SELEBRITI
24 Juli 2019

Selain Anak Ardina Rasti, Ini 6 Anak Artis yang Juga Mengikuti Tradisi Tedhak Siten

Anak harus melalui serangkaian prosesi yang panjang
placeholder

Sumber: Instagram.com/malvinofajaro

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Indonesia yang kaya akan adat istiadat dan budaya, memiliki berbagai tradisi yang hingga saat ini masih dijadikan kepercayaan dan diikuti oleh masyarakat setempat, salah satunya adalah tradisi tedhak siten.

Tedhak Siten dikenal juga dengan nama tradisi turun tanah. ‘Tedak’ memiliki arti turun dan ‘siten’ berasal dari kata ‘siti’ yang berarti tanah. Tradisi ini berasal dari Jawa untuk Si Kecil yang memasuki usia tujuh atau delapan bulan.

Pelaksaan tradisi ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada bumi tempat anak mulai menginjakkan kakinya ke tanah pertama kali. Selain itu, tradisi ini juga bertujuan untuk masa depan Si Kecil, agar kelak dapat memilih jalan hidupnya dengan tepat.

Selain dilakukan oleh masyarakat setempat, para artis juga banyak yang melakukan tradisi tedhak siten untuk anaknya, seperti Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika.

Pasangan ini memang tengah berbahagia karena kelahiran anak pertamanya pada Desember lalu. Tradisi ini dilakukan di sebuah kafe di kawasan Jakarta Selatan. Ardina Rasti dan keluarganya mengenakan busana adat Jawa bernuansa biru terang.

Selama acara berbagai doa dan salawat pun dilantunkan untuk menyertai Si Kecil Anara. Ia tampak tenang mengikuti acara hingga selesai.

Selain Ardina Rasti, siapa saja artis yang melakukan tradisi tedhak siten? Simak di bawah ini.

Baca Juga: Unik dan Berbeda-beda, Seperti Inilah Tradisi Perayaan Tahun Baru di 5 Benua

1. Poppy Putri dan Dato Abdul Rahim

tradisi tedhak siten

Foto: instagram.com/poppyputri/

Presenter Poppy Putri dan sang suami, Dato Abdul Rahim, juga menggelar tradisi tedhak siten untuk sang buah hati, saat anaknya memasuki usia 7 bulan.

Sama seperti arti dari tradisi ini, Poppy Putri juga melakukannya karena Si Kecil sudah memasuki usia tujuh bulan, di mana anak sudah siap berjalan, serta menginjakkan kakinya di tanah atau bumi.

Sayangnya anak Poppy Putri harus melewatkan prosesi mandi karena sedang demam.

2. Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

tradisi tedhak siten

Foto: brilio.net

Ketika Rafathar menginjak usia 9 bulan, Nagita Slavina dan Raffi Ahmad juga menggelar tradisi tedhak siten untuk anak semata wayangnya. Ketiganya kompak mengenakan busana adat Jawa lengkap dengan aksesorisnya seperti blangkon.

Pasangan ini berharap agar kelak jika sudah besar, Rafathar bisa tumbuh menjadi anak yang hebat dan kuat.

3. Yasmine Wildblood dan Abiyapto

tradisi tedhak siten

Foto: kanal247.com

Yasmine Wildblood dan Abiyapto juga menggelar tradisi tedhak siten untuk putri mereka Seraphina Rose. Tradisi ini digelar saat Seraphina menginjak usia 8 bulan.

Si Kecil Seraphina yang memiliki wajah blasteran atau bule, tampil cantik dengan busana adat Jawa dan tatanan rambut yang disanggul. Menggemaskan banget!

Baca Juga: Yasmine Wildblood Hamil Anak Kedua, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Anak Kedua!

4. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

tradisi tedhak siten

Foto: serumpi.com

Pasangan artis berikutnya yang menggelar tradisi turun tanah adalah Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Tradisi ini digelar untuk putra bungsu mereka, Ahmad Syailendra Airlangga.

Serangkaian prosesi dijalani Baby Er yang waktu itu genap berusia 7 bulan. Mulai dari menapak tanah, masuk dalam kurungan ayam, hingga memilih benda kesenangannya. Ditutup dengan Si Kecil naik tangga dan duduk di kursi.

5. Ayu Dewi

tradisi tedhak siten

Foto: kapanlagi.com

Selebriti sekaligus presenter yang lucu ini juga menggelar tedhak siten bersama sang suami, Regie Datau. Acara ini digelar untuk Aqila Dewi Humairah, putrinya yang saat itu genap berusia 9 bulan dan sudah bisa merangkak.

Selain untuk masa depan si buah hati, Ayu Dewi mengaku menggelar tradisi ini untuk melestarikan budaya Jawa yang mulai tergerus di dalam masyarakat.

6. Anang dan Ashanty

tradisi tedhak siten

Foto: kapanlagi.com

Ashanty dan Anang menggelar tedhak siten untuk Si Kecil Arsy saat berusia 8 bulan. Pasangan ini mengaku selain untuk melestarikan tradisi, tedhak siten juga dilakukan agar kelak Arsy dapat tumbuh menjadi anak yang membanggakan dan bisa memilih masa depannya dengan tepat.

Baca Juga: Anang-Ashanty Rayakan 7 Tahun Pernikahan, Begini Perjalanan Cinta Keduanya

Itu dia sederet artis yang masih percaya pada adat istiadat Jawa dan melakukan tradisi tedhak siten untuk si buah hati. Apakah Moms juga pernah menggelar tedhak siten?

Artikel Terkait