KESEHATAN
2 Oktober 2019

Seberapa Aman Obat Tradisional Menurut Dokter?

Berbeda dengan obat farmasi, kita tidak bisa tahu dengan pasti apa saja kandungan di dalam obat tradisional
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Nama obat tradisional mulai diperhitungkan dalam dunia obat-mengobati. Penggunaan obat tradisional bahkan tidak kalah saing dengan penggunaan obat modern.

Obat yang terbuat dari tanaman-tanaman herbal, merupakan komponen utama obat tradisional. Dimulai pada awal 1800-an, dengan perkembangan dalam ilmu kimia, era baru dalam pengobatan modern dimulai.

Baca Juga: 7 Obat Kolesterol Tradisional yang Mujarab

Bahkan di masa kini, banyak orang yang lebih percaya terhadap pengobatan tradisional dibandingkan pengobatan medis untuk mengatasi penyakit-penyakit berbahaya. Banyak yang menganggap, karena menggunkan obat alami, maka akan aman penggunaannya.

Berkaitan dengan hal ini, apakah sebenarnya penggunaan obat tradisional itu aman? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Obat Tradisional

obat tradisional

Menurut David Chan, MD dari UCLA, Stanford Oncology Fellowship, di dalam obat-obatan farmasi, kita bisa tahu dengan persis apa saja kandungan yang ada dalam obat-obatan tersebut. Selain itu kita juga bisa mengetahui apa efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Hal ini dikarenakan Food and Drugs Administration telah melakukan pengujian dan pembuatan obat dengan ketat yang diawasi oleh hukum.

“Sedangkan obat tradisonal, kita tidak tahu persis apa yang terkandung dalam obat tersebut,” jelas David Chan, MD dari UCLA, Stanford Oncology Fellowship.

Menurut ia, bahan-bahannya mungkin tidak ditakar, pembuatannya tidak melalui proses pengujian yang ketat, lalu tidak ada pedoman pasti tentang pembuatan obat tradisional tersebut. Dengan kata lain, keamana penggunaan obat tradisional belum tentu terjamin.

Baca Juga: Hati-hati, Tidak Semua Pengobatan Tradisional Cocok Untuk Anak

Obat Tradisional Tidak Mengandung Zat Penting

obat tradisional

Dilansir dari Forbes, beberapa obat tradisional bahkan telah diuji dan ternyata tidak mengandung apa-apa selain isian selulosa (pada dasarnya adalah kapas).

Tetapi yang lebih mengejutkan dari itu adalah obat tradisional yang ditemukan telah terkontaminasi dengan berbagai hormon, logam berat seperti merkuri atau timbal, peptisida, atau bahan-bahan beracun lainnya.

Kadang-kadang obat tradisional ini bahannya kalah saing dengan seribu faktor yang menyebabkan beberapa pasien mengalami gagal ginjal yang menyebabkan kematian atau dialisis.

Tidak ada yang lebih sehat atau lebih aman daripada memakan makanan yang sehat. Buah dan sayuran mungkin tidak baik untuk Moms karena satu kandungan di dalamnya.

Baca Juga: Ingat! 5 Hal Ini Wajib Ditanyakan Saat Ingin Beli Obat

Namun jenis makanan ini sehat karena beberapa vitamin utama, banyak zat gizi mikro dan serat yang berinteraksi dengan cara yang tidak dapat direplikasi dalam pil atau bubuk.

Artikel Terkait