KESEHATAN
28 April 2018

Sebelum Pakai, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lensa Kontak

Kalau tak rutin membersihkan, bisa membuat mata iritasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya : 

Dok sebenarnya pake soft lens itu aman gak ya?

Jawab : 

Soft lens (lensa kontak) adalah salah satu cara yang efektik untuk mengoreksi gangguan refraksi selain kacamata apabila digunakan dengan cara yang betul dan pengawasan yang rapi juga dengan konsultasi kepada ahli mata.

Berdasarkan fungsinya, soft lens (lensa kontak) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu vision use untuk alat bantu penglihatan dan cosmetic use yang ditujukan untuk mempercantik diri”.

Vision use dipakai bagi pengguna soft lens (lensa kontak) yang memang benar-benar mempunyai gangguan refraksi pada mata. Kebanyakan yang memakainya adalah mereka- mereka yang mempunyai mata minus.

Manfaat soft lens (lensa kontak) yakni:

a) Sangat nyaman dipakai.

b) Lapang pandang yang lebih luas.

c) Secara cosmetic use lebih baik dibandingkan dengan memakai kacamata.

d) Dapat digunakan sebagai Therapieutic Contact Lens

Namun di balik keindahan soft lens (lensa kontak), ternyata juga memiliki sisi negatifnya. Apalagi bagi yang menggunakan secara terus-menerus, tanpa memperhatikan unsur kesehatan.

Masalah yang ditimbulkan dengan pemakaian soft lens (lensa kontak) tergantung pada beberapa faktor, seperti bahan lensa, kebersihan lensa, jenis cairan pencuci lensa, tingkat kerelaan pengguna lensa pada pemakaian lensa dan rutin pencuciannya, pemakaian lensa yang berlamaan, tidur tanpa melepaskan lensa, dan kebersihan tempat penyimpanan lensa.

Beberapa resiko, antara lain:

1. Mata Kering : Mata bisa menjadi kering akibat terlalu lama menggunakan soft lens (lensa kontak)

2. Iritasi : Udara tropis cenderung berdebu memicu iritasi pada mata yang memakai soft lens (lensa kontak). Udara dari luar bisa saja masuk ke dalam mata, sehingga mata akan bekerja keras untuk mengeluarkannya.

3. Radang kornea : Memakai soft lens terlalu sering juga bisa mengakibatkan radang pada kornea mata yang mengakibatkan mata merah.

Dijawab oleh : dr. Qashdina Sutrisni

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait