RESEP
8 Maret 2019

Sehat dan Bernutrisi, Ini 5 Ide Menu Sarapan yang Mudah Dibuat

Usahakan menunya seimbang ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Pada masa pertumbuhan, Si Kecil butuh banyak nutrisi. Salah satunya dengan menyantap sarapan lengkap.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, mengatakan bahwa sarapan lengkap untuk Si Kecil meliputi karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat.

Karbohidrat bisa didapatkan dari biji-bijian, buah, dan sayuran seperti ubi dan kentang.

Protein bisa didapatkan dari daging, telur, produk susu, dan kacang-kacangan. Protein akan membantu tubuh untuk tumbuh dan membuat Si Kecil kenyang lebih lama.

Itu artinya, keinginan Si Kecil untuk ngemil jadi semakin berkurang. Ini akan membuat Si Kecil terhindar dari obesitas.

Baca Juga : Cek Inspirasi Variasi Menu Sarapan Anak di 6 Negara Ini, Unik!

Lemak sehat dibutuhkan bayi dan balita untuk perkembangan otaknya hingga usia 2 tahun. Jadi, sebelum usia 2 tahun, Si Kecil dilarang untuk diet lemak.

Lemak sehat bisa Moms dapatkan dari avokad, biji rami, chia seed, kacang, ikan (salmon dan sarden), kuning telur, dan susu.

Sedangkan serat bisa didapatkan dari buah dan sayuran beraneka warna. Setiap sayuran memiliki vitamin dan mineral berbeda yang dibutuhkan oleh Si Kecil untuk tumbuh.

Sayangnya, tidak semua Moms bisa menyiapkan menu sarapan yang betul-betul lengkap untuk Si Kecil. Waktu menjadi kendala utamanya.

Kendati begitu, dr Raissa mengatakan ada beberapa menu sarapan sederhana yang kaya nutrisi lho Moms. Moms bisa membuatnya sendiri di rumah.

Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Sereal dengan Susu

stage visual 2
Foto: Nestle-cereal.com

Sereal dan susu adalah pilihan sarapan yang sangat sederhana dan mudah dibuat. Kendati begitu, kandungan nutrisinya terbilang sudah lengkap.

Sereal yang dijual di pasaran biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai nutrisi. Belum lagi susu yang akan melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

“Buat yang tidak sempat masak, ini menu yang cocok sekali. Tidak perlu repot-repot,” kata dr Raissa.

2. Roti Lapis

peanut butter banana sandwich recipe 1
Foto: Archarnaskitchen.com

Roti lapis juga bisa jadi salah satu pilihan sarapan yang mudah dan cepat dibuat. Moms bisa membuat roti lapis dengan isian telur atau isian selai kacang.

Dari roti, Si Kecil sudah mendapatkan karbohidrat. “Dari telur atau selai kacang, anak bisa mendapatkan protein dan lemak,” ungkap dr Raissa.

Baca Juga : 5 Resep Sarapan yang Bisa Dibuat Dalam Waktu 5 Menit

3. Buah-buahan dan Susu

fb shutterstock 421600312
Foto: Tasteofhome.com

Buah-buahan bisa jadi menu sarapan yang baik untuk Si Kecil memulai hari. Moms hanya perlu menyiapkan buah potong. Si Kecil bisa memakannya di rumah atau dalam perjalanan ke sekolah.

“Sebagai tambahan nutrisi, tambahkan susu. Nutrisi susu juga kan sudah lengkap,” tutur dr Raissa.

Itulah beberapa ide menu sarapan sehat yang bisa Moms buat di rumah. Mudah sekali kan? Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait