KESEHATAN
18 Maret 2019

Selain Nyeri Dada, Ini 5 Gejala Lain Serangan Jantung

Beberaapa gejala memang tampak seperti penyakit lain, tapi jangan dianggap sepele ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Serangan jantung bisa datang kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja. Serangan jantung umumnya diawali dengan nyeri di area dada. Namun, nyeri dada ternyata bukan satu-satunya gejala serangan jantung lho Moms.

Dikutip dari Webmd.com, ada beberapa gejala lain yang ternyata juga merupakan gejala serangan jantung. Sayangnya, karena gejalanya mirip penyakit lain, banyak yang menganggapnya hal sepele. Jika sudah begitu, pasien umumnya sulit untuk ditolong.

Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kita mengetahui gelaja serangan jantung lain selain nyeri dada ya Moms. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Kelelahan

adult annoyed anxiety 133021

Foto: Pexels.com

Jangan sepelekan rasa lelah yang berlangsung terus-menerus. Menurut seorang kardiolog di Northwell Health, Dr. Stacey E. Rosen, MD, bisa jadi rasa lelah yang Moms rasakan adalah salah satu gejala penyakit jantung. Gejala ini banyak terjadi pada pasien perempuan.

Selama serangan jantung terjadi, aliran darah ke jantung menurun, sehingga otot jantung mengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kita kelelahan. Untuk memastikannya, Moms bisa berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes aktivitas jantung dengan Electrocsrdiogram (EKG).

2. Sesak napas

istock 920935232 field img hero 988 380

Foto: Berkeleywellness.com

Sesak napas juga sering terjadi sebagai gejala awal penyakit jantung. Fungsi jantung yang tidak normal lagi bisa berdampak pada kelancaran aliran darah.

Hal ini akan membuat Moms sesak napas karena kekurangan oksigen. Moms mungkin saja bangun tiba-tiba di malam hari akibat sesak napas, yang dalam istilah medis disebut dengan nocturnal dyspnea.

Baca Juga: Ayah Putri Titian Meninggal Karena Serangan Jantung, Ini 5 Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

3. Pusing

01 medical reasons you feel dizzy hypotension 521815364 elenaleonova

Foto: Rd.com

Pusing dirasakan sebagai sensasi melayang seperti akan pingsan, kepala terasa berat, badan lemas, dan penglihatan menjadi kabur. Pusing juga bisa menjadi gejala awal penyakit jantung.

Jadi, Moms sebaiknya tidak menyepelekan rasa pusing, terutama jika pusing terjadi dalam waktu yang cukup lama.

4. Sakit Punggung dan Lengan

nyeri punggung

Foto: Afexaminer.com

Rasa nyeri yang dirasakan saat serangan jantung tak selalu berasal dari dada, tapi juga pada bagian punggung maupun lengan. Rasa sakit di punggung dan lengan seringkali tidak diikuti nyeri dada.

Karena ini juga banyak orang mengabaikannya dan tidak menganggapnya sebagai gejala serangan jantung. Beberapa bahkan ada yang mengalaminya saat berolahraga, sehingga berasumsi sakit itu datang karena olahraga.

Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-tanda Awal Gejala Serangan Jantung

5. Masalah Perut

stomach ache stock today 150730 tease 18b72c4cbc06a1d8776576e1cbf3ac6f

Foto: Today.com

Masalah perut seperti mual, muntah, atau perut tegang juga bisa jadi gejala serangan jantung, terutama ini banyak terjadi pada wanita. Tapi, banyak orang yang menganggap masalah perut ini karena faktor makanan.

Untuk memastikannya, berkonsultasilah ke dokter, terutama jika Moms memiliki riwayat dengan penyakit jantung.

Nah, ternyata selain nyeri dada masih ada lagi gejala serangan jantung lain yang sayangnya kerap diabaikan. Jika mengalami gejela-gejala itu, sebaiknya Moms segera meminta bantuan medis.

(VAN)

Artikel Terkait