KEHAMILAN
30 Juli 2019

Selain untuk Lihat Jenis Kelamin, Apa Manfaat USG 4 Dimensi?

USG 4D lebih canggih karena dilengkapi teknologi kamera high definition
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Biasanya, Moms melakukan pemeriksaan USG selama kehamilan karena ingin melihat perkembangan janin, atau sekadar mengetahui jenis kelamin janin.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, melakukan skrining USG tidak hanya dengan jenis 2G. namun ada juga yang lebih maju, seperti USG 4 simensi.

Khusus bagi ultrasonografi 4D, jenis USG ini menghasilkan video bergerak janin. Sehingga menciptakan gambar yang lebih baik dari wajah dan gerakan bayi.

Baca Juga: Berapa Kali USG Sebaiknya Dilakukan Selama Hamil?

Kapan Pemeriksaan USG Bisa Dilakukan?

usg janin 02

Menurut dr. R. Aditya Kusuma, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, wajib untuk melakukan pemeriksaan kehamilan pada trimester 1, trimester 2, dan trimester 3.

"Untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan ibu hamil dan janin di dalam kandungan, perlu dilakukan antenatal care selama masa kehamilan. Antenatal care adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau bidan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik dari ibu hamil," jelas dokter Aditya.

Menurut dokter Aditya, pemeriksaan di trimester 1 dilakukan sejak awal kehamilan hingga usia 11 – 14 minggu untuk menentukan usia kehamilan dengan akurat dan taksiran waktu persalinan.

"Selain itu, mengetahui jumlah janin di dalam kandungan, memastikan kehamilan berada di dalam rahim, hingga mengetahui ada/tidaknya kelainan mayor pada janin, dan melihat risiko pre-eklamsia," tambahnya.

Pada trimester kedua, pemeriksaan USG dilakukan untuk melihat ada/tidaknya kelainan fisik pada janin. Beberapa kelainan fisik yang dapat terdeteksi pada minggu ke-20 kehamilan adalah sumbing, kelainan jantung, dan gastrochisis.

"Sedangkan, pemeriksaan USG pada trimester ketiga biasanya dilakukan untuk memberikan informasi mengenai perkembangan janin, serta dapat mengetahui kesejahteraan janin sebelum persalinan," terang dokter Aditya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Saat Pemeriksaan Kehamilan Pertama

Manfaat Melakukan USG 4 Dimensi

usghamil (3)

Kecanggihan teknologi membuat adanya variasi dalam melakukan pemeriksaan dengan USG, salah satunya dengan keberadaan USG 4 dimensi.

Biasanya, pemeriksaan USG 4D dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin janin, dan melihat aktivitas gerak janin, ekspresi wajah, tangan, kaki, serta jari jemari secara real-time.

"Bahkan, kita dapat melihat denyut jantung bayi, serta melihat kelainan pada janin dengan lebih detail, misalnya bibir sumbing, atau kelainan pada pembuluh darah," jelas dokter Aditya.

Lebih lanjut, dokter Aditya juga menyorot kecanggihan USG 4 yang dilengkapi kamera ini memiliki teknologi High Definition (HD).

Baca Juga: Berapa Kali USG Sebaiknya Dilakukan Selama Hamil?

"Pencitraan gambar pun jadi semakin jelas dan memungkinkan dokter melihat kelainan pada janin dengan lebih mudah. Bila kondisi dan kelainan sudah diketahui sejak awal, dokter bisa segera mengambil tindakan untuk mengoreksi kelainan tersebut," tutupnya.

Artikel Terkait