JALAN-JALAN
15 Juni 2019

Sedang Makan Sehat, Ini Dia 4 Restoran Ramah Vegan di Jakarta

Jadi vegan, tetap bisa makan enak di restoran

Sumber: saladstop.co.id

Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Gaya hidup vegan mungkin belum banyak dipraktikkan di Indonesia. Karena itu, orang-orang yang tertarik beralih menjadi vegan seringkali ragu apakah mereka dapat dengan mudah menemukan hidangan yang sesuai dengan prinsip mereka saat bersantap di luar.

Ternyata, banyak juga restoran ramah vegan, bahkan khusus menyajikan hidangan vegan, di Jakarta. Sajiannya tidak melulu sayuran, tapi juga daging imitasi yang diakui rasanya persis daging biasa. Kabar baiknya lagi, restoran-restoran tersebut tidak memakai MSG di masakannya.

Inilah sebagian restoran ramah vegan di Jakarta yang bisa Moms kunjungi:

1. Dharma Kitchen

Sedang Makan Sehat, Ini Dia 4 Restoran Ramah Vegan di Jakarta 01.jpg

Lokasi: Central Park Mall lantai 1, Jakarta Barat (dan 1 cabang lain)

Segala macam hidangan bisa Moms temukan di sini, termasuk daging ayam, sapi, dan ikan. Eits… Dagingnya bohongan, kok, Moms. Meski terbuat dari bahan nabati seperti jamur atau kedelai, tekstur dan rasanya mirip sekali dengan daging asli.

Pilihan makanannya banyak, baik kuliner khas Indonesia maupun ala Tiongkok. Tapi, beberapa reviewer mengatakan porsinya agak kecil. Soal suasananya, restoran ramah vegan ini luas dan nyaman, lho. Ke sini, yuk, Moms!

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

2. Loving Hut

Sedang Makan Sehat, Ini Dia 4 Restoran Ramah Vegan di Jakarta 02.jpg

Lokasi: Lotte Shopping Avenue lantai 4, Jakarta Selatan (dan 3 cabang lain)

Restoran ini menghadirkan hidangan Indonesia dan Asia menggunakan beras dan sayuran organik. Di sini, Moms juga bisa menemukan sajian berbahan daging imitasi.

Untuk Moms yang menghindari konsumsi bawang-bawangan, Loving Hut menyediakan daftar menu yang jelas menunjukkan hidangan mana yang memakai bawang dan yang tidak.

Beberapa menunya cepat habis saat jam makan siang. Jadi, datang agak pagi, ya, Moms, kalau ingin sajiannya lengkap.

Baca Juga: Tampil Beda, 4 Kuliner Tradisional Indonesia ini Sajikan dengan Sentuhan Western

3. SaladStop!

Lokasi: Mal Kelapa Gading 3 lantai dasar, Jakarta Utara

Seperti namanya, restoran ini menyajikan aneka sayuran segar yang dibuat menjadi salad, baik di mangkuk maupun dibuat menjadi wrap (dibungkus tortilla). Hidangan di daftar menunya diberi tanda apakah mengandung gluten, olahan susu, alkohol, cabai, kacang, atau vegetarian dan vegan.

Moms bisa memilih sendiri enam macam sayuran dan saus yang diinginkan. Bingung paduan yang pas? Moms bisa memilih signature dishnya. Meski harganya relatif mahal (Rp 80.000-110.000 untuk makanan), ini sebanding dengan kualitas bahan yang digunakan dan porsinya mengenyangkan.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Sayuran Ungu Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

4. Vesne Vegetarian Kitchen

Sedang Makan Sehat, Ini Dia 4 Restoran Ramah Vegan di Jakarta 04.jpg

Lokasi: Sarinah lantai LG (food court), Jakarta Pusat

Restoran ramah vegan ini menghadirkan makanan serba sayuran yang halal, tanpa MSG, lemak trans, dan lemak hewani. Sajiannya kombinasi Indonesia dan India. Jangan datang ke sini di hari Minggu, ya, Moms, karena restoran ini tutup.

Harganya memang agak mahal (Rp 53.000-61.000/paket) dan restorannya kecil, tapi porsi makanan paketnya besar. Orang-orang yang sudah mencoba mengatakan bahwa sajiannya enak.

Moms tertarik mencoba makan di keempat restoran ramah vegan di atas juga?

(EMA)

Artikel Terkait