KESEHATAN
8 Juli 2019

Sedang Sakit? Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini!

Makan makanan super ini agar Moms kembali sehat dan bertenaga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat sakit akan menentukan waktu penyembuhan penyakit, Moms. Pola makan yang buruk dapat memperlambat waktu penyembuhan. Namun, jika nutrisi yang masuk baik, Moms akan lebih cepat sembuh.

Saat sakit, Moms sangat disarankan makan makanan yang ringan namun kaya akan vitamin, mineral, dan elektrolit. Meski saat sakit Moms tidak memiliki nafsu makan, penting untuk tetap makan dan tetap terhidrasi.

Sebagai referensi, berikut adalah daftar makanan untuk mempercepat kesembuhan Moms dilansir dari Vaishnavi Navaraj, seorang penulis kesehatan dari India.

1. Jahe

Sedang Sakit, Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini! 01.jpg

Foto: ebpcooh.org.uk

Jahe dianggap sebagai makanan super untuk hampir setiap penyakit umum, yang juga direkomendasikan oleh dokter. Penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki manfaat yang baik untuk gejala sakit seperti mual dan muntah.

Jahe yang mengkristal harus dimakan dalam jumlah sedang, karena kandungan gulanya yang tinggi. Hindari jahe bersoda, karena ini akan lebih mengiritasi perut.

Baca Juga: Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Jahe dengan Kondisi Berikut Ini

2. Pisang

Sedang Sakit, Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini! 02.jpg

Foto: healthline.com

Saat Anda sakit, tubuh menggunakan banyak energi untuk pulih. Ini yang biasanya menyebabkan Moms kurang nafsu makan. Mengkonsumsi pisang akan sangat disarankan. Tidak hanya kaya akan serat, kalium, dan gula yang baik, pisang juga merupakan salah satu makanan lunak terbaik untuk dimakan saat sakit.

Pisang dapat memberikan energi pada tubuh Anda untuk melawan penyakit yang umum. Karena bagus untuk kondisi seperti sembelit, pisang juga direkomendasikan bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Pontianak dengan Kremes Crispy

3. Air Kelapa

Sedang Sakit, Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini! 03.jpg

Foto: glammhealth.com

Di Asia Selatan dan Tenggara, air kelapa dianggap sebagai obat penyembuh bagi berbagai penyakit. Ini biasa digunakan di India untuk membantu mengatasi mabuk, sakit kepala, masalah pencernaan, dan dehidrasi. Air kelapa ini kaya akan enzim yang baik untuk pencernaan, elektrolit, dan serat makanan.

Dengan mengkonsumsi air kelapa diharapkan akan mempercepat kesembuhan dan mengganti cairan yang terlalu banyak hilang saat sakit.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Air Kelapa Untuk Balita

4. Oatmeal

Sedang Sakit, Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini! 04.jpg

Foto: globalsources.com

Menurut Natalie Butler, RD, LD, seorang ahli nutrisi dari Amerika Serikat, sebagai salah satu makanan untuk mempercepat kesembuhan, oatmeal akan menjadi pilihan sarapan sehat dan mengenyangkan. Oatmeal bersifat lembut, mudah dicerna dan mengandung serat makanan tinggi.

Manfaat besar oatmeal lainnya adalah oatmeal ini mengandung karbohidrat kompleks yang membuat Anda merasa kenyang, dan juga sekaligus secara konsisten membantu tubuh Anda pulih dari penyakit seperti flu, infeksi bakteri dan jamur. Infeksi ini akan dicegah menyebar oleh sifat antibiotik yang ditemukan dalam gandum.

5. Teh Hijau

Sedang Sakit, Konsumsi 5 Makanan untuk Mempercepat Kesembuhan Ini! 05.jpg

Foto: bbcgoodfood.com

Teh hijau adalah salah satu makanan yang paling umum digunakan untuk melawan berbagai penyakit. Seperti infeksi tenggorokan, infeksi saluran pernapasan atas, masalah pencernaan seperti sembelit dan diare serta menangkal tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

Ini hampir tidak memiliki gula, dikemas dengan antioksidan, sifat anti-inflamasi, sifat antibakteri dan antijamur. Ini juga menangkal stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan lebih baik daripada penyembuhan. Jadi, selain berfungsi sebagai makanan untuk mempercepat kesembuhan, kelima makanan di atas juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Jaga asupan air minum dan makan makanan sehat yang kaya nutrisi akan membantu mencegah banyak penyakit Moms.

(FAR)

Artikel Terkait