2-3 TAHUN
19 Februari 2019

Seberapa Penting Peran Kalsium Untuk Tumbuh Kembang Balita?

Tak cuma buat tulang dan gigi, tapi kalsium juga penting untuk tumbuh kembang anak
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti

Sudah tahu belum Moms, kalau manfaat kalsium untuk balita ternyata tidak hanya berhubungan dengan kesehatan tulang dan gigi saja?
Kalsium juga memiliki peran besar dalam kesehatan dan tumbuh kembang secara menyeluruh, sehingga anak berusia balita wajib mendapatkan asupan kalsium yang cukup.


Pasti jadi mau tahu lebih banyak tentang manfaat kalsium untuk balita kan, Moms? Yuk, simak dulu informasi yang sudah kami rangkum

berikut ini.

Kebutuhan Kalsium Balita

screen shot 2019 02 16 at 20.02.46

Foto : Freepik

Moms harus tahu, kalau tubuh balita yang masih dalam masa pertumbuhan akan banyak mengambil cadangan kalsium yang disimpan di dalam tulang. Itu sebabnya menurut  Robert Heaney, MD, professor of medicine at Creighton University in Omaha, balita harus punya banyak stok cadangan kalsium. Karena, bila asupan kalsium balita tidak terpenuhi, maka otomatis tulangnya menjadi lemah dan rapuh.
Supaya tulangnya tumbuh dengan sehat dan kuat, balita berusia 1 hingga 5 tahun membutuhkan asupan kalsium sekitar 700 mg hingga 1.000 mg setiap harinya.

Moms juga bisa melengkapinya dengan tambahan vitamin D, magnesium, dan fosfor agar tubuh balita bisa menyerap kalsium dengan optimal. Mengapa? Karena menurut sumber kalsium terbaik adalah vitamin D  Joan Lappe, a Creighton professor of nursing and medicine, 

Baca juga : Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Manfaat Kalsium Untuk Balita

screen shot 2019 02 16 at 20.05.01

Foto : Freepik

Selain untuk mendukung kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi, ternyata ada banyak sekali manfaat kalsium untuk balita lainnya, seperti:
- Melindungi organ dalam tubuh seperti otak dan paru-paru.
- Mengandung sumsum, tempat produksi sel darah merah.
- Menyimpan mineral untuk tubuh.
- Mengurangi risiko osteoporosis.
- Membantu produksi energi bagi tubuh.
- Membantu pelepasan hormon dan enzim tubuh.
- Menjaga sistem kekebalan tubuh.
- Mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, kanker ovarium, dan kanker payudara.
- Mendukung fungsi metabolisme tubuh.

Baca juga : Cara Menghilangkan Lemak Lewat 4 Makanan Sehat

Yang pasti, kalsium adalah salah satu mineral vital yang dibutuhkan oleh tubuh balita agar bisa tumbuh dan berfungsi dengan baik hingga dewasa nanti.

Sumber Kalsium

screen shot 2019 02 16 at 20.08.37

Foto : Unsplash

Memenuhi kebutuhan kalsium balita itu tidak sulit kok, Moms. Selain bisa didapatkan dari ASI dan susu formula, balita juga bisa mendapatkan kalsium dari berbagai sumber lain, seperti susu, yogurt, ikan sarden, salmon pink, keju, sereal, kale, brokoli, tahu, dan kacang almond.
Produk sereal, roti, dan susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium,  juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang dapat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang balita.

Dan menurut Joan Lappe, a Creighton Professor of Nursing and Medicine, pertumbuhan tulang balita sangat dipengaruhi oleh kalsium dan vitamnin D. Jadi tidak perlu memberikan suplemen kalsium bila tidak disarankan oleh dokter atau ahli gizi, karena terlalu banyak kalsium justru bisa membuat balita sembelit. Tapi tentunya Moms wajib berkonsultasi dengan dokter soal kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan kalsium. 

Baca juga : 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

Wah, ternyata peran dan manfaat kalsium untuk balita sangat banyak ya, Moms. Bagaimana, sudahkah Moms memberikan makanan yang kaya akan kalsium untuk buah hati? Jangan lupa share tips-nya di kolom komentar di bawah ini.

(WA)

Artikel Terkait