TREN
2 Juli 2017

Sedang Tren, Es Krim Hitam yang Ternyata Bisa Buat Mama Ketagihan

Ternyata bisa untuk detoks juga loh Ma!
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)
es krim hitam

Foto: Shutterstock

Bukan hanya makanan bertemakan unicorn saja yang menjadi viral. Akhir-akhir ini, es krim hitam juga ramai menjadi bahan perbincangan di media sosial Instagram. Diberi nama 'Goth Ice Cream', dessert ini rupanya juga memiliki cone berwarna hitam.

Jangan buru-buru menilai es krim ini tidak enak, Ma. Meskipun hitam dikenal sebagai warna yang dapat menghilangkan nafsu makan, Goth Ice Cream terbukti populer dan memiliki banyak penggemar. Sebenarnya terbuat dari apakah es krim hitam ini? Bagaimana rasanya? Daripada Mama penasaran, yuk, cek fakta-faktanya di bawah ini!

Berbahan Arang

Warna hitam pada es krim rupanya berasal dari arang sisa pembakaran batok kelapa. Sebenarnya ini bukan hal baru pada produk makanan. Beberapa masakan seperti pizza, frozen yoghurt, mie hitam, dan roti black dog menggunakan campuran arang pada proses pengolahannya.

Tentu saja arang yang digunakan bersahabat dengan lidah kita dan aman dikonsumsi. Menurut dr. Karin Wiradarma, arang food grade ini malahan berfungsi untuk menyerap racun dalam tubuh dan membuangnya melalui kotoran. Wah, berarti es krim hitam juga bisa menjadi pilihan untuk detoks, nih, Ma.

Terasa Lembut di Lidah

Meskipun terlihat sedikit 'menakutkan', Goth Ice Cream memiliki tekstur yang ringan di mulut serta menyegarkan. Es krim ini terbuat dari kelapa: santan, krim kelapa, buah, dan bahkan abu arangnya. Jadi, jangan heran kalau terasa gurih di lidah.

Namun, ada juga yang mencampurnya dengan kacang almond untuk meningkatkan cita rasa es krim. Sama seperti es krim lainnya, es krim hitam juga bisa disajikan dengan varian rasa topping, mulai dari sereal, keju, sprinkles warna-warni, sampai caramel popcorn.

Menjadi Tren di Los Angeles, California

Awalnya, sebuah gerai es krim bernama Morgenstern’s Finest Ice Cream yang terletak di New York yang menjual es krim ini. Namun, tidak disangka pesaingnya, Little Damage Ice Cream Shop yang justru menjadi viral di media sosial karena menyajikan es krim hitam yang sama. Terletak di Los Angeles, California, Little Damage menyediakan es krim dengan berbagai topping sehingga banyak yang rela mengantri untuk bisa mencicipi lezatnya Coconut Ash Ice Cream ini.

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak bermunculan es krim arang yang bisa Mama temukan di wilayah Jakarta. Cukup kunjungi gerai es krim yang ada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara bernama BC’s Cone Cafe, Mama bisa menemukan es krim hitam dengan harga sekitar Rp25.000-55.000.

Mama tertarik mengajak si kecil mencoba es krim unik ini?

(DAN)

Artikel Terkait