GAYA HIDUP
16 September 2019

Selain Baking Soda, Ini 7 Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi

Selain menyikat gigi dengan baking soda, bahan-bahan alami ini pun ampuh untuk memutihkan gigi
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, kalau sedang difoto pernah merasa tidak percaya diri karena merasa gigi kuning? Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi jadi kusam dan kuning, misalnya saja jenis makanan tertentu yang merusak email gigi atau lapisan paling luar gigi.

Tak hanya itu, penumpukan plak pada gigi juga bisa menyebabkan gigi jadi terlihat kuning.

Tapi tenang, Moms. Ada banyak cara lho untuk memutihkan gigi hingga Moms bisa tampil percaya diri lagi. Sayangnya, bahan-bahan pemutih gigi yang dijual di pasaran biasanya mengandung banyak sekali bahan kimia dan harganya sangat mahal.

Nah, kalau Moms tidak mau menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berlebihan, Moms bisa beralih menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini untuk memutihkan gigi.

1. Berkumur dengan Minyak

coconut oil.jpg

Di India, minyak merupakan obat tradisional yang selalu digunakan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh.

Berdasarkan studi Tooth brushing, oil pulling and tissue regeneration: A review of holistic approaches to oral health, berkumur dengan minyak bisa menghilangkan bakteri yang berubah jadi plak dan menyebabkan gigi terlihat kuning.

Sebenarnya secara tradisional, orang India tidak spesifik menggunakan minyak kelapa, melainkan minyak jenis apapun seperti minyak bunga matahari atau minyak wijen. Minyak kelapa jadi pilihan populer karena punya rasa yang tidak terlalu kuat dan manfaatnya bagi kesehatan pun banyak.

Baca Juga: Anak Sakit Gigi? Ini 8 Cara Mengatasinya

Beberapa studi juga menyebutkan minyak kelapa kaya akan asam laurat yang dikenal sebagai bahan untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Penelitian-penelitian ini juga menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak setiap hari bisa secara efektif mengurangi bakteri dalam mulut, bersama dengan plak dan radang gusi.

Untuk berkumur dengan minyak, masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut lalu dorong dan tarik melalui gigi Moms. Berkumurlah dengan minyak ini selama 15-20 menit, kemudian buang kembali ke toilet atau tempat sampah.

Jangan buang bekas kumuran ke dalam wastafel ya Moms, karena minyak kelapa bisa berubah bentuk jadi padat di pipa pembuangan dan menyebabkan penyumbatan.

2. Hidrogen Peroksida

Berdasarkan penelitian dari Department of Operative Dentistry, School of Dentistry, University of North Carolina at Chapel Hill, USA, hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang bisa membunuh bakteri di mulut.

Meskipun belum ada penelitian spesifik mengenai menyikat gigi dengan hidrogen peroksida saja, tapi beberapa penelitian sudah menganalisis pasta gigi yang mengandung peroksida.

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dan hidrogen peroksida 1 persen bisa membuat gigi lebih putih secara signifikan.

Namun, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan apabila mau menggunakan bahan ini. Penggunaan berlebihan bisa menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi. Moms bisa mencampur 2 sdt hidrogen peroksida dengan 1 sdt baking soda, kemudian gosok gigi secara lembut dengan campuran ini.

Cukup lakukan hal ini seminggu sekali untuk menghindari penggunaan peroksida berlebihan yang bisa menyebabkan enamel gigi terkikis.

3. Apple Cider Vinegar

Cuka Sari Apel untuk Sakit Tenggorokan

Untuk memutihkan gigi, Moms bisa gunakan apple cider vinegar atau cuka sari apel. Selama berabad-abad, cuka sari apel sudah digunakan sebagai produk pembersih alami dan disinfektan.

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang merupakan bahan aktif utama yang efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri dalam cuka bisa membersihkan mulut dan memutihkan gigi. Namun, kandungan asam asetat ini juga bisa mengikis enamel di gigi jika digunakan berlebihan.

Gunakan cuka sari apel sebagai obat kumur, berikan air sebagai campuran dan kumur selama beberapa menit. Pastikan membilas mulut Moms dengan air putih sesudahnya, ya. Moms bisa melakukan hal ini 2-3 minggu sekali.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

4. Memutihkan Gigi dengan Buah

Moms, buah pepaya mengandung enzim yang bisa membantu memutihkan gigi, lho. Papain dan bromelain adalah enzim yang bisa ditemukan dalam pepaya dan nanas yang bisa membantu memutihkan gigi.

Studi di tahun 2012 menemukan bukti bahwa buah-buahan seperti pepaya dan nanas yang mengandung enzim ini bisa menawarkan efek pemutihan gigi. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih banyak tentang enzim ini, tetapi bisa dicoba, Moms. Selain bisa memutihkan gigi, konsumsi pepaya dan nanas pun punya banyak manfaat lain.

5. Kulit Jeruk atau Lemon

imunitas jeruk

Percaya atau tidak, ternyata kulit jeruk atau lemon bisa dijadikan bahan alami untuk memutihkan gigi, lho, Moms. Kulit jeruk atau lemon mengandung asam sitrat, yang membantu menghilangkan noda pada email gigi dan memutihkan gigi.

Kulit jeruk atau lemon juga punya sifat antibakteri dan sehingga bisa membantu melawan mikroba oral.

Moms bisa menggunakan kulit jeruk atau lemon untuk menggosok gigi selama 1-2 menit, kemudian gosok gigi kembali dengan pasta gigi. Bilas mulut sampai bersih dengan air putih. Moms bisa melakukan ritual ini sekali sehari.

6. Activated Charcoal

Activated charcoal bersifat muatan negatif, sehingga bisa mengikat plak bermuatan positif pada permukaan gigi dan menyerapnya. Gigi Moms pun bisa kembali putih.

Untuk memutihkan gigi menggunakan charcoal, Moms cukup siapkan sebuah sikat gigi, charcoal bubuk, dan air secukupnya.

Kemudian, celupkan sikat gigi basah ke dalam bubuk charcoal yang sudah diaduk dengan air sampai jadi pasta, lalu sikat gigi Moms selama 1-2 menit. Setelah itu, bilas bersih mulut dengan air. Untuk hasil maksimal, lakukan ritual ini sekali sehari.

Baca Juga: 10 yang Harus Diketahui sebelum Melakukan Veneer Gigi

7. Jaga Kebersihan Mulut

Menyikat gigi secara teratur bisa kurangi penyakit Alzheimer ini penjelasannya - sikat gigi.jpg

Menjaga kebersihan mulut adalah cara terbaik yang bisa Moms lakukan untuk mencegah gigi jadi kuning. Sikat gigi dan flossing secara teratur bisa melindungi email gigi, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda.

Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari, bersihkan pula sekitar gusi dan bagian belakang gigi. Gunakan pasta gigi berfluoride agar bisa melawan dan memperbaiki kerusakan gigi. Moms juga bisa melakukan flossing untuk menghilangkan plak di antara gigi.

Nah, itulah 7 bahan alami untuk memutihkan gigi selain baking soda. Apakah Moms tertarik mencobanya?

Selain bahan-bahan alami di atas, perhatikan juga asupan yang masuk ke dalam mulut, sebab hal itu pun turut mempengaruhi keputihan gigi.

(SR/ERN)

Artikel Terkait