PROGRAM HAMIL
29 Maret 2018

Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Benarkah senam yoga bikin cepat hamil?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

 

 

Dapatkah senam yoga membantu mengoptimalkan program hamil? Menurut Dr. Eden Fromberg, D.O, dokter kandungan bersertifikat dan guru yoga di New York City, selain dapat membantu mengurangi stres, beberapa pose senam yoga dapat membantu mengatasi masalah infertilitas.

  

Yoga Agar Cepat Hamil – Mungkinkah?

Ini bukan berarti Moms harus menghentikan perawatan medis dan hanya tergantung pada senam yoga agar cepat hamil. Berikut adalah beberapa manfaat yoga untuk program hamil.

1. Meredakan stres

Yoga bukan hanya berfokus pada fisik tetapi juga teknik pernapasan yang dapat membantu mengatasi stres dan mencapai ketenangan pikiran.

2. Detoksifikasi tubuh

Pose yoga tertentu dapat membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesuburan.

3. Melancarkan sirkulasi

Banyak masalah infertilitas timbul karena penyumbatan. Dengan yoga, Moms dapat melancarkan sirkulasi darah termasuk ke organ reproduksi.

4. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh

Berlatih senam yoga dapat membantu Moms menemukan ketenangan batin, yang pada akhirnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga kesehatan rahim

Beberapa pose yoga tertentu dapat mengatasi disfungsi ovarium yang merupakan penyebab umum dari infertilitas pada wanita.

6. Membantu pengobatan hormonal

Jika Moms sudah berjuang dengan masalah infertilitas dan menjalani pengobatan hormonal, senam yoga bisa membantu meminimalkan efek samping dan meningkatkan peluang hamil.

    

Pose Yoga Untuk Kesuburan

Selain mencoba beberapa pose senam yoga untuk pemula, berikut adalah serangkaian pose yoga untuk kesuburan yang cukup sederhana.

 

Paschimottanasana

paschimottanasana

Pose ini menstimulasi ovarium dan uterus, meredakan stres dan depresi, dan secara bertahap akan meningkatkan tingkat kesuburan.

   

Hastapadasana

hastapadasana

Pose Hastapadasana ini meregangkan otot tulang belakang dan melancarkan peredaran darah ke daerah panggul dan sistem saraf yang membantu meredakan stres.

   

Janu Shirasana

janu shirasana

Janu Shirasana akan sangat berguna sebelum dan selama kehamilan karena akan memperkuat otot punggung bawah, meregangkan dan melenturkan betis dan paha belakang.

   

Baddha Konasana (Pose kupu-kupu)

baddha konasana

Pose yoga untuk kesuburan ini membantu memperbaiki fungsi ovarium dan mengatasi menstruasi tidak teratur, serta membantu persalinan jika dilakukan selama akhir kehamilan.

 

Viparita Karani

viparita karani

Pose yoga untuk kesuburan ini juga mengurangi sakit punggung dan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.

 

Balasana (Child Pose)

balasana

Pose yoga untuk kesuburan ini dapat membantu menghilangkan stres dan kelelahan, dan melancarkan peredaran darah.

 

Kapalbhati Pranayama (Pernapasan cepat berirama)

kapalbhati pranayama

Pose yoga untuk kesuburan ini membantu memurnikan sel-sel darah, meningkatkan kualitas sel reproduksi, dan menyeimbangkan kadar hormon tubuh.

 

Pose Jembatan (Bridge pose)

pose jembatan

Pose yoga untuk kesuburan ini cukup sulit, namun dapat meningkatkan energi dan melancarkan aliran darah ke uterus dan ovarium. Cobalah pose ini minimal selama 30 detik.

 

Cobra Pose

cobra pose

Pose yoga untuk kesuburan ini memperkuat otot punggung dan merangsang produksi hormon dalam rahim.

 

Shavasana (Corpse pose)

corpse pose

Pose yoga untuk kesuburan ini membantu mencapai keseimbangan dalam tubuh dan pikiran. Lakukan pose ini setelah selesai senam yoga.

  

Sudahkah Moms mencoba senam yoga agar cepat hamil?

 

(ROS)

foto : shutterstock

  

Artikel Terkait