KESEHATAN
1 Juli 2019

Selain Influenza, Ada Juga 4 Jenis Flu yang Berbahaya dan Wajib Diketahui

Bukan cuma flu biasa, tapi 4 flu ini berbahaya
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh Dina Vionetta

Orang awam beranggapan bahwa flu sama dengan influenza. Padahal berbeda lho Moms, influenza adalah salah satu tipe flu dari sekian banyak tipe yang banyak merebak.

Golongan flu sendiri terdiri dari tipe A, B, dan C. Jenis flu tersebut diklasifikasikan berdasarkan respon virus terhadap anti body penderitanya.

Flu tipe A bisa menyerang pada manusia dan hewan, tipe B hanya menyerang tubuh manusia, sedang tipe C biasanya hanya gejala flu ringan dengan gangguan pernapasan yang dapat sembuh dengan sendirinya dengan mengandalkan sistem imun dari tubuh.

Baca Juga : Sedang Musim Sakit, Ini Cara Mengobati Flu pada Anak

Berikut ada beberapa jenis flu yang Moms harus ketahui, beserta gejalanya.

1. Swine Flu

aussie flu 136424074707202601 180104121014

Pada tahun 2009, wabah swine flu atau flu babi ini sangat marak Moms. Swine flu termasuk jenis flu tipe A. Dinamakan flu babi, karena flu ini juga bisa menyerang pada babi, atau manusia yang sering kontak langsung dengan babi.

Seperti peternak babi, atau pengkonsumsi daging babi yang saat disembelih di tubuhnya mengandung virus H1N1. Gejalanya hampir mirip dengan influenza, yaitu demam, menggigil, nyeri pada otot, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga : Hati-hati, Flu Bisa Menyebabkan Skizofrenia Pada Janin!

2. Flu Tulang

gejala dbd hero banner magz (1510x849)

Flu tulang atau lebih familiar dengan sebutan chikungunya adalah jenis flu yang disebabkan oleh nyamuk yang bernama Aedes Albopictus.

Gejalanya hampir mirip dengan penderita demam berdarah, yaitu demam tinggi dan sakit kepala. Namun yang mudah diidentifikasi dari flu tulang adalah rasa nyeri pada tulang, bengkak pada sendi, dan kulit akan menimbulkan ruam kemerahan.

Baca Juga : 6 Cara Mencegah Balita Terkena Flu, Mana Saja yang Sudah Moms Lakukan?

3. Flu Burung

Mungkin Moms sudah sangat familiar degan jenis flu ini. Pada tahun 2005 flu burung mewabah diseluruh negara terutama Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Data yang terkumpul sampai Oktober 2017 di Indonesia terdapat 200 penderita flu burung dan 168 diantaranya meninggal dunia. Sesuai namanya flu ini bisa terjangkit pada burung atau semua jenis unggas dan virus ini juga bisa menyerang manusia.

Ada dua jenis virus yang menyebabkan penyakit ini, yaitu H5N1 dan H7N9. Gejalanya meliputi demam, batuk, sesak nafas, diare disertai sakit perut, mimisan, atau sampai gusi berdarah.

4. Flu Perut

Flu Perut Pada Anak

Gastroenteritis atau flu perut adalah jenis flu yang menyerang sistem pencernaan yang disebabkan oleh norovirus dan rotavirus.

Norovirus sendiri adalah virus yang bisa menyebar di tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, lingkungan kantor ataupun aparan bakteri pada makanan dan minuman yang didiamkan dalam keadaan terbuka.

Sedangkan rotavirus dapat mengkontaminasi manusia lebih besar kasusnya pada anak kecil yang sering memasukan jari-jari atau tangan ke mulut mereka. Gejala awalnya adalah rasa mual, dan kaku seperti keram pada perut.

Jika sudah parah, dapat terjadi muntah darah, demam yang sangat tinggi, feses yang berdarah sampai muntah-muntah yang berkepanjangan sampai merasakan dehidrasi .

Saat kondisi ini terjadi pada anak, hati-hati lho Moms. Jika tidak ditangani secara cepat karena sistem daya tahan tubuh anak masih lemah dapat menyebabkan kematian.

(LMF)

Artikel Terkait