KESEHATAN
27 Maret 2019

Selain Omega-3, 6 Nutrisi Ini Juga Bantu Sehatkan Jantung

Kesehatan jantung bisa dijaga dengan berbagai zat nutrisi berikut
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbagai masalah dan gangguan yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah paling banyak disebabkan oleh gaya hidup, salah satunya pola makan.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, berkolesterol tinggi, serta minim serat, diyakini jadi salah satu pemicu munculnya masalah kesehatan jantung.

American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi makanan bergizi untuk jantung yang sehat. Untuk kesehatan jantung, mulailah sertakan nutrisi ini dalam diet Moms sehari-hari.

Omega-3 menjadi salah satu nutrisi yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan jantung. DIkutip dari Ndtv.com, selain omega-3, ternyata masih banyak nutrisi lain yang juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung lho Moms.

Kira-kira apa saja ya? Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini!

1. Serat

selain omega 3, nutrisi ini juga bantu sehatkan jantung

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, serat juga merupakan nutrisi nomor satu untuk perlindungan terhadap penyakit jantung. Ada dua jenis serat dari makanan, yaitu serat larut dan serat tidak larut.

Serat larut menyerap air dan banyak ditemukan di gandum, kacang-kacangan, apel, dan buah-buahan lainnya. Fungsinya mengikat kolesterol dan gula, serta mencegah penyerapannya dari saluran pencernaan. Serat larut juga membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Serat tidak larut berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Ini yang sering disebut "serat" dalam arti sebenarnya, yang berfungsi menambah berat feses.

2. Mono Unsaturated Fatty Acid (MUFA)

olive oil 1596417 1920

MUFA adalah lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Sumber MUFA antara lain minyak zaitun, minyak canola, minyak kacang, minyak safflower dan minyak wijen.

Sumber lain MUFA adalah kacang-kacangan seperti almond, kacang, kenari, dan alpukat.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengolah Makanan yang Tepat untuk Penderita Penyakit Jantung

3. Folat

beans 3452427 1920

Homosistein adalah jenis asam amino yang dikaitkan dengan pengerasan pembuluh darah, yang merupakan penyebab utama penyakit arteri koroner.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B mampu menurunkan kadar homosistein, ​​dan asam folat mengurangi penebalan dinding arteri.

Hasil penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam folat menurunkan risiko stroke 12 persen dengan menurunkan kadar homosistein dalam darah dan mengurangi penebalan dinding arteri.

Sumber folat yang baik ada pada bayam, kacang kedelai, dan suplemen.

4. Quercetin

apple 3313225 1920

Apel dikenal sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Itu karena apel merupakan sumber flavonoid quercetin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat menurunkan risiko penumpukan plak serta kolesterol LDL.

Quercetin juga banyak ditemukan dalam buah jeruk, bawang, peterseli, sage, dan teh.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Jantung Saat Hamil

5. Lycopene

tomato 3520004 1920

Lycopene adalah antioksidan yang banyak ditemukan pada tomat. Sejumlah studi klinis telah membuktikan peran lycopen dalam menurunkan tekanan darah dan protein C reaktif - penanda peradangan jantung.

6. Magnesium

almonds 768699 1920

Magnesium membantu menjaga fungsi saraf dan otot, serta menjaga irama jantung tetap stabil. Asupan magnesium yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan arteri koroner yang jauh lebih rendah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition merekomendasikan asupan sumber makanan tinggi magnesium seperti biji-bijian utuh, kacang kedelai dan tahu, almond, biji labu, biji wijen, dan bayam.

Itulah beberapa nutrisi yang juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung Moms. Jangan sampai terlewat ya!

(VAN)

Foto: Pixabay.com

Artikel Terkait