KESEHATAN
8 Juni 2016

Selamat Tinggal Bau Mulut!

Meski puasa, napas harus tetap segar. Ini tipsnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Napas yang segar mampu menjadi salah satu daya tarik seseorang. Bagi mereka yang terbebas dari bau mulut terlihat lebih menarik karena percaya diri saat berinteraksi dengan lawan bicara. Tak perlu menjaga jarak atau menutup mulut karena khawatir sang lawan bicara akan terganggu dengan bau tak sedap. Namun, ketika Anda berpuasa potensi untuk memiliki napas yang tak segar sangat mungkin terjadi. Kondisi ini wajar terjadi karena selama hampir 12 jam mulut tak tersentuh oleh air dan menjadi kering. Tak perlu khawatir karena tips yang terangkum di bawah ini akan menyelamatkan Anda dari bau mulut tak sedap.

Sikat Gigi dengan Baking Soda

Usai sahur jangan lupa untuk menggosok gigi dengan benar. Pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di setiap sela gigi. Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah mengganti pasta gigi dengan baking soda. Baking soda mampu mengurangi kadar asam dalam air liur Anda, sehingga akan memperlambat perkembangan bakteri di mulut. Cukup dengan 2 sendok teh baking soda dan tambahkan lemon.

Bersihkan Lidah

Usai menggosok gigi jangan lupa untuk menyikat lidah Anda. Salah satu penyebab bau mulut adalah penumpukan bakteri dan lidah menjadi salah satu tempat terbaik bagi bakteri untuk berkembang biak. Bersihkan dengan sikat gigi atau scraper untuk hasil yang maksimal.

Kumur dengan Teh

Akhiri kegiatan menggosok gigi dan lidah dengan berkumur. Gunakan mouthwash yang mengandung antiseptik atau Anda bisa membuat mouthwash natural tanpa alkohol. Seduh daun teh dalam dua gelas air panas selama 20 menit lalu dinginkan.

Perbanyak Konsumsi Jambu

Kandungan tannic dan phosphoric acids dalam jambu muda mampu menangkal bau mulut.

Minum Apple Cider Vinegar

Minumlah dua sendok teh Apple Cider Vinegar sebelum makan. Bila terlalu asam, Anda bisa menikmatinya dalam segelas air.

(SR)

sumber: dummies.com | prevention.com

Artikel Terkait