dengan Simpel

Jika biasanya Moms memiliki banyak opsi berpakaian saat keluar rumah, kini hal itu tidak perlu lagi Anda khawatirkan.

Biasanya, sebelum pindah ke rumah kecil, para penghuninya sudah memperhitungkan tentang ruangan. Salah satunya ruangan untuk pakaian.

Karena hanya memiliki space yang terbatas, banyak dari mereka yang akhirnya membuang baju-baju mereka dan menyimpan yang benar-benar diperlukan.

Jika awalnya terdengar berat, namun saat menjalaninya justru perasaan bebas yang dirasakan. Tidak ada lagi kebingungan saat menentukan outfit.

3 Lebih Berhemat

Dalam sebuah wawancara dengan Tiny House Crafters, Justin Gibbs mengungkapkan alasan mengapa dia memilih untuk memiliki rumah kecil.

"Langkah menuju kebebasan finansial dengan pemahaman tentang tanggung jawab fiskal; elemen-elemen ini dicampur dengan keinginan untuk lebih mandiri dalam cara kita memilih untuk hidup," jelas dia.

Hanya enam bulan setelah pindah ke rumahnya yang mungil seluas 250 kaki persegi atau sekitar 23 meter persegi, Alexa Nota menyadari berapa banyak uang yang dapat dia tabung.

"Ketika membandingkan sewa dan utilitas di rumah sewaan kami sebelumnya dengan pengeluaran yang setara di rumah mungil, kami memotong biaya kami lebih dari setengahnya," tulisnya dalam artikel untuk Travel Well Magazine.

4 Mudah Membersihkan Rumah

Karena memiiki lebih sedikit ruang dan barang untuk dibersihkan, Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang setip hari.

Susan Parrish, seorang penulis yang memiliki rumah kecil 323 kaki persegi atau 30 meter persegi mengungkapkan keuntunannya.

"Membersihkan rumah membutuhkan waktu beberapa menit, dan itu membuat lebih banyak waktu untuk petualangan,” kata dia kepada Huffpost.

Baca Juga: Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

Kerugian Rumah Kecil

shutterstock_764720677.jpg

Foto : Shutterstock

1 Kekurangan Ruang Pribadi

Bayangkan, ruangan yang biasanya hanya cukup untuk kamar dan ruang tamu saja, kini berubah menjadi rumah yang memerlukan banyak ruang di dalamnya.

Meski terkesan intim secara harfiah, hal tersebut kadang menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan.

Sementara pemilik rumah mungil Susan Parrish mengatakan, kadang-kadang setiap orang membutuhkan ruang pribadi yang kecil, dan itu sulit ditemukan dalam rumah kecil.

“Kadang-kadang jika dia menonton film yang tidak ingin kulihat, aku berbaring di tempat tidur dan membaca," kata dia seperti diansir Huffpost.

Salah satu hal terburuk memiliki rumah kecil adalah tidak bebas mengunakan kamar mandi. Hal privasi tersebut malah menjadi sebuah tantangan.

2 Tidak Ada Ruang untuk Tumbuh

Saat memutuskan untuk membeli rumah, Anda mungkin mempertimbangkan masa depan Anda.

Jika Moms berencana untuk memiliki anak atau berpikir akan merawat orang tua suatu hari nanti, Anda mungkin memeriksa daftar rumah-rumah dengan lebih banyak kamar tidur.

Dengan cara ini, rumah pada dasarnya akan tumbuh bersamamu. Rumah kecil tidak bisa menjadi pilihan karena tidak memiliki ruang ekstra.

3 Makanan Berbau Tidak Sedap

Memiliki rumah kecil bahkan bau pun dapat menyita ruangan. Belum lagi bau handuk yang menempel terutama pada handuk kamar mandi yang lembab, dan cucian yang mengering di kamar tidur. Dan bau itu akan bertahan hingga berminggu-minggu.

Semua pakaian akan berbau seperti apa pun yang dimakan. Bagi pemilik rumah mungil, idiom ‘You Are What You Eat’ memang benar adanya.

Bagaimana dengan list untung rugi rumah kecil ini? Jika tertarik memiliki rumah kecil minimalis yang sedang happening ini, persiapkan juga segala sesuatunya, termasuk mental Moms. Rumah ini cocok bagi Anda penyuka tantangan.

(FAR)

Artikel Terkait