BALITA DAN ANAK
6 November 2019

Sedang Memilih Kacamata untuk Si Kecil? Ini Tipsnya!

Pastikan kacamata yang dipakai Si Kecil nyaman dan awet
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Masalah penglihatan dapat muncul bahkan ketika anak masih berusia cukup muda. Karenanya, Si Kecil perlu alat bantu penglihatan seperti kacamata.

Namun, memakai kacamata pada balita bisa membuat Moms merasa gugup.

Mungkin karena anak belum cukup mengerti dan paham tentang perlunya menggunakan kacamata, dan hal ini membuat Si Kecil sulit beradaptasi.

Ketahui tips memilih kacamata untuk Si Kecil, mengutip dari What to Expect.

Baca Juga: Anak Sudah Harus Menggunakan Kacamata? Kenali 5 Tandanya

1. Melakukan Tes Penglihatan

kacamata balita-1.jpg

Tentu saja, sebelum membeli kacamata, Si Kecil harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter mata untuk mendapatkan resep obat.

Karena balita masih terlalu muda membaca grafik mata, salah satu strategi yang biasa digunakan adalah tes Lea, yang mirip dengan grafik mata biasa, tetapi menggunakan simbol yang dimengerti anak-anak.

2. Pilih Optik yang Biasa Menangani Balita

kacamata balita-1.jpg

Dokter anak atau dokter mata harus dapat merekomendasikan optik yang berspesialisasi dalam kacamata untuk balita.

Hal ini untuk memastikan spesifikasi kacamata tersebut tidak membuat Si Kecil merasa terganggu, dan ia dapat mengenakan kacamatanya dengan nyaman bahkan ketika anak aktif bergerak.

Baca Juga: Balita Harus Pakai Kacamata, Apa Saja Penyebabnya?

3. Jenis Lensa yang Dipilih

kacamata balita-2.png

Demi keamanan, pilih lensa yang terbuat dari plastik atau polikarbonat. Bahan ini punya kelebihan karena kuat, sulit hancur, ringan, dan tidak berbahaya dibanding lensa dari kaca.

Tetapi sisi negatifnya, bahan-bahan ini mudah tergores, jadi mintalah lapisan pelindung untuk diaplikasikan saat hendak memesan kacamata untuk Si Kecil.

Baca Juga: Benarkah Memakai Kacamata Malah Menambah Minus Mata?

4. Memilih Bingkai yang Benar-benar Pas

kacamata balita-3.jpg

Karena balita cenderung aktif, mereka akan sering berlari, melompat, dan mungkin sesekali terjatuh. Sehingga, penting menjaga kacamata balita tetap utuh.

Moms bisa menggunakan bingkai plastik yang elastis untuk meminimalkan kemungkinan pecahnya plastik atau logam yang tipis pada gagang kacamata.

Beberapa bingkai kacamata memiliki engsel yang fleksibel, sehingga jika tertekuk memungkinkan bingkai melentur dan tidak langsung patah.

5. Desain yang Cocok

kacamata balita-4.jpg

Tips yang tidak kalah penting adalah menentukan kenyamanan dan kecocokan dalam memilih bingkai kacamata untuk Si Kecil. Apalagi, kacamata ini akan selalu ia kenakan.

Ada banyak model kacamata yang berbeda untuk balita, Si Kecil bisa memilih warna bingkai atau bentuk lensa. Atau, pilih kacamata yang memiliki ukuran pas untuk mata balita.

Artikel Terkait