KESEHATAN
26 Juni 2019

Apa Itu Self Care dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Penting untuk melakukan perawatan di dalam diri juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Intan

Terkadang kita menjadi orang yang cenderung lebih mementingkan apa yang orang lain bicarakan tentang kita, daripada peduli pada diri kita sendiri.

Kita lupa menyisihkan waktu untuk diri kita sendiri dan malah mementingkan pekerjaan. Intinya, tidak banyak waktu luang yang memang kita sediakan untuk diri sendiri.

Misalnya setiap akhir pekan, kita terus saja sibuk bekerja. Padahal ini bisa digunakan sebagai kesempatan yang baik untuk memanjakan diri, misalnya creambath atau pijat badan setelah lelah bekerja seminggu penuh.

Hal-hal kecil seperti itu perlu kita lakukan sebagai apresiasi untuk diri kita sendiri. Hal ini dinamakan juga sebagai self care. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Baca Juga: Ini 3 Kriteria yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Salon Kecantikan

Apa Itu Self Care?

self care

Konsep self care ini sebenarnya sudah mulai dikenal sejak tahun 70-an. Namun saat ini, konsep ini sudah bisa dilakukan melalui banyak cara yang tentunya berfokus pada perawatan diri melalui perantara.

Misalnya aplikasi meditasi seperti Headspace, sharing melalui podcast, atau majalah. Hal-hal tersebut membantu kita melakukan prakter perawatan diri atau self care. Akan tetapi kita juga harus tahu dong apa sih defini dari self care ini?

Self care adalah tindakan untuk fisik, emosi, relasi, mungkin juga profesional, edukasi, dan untuk beberapa orang, kesejahteraan spiritual yang mencerminkan cara kita menjaga diri kita sendiri pada tingkat yang paling mendasar,” kata Helen L. Coons, psikolog kesehatan klinis, spesialisai dalam kesehatan perilaku dan kesejahteraan wanita di Fakultas Kedokteran Universitas Fakultas Psikiatri di Aurora, Colorado.

Intinya, self care adalah melakukan perawatan untuk diri kita dengan cara melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita sendiri, baik secara jasmani maupun rohani. Sayangnya banyak yang salah mengartikan hal ini sebagai suatu keegoisan.

Pemikiran ini salah, Moms. Tidak hanya memperhatikan suami dan Si Kecil, tapi diri kita membutuhkan perawatan dan perhatian juga, agar kita tetap bisa menjadi pribadi yang produktif dan positif.

Terlebih lagi di zaman sekarang yang menuntut banyak kesibukan baik dalam pekerjaan maupun lingkungan sosial.

Jadi ingat, self care itu buka suatu keegoisan ya. Tetapi suatu cara yang membantu kita untuk tetap bisa sehat secara fisik dan mental.

Menyisihkan waktu untuk melakukan self care bisa membantu kita mengatasi stres, kekhawatiran, dan untuk sebagian orang, membantu mengontrol amarah.

Baca Juga: Kapan Anak Boleh Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan?

Cara Self Care yang Tepat

self care

Kita yang mungkin tertarik dengan self care harus tahu perbedaan yang benar antara praktek self care yang tepat dan kurang tepat.

Cara sederhana untuk konsep self care misalnya menonton acara kesukaan. Contohnya, di akhir pekan Moms menyediakan waktu untuk menonton episode-episode yang tertinggal dari serial favorit Moms.

Self care lainnya, mempercantik atau memanjakan diri dengan melakukan refleksi atau pijat. Melakukan manicure dan pedicure demi kecantikkan diri juga bisa lho Moms.

Melakukan meditasi dan yoga seminggu sekali demi memperoleh ketenangan dalam diri setelah sibuk bekerja selama seminggu juga bisa menjadi cara tepat untuk melakukan self care.

Namun, makan dan shopping berlebihan itu bukan self care ya Moms. Mengapa? Karena kita tidak memanjakan diri sendiri, dan tidak mendapat manfaat yang baik dari hal tersebut.

Nah Moms, itu dia pengertian dari self care. Apakah sudah mencoba atau tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait