BALITA DAN ANAK
2 April 2020

Selain Minum Air Mineral, Ini Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi

Jangan sampai rasa haus muncul ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil yang aktif akan sangat mudah mengalami dehidrasi. Itu sebabnya agar anak tidak dehidrasi, Moms tidak boleh bosan mengingatkan mereka untuk minum di tengah-tengah aktivitas yang sedang ia lakukan.

Sebab, dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu jantung lebih mudah memompa darah melalui pembuluh darah ke otot. Dan, ini membantu otot bekerja secara efisien.

"Jika Anda terhidrasi dengan baik, jantung tidak harus bekerja keras," kata dokter John Batson, M.D, seorang dokter olahraga Lowcountry Spine & Sport in Hilton Head Island, S.C., dan volunteer di American Heart Association. Apa saja tanda dehidrasi pada anak yang perlu Moms tahu?

Baca juga: Ketahui Risiko Penyakit Yang Mengintai Bayi Dehidrasi

Ini Beberapa Tanda Dehidrasi pada Anak

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: herfamily.ie

Perhatikan tanda dehidrasi yang dialami Si Kecil.

Biasanya, gejala dehidrasi pada anak bisa Moms lihat melalui reaksi tubuh anak meliputi:

  • Jarang buang air kecil
  • Popok kering atau anak tidak buang air kecil, selama 3 jam atau lebih
  • Tidak ada air mata saat menangis
  • Bibir pecah-pecah
  • Mulut kering
  • Mata cekung
  • Lesu
  • Mengantuk
  • Lendir kering atau lengket di lidah atau lapisan mulut
  • Bernapas cepat
  • Detak jantung yang cepat

Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: health.harvard.edu

Jika harus terus menerus minum air mineral, Si Kecil mungkin merasa bosan.

Moms, memenuhi hidrasi anak tak harus selalu memberikan air mineral, lho. Variasikan dengan cara mengatasi dehidrasi pada anak berikut ini.

1. Berikan Air Kelapa

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: thehealthy.com

Air kelapa mengandung elektrolit alami termasuk potasium dan natrium yang merupakan nutrisi utama dalam mengisi dan merehidrasi tubuh.

Elektrolit juga penting untuk fungsi saraf dan otot yang tepat.

Cobalah untuk memberikan Si Kecil satu cangkir air kelapa segar sebagai variasi.

"Ada banyak manfaat kesehatan dari minum air kelapa. Ini bahkan adalah cara alami untuk menghidrasi dan menambahkan kalium ke dalam tubuh," jelas dokter Pamela Peeke, MD, asisten profesor di University of Maryland, Amerika.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa yang Perlu Diketahui

2. Ciptakan Ice Cream atau Sorbet Buah

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: superhealthykids.com

Di tengah panasnya matahari, siapa yang tak suka menikmati ice cream atau sorbet buah-buahan.Yummy!

Suguhan klasik musim panas ini bisa menjadi alat untuk mengisi bahan bakar dan rehidrasi Si Kecil.

Blender atau jus beberapa buah yang kaya akan air seperti semangka, strawberi, nanas, mangga, atau lemon.

Kemudian isi cetakan es loli dan bekukan selama sekitar satu jam. Moms juga bisa menambahkan air kelapa untuk menambah elektrolit, serta madu untuk rasa manis alami.

3. Makan Makanan Berkuah

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: seriouseats.com

Si Kecil tentu lebih mudah menikmati makanannya jika disajikan dengan semangkuk sup hangat.

Apalagi jika dinikmati di musim hujan saat anak-anak malas untuk mengonsumsi air mineral.

Sup juga bisa dikatakan sebagai cairan hidrasi yang baik untuk menambah nutrisi yang diperlukan anak terutama melalui kaldu alaminya.

4. Minum Susu Secara Rutin

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: nutritionfacts.org

Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi susu atau produk berbahan dasar susu, memiliki retensi cairan yang lebih baik daripada mereka yang minum minuman penambah tenaga lainnya.

Ditambah lagi, susu mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk kembali mengisi kembali energi setelah melakukan aktivitas fisik.

Baca juga: 4 Cara agar Anak Mau Minum Susu

5. Mengonsumsi Buah Potong

agar anak tidak dehidrasi, cara mengatasi dehidrasi pada anak, tips agar anak tidak dehidrasi

Foto: steffidoeslife.wordpress.com

Beberapa buah terkenal kaya akan kandungan air. Dengan memberikan buah potong yang kaya akan air ini tentu saja dapat membantu mencegah dehidrasi pada anak. Timun merupakan salah satu yang paling kaya akan air.

Berdasarkan The Mysterious World, timun diketahui mengandung 96% air, sedangkan tomat memiliki 94% air, semangka memiliki kandungan air sebanyak 92%, belimbing dan strawberi sebanyak 91%, sedangkan nanas dan juga jeruk mengandung air sebanyak 87%.

Dengan cara mengatasi dehidrasi pada anak ini dijamin Si Kecil akan terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Selamat tinggal dehidrasi!

Artikel Terkait