DI ATAS 5 TAHUN
3 April 2019

Sejak Usia Berapa Anak Wajib ke Dokter Gigi?

Rawat kesehatan gigi dengan teratur periksa ke dokter gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pentingnya menjaga kesehatan gigi anak harus dimulai sejak dini. Kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lainnya.

Gigi bukan saja sebagai pemanis senyuman, namun dapat memengaruhi sistem pencernaan anak.

Gigi yang sehat dapat membuat anak mendapatkan asupan gizi yang optimal. Kondisi ini membuat anak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga tumbuh dan kembangnya dapat berjalan dengan baik.

Rutin sikat gigi menjadi cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi, namun itu saja tidak cukup. Cara merawat gigi anak juga dilakukan dengan periksa gigi secara berkala ke dokter gigi.

Orang dewasa diwajibkan untuk periksa gigi setiap 6 bulan sekali, dan ternyata hal tersebut juga dianjurkan untuk anak-anak.

Pemikiran keliru orang tua adalah anak pergi ke dokter gigi ketika sudah mengalami permasalahan seperti sakit gigi atau gigi berlubang.

Padahal, membiasakan anak untuk periksa gigi dapat mencegah rasa takut mereka untuk bertemu dokter gigi.

Seperti yang sering kita dengar, anak kecil takut menemui dokter gigi karena rasa tidak terbiasa tadi. Untuk itu, sebaiknya Moms mengatur waktu yang rutin untuk pergi memeriksa gigi anak.

Lalu, sebenarnya di usia berapa anak wajib untuk memeriksa giginya? Apa yang dapat dilakukan orangtua untuk menyiapkan anak yang pertama kali ke dokter gigi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Anak Menelan Pasta Gigi Saat Sikat Gigi, Berbahayakah?

Periksa Gigi Sejak Tumbuh Gigi Pertama

sejak usia berapa anak wajib untuk periksa gigi 2

Dokter gigi spesialis anak, drg. Rizka Aulia Zaim dari Brawijaya Children and Women Clinic, Bandung, mengingatkan pentingnya memeriksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi.

Hal ini untuk mencegah masalah yang terjadi pada gigi, terlebih lagi mengingat gigi susu anak yang masih rapuh dan membutuhkan perhatian lebih.

“Jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk periksa gigi adalah sejak anak tumbuh gigi pertama atau selambat-lambatnya saat ia berusia satu tahun. Hal ini didukung juga oleh American Pediatric Dental Association,” ujar drg. Rizka pada Kulwap Orami Community, Kamis (14/2) lalu.

Umumnya bayi tumbuh gigi pertama kali pada usia 6 bulan, bisa kurang atau lebih. Ketika anak sudah mulai tumbuh gigi, maka sebaiknya segera luangkan waktu untuk periksa gigi ke dokter gigi.

“Bawa anak ke dokter gigi paling tepat adalah 6 bulan sekali. Disarankan untuk langsung menemui dokter gigi spesialis anak dan bukan dokter gigi saja. Alasannya, dokter gigi spesialis anak tak hanya mengecek kondisi gigi anak namun juga melihat tumbuh dan kembang anak secara menyeluruh,” lanjut drg. Rizka.

Memeriksakan gigi anak ke dokter juga menjadikan proteksi dini terhadap gangguan gigi yang dapat terjadi seperti gigi berlubang, karies gigi, atau peradangan gusi.

Baca Juga: Apa Penyebab Gigi Anak yang Rapat dan Tonggos?

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Membawa Anak ke Dokter Gigi

Membawa anak ke dokter gigi spesialis anak untuk pertama kali dapat menjadi tantangan tersendiri.

Kebanyakan anak merasa takut untuk ke dokter gigi. Tugas orang tua adalah membiasakan anak dengan rutinitas pemeriksaan gigi ini.

Hal pertama adalah menyiapkan penjelasan rinci tentang kondisi anak, seperti makanan yang biasa dikonsumsi atau kebiasaan yang sering ia lakukan.

Lalu, pilih dokter gigi spesialis anak yang sudah terpercaya dan lebih baik lagi jika ia punya tempat praktik yang bersahabat dengan anak.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memberitahu anak tentang gambaran dari dokter gigi itu sendiri. Tujuannya agar anak tidak merasa kaget saat pertama kali bertemu.

Jelaskan pada anak pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan memeriksa gigi secara berkala.

Dengan cara-cara ini, anak tidak akan takut lagi saat bertemu dengan dokter gigi. Kesehatan gigi anak pun dapat terjaga sejak dini!

(DG/INT)

Artikel Terkait