KESEHATAN
27 September 2019

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Moms, perlu tahu apa penyebab kanker rahim yang sebenarnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, pada banyak kasus ditemui kalau penderita kanker rahim baru mengetahui penyakit yang dideritanya pada saat penyakit sudah di stadium akhir. Hal tersebut yang membuat penanganan dan pengobatannya sudah tidak begitu efektif.

Menurut National Health Service, kanker rahim pada stadium awal sering kali tidak menunjukkan gejala tertentu. Oleh karena itu, Moms wajib tahu serba-serbi mengenai kanker rahim yang sebenarnya.

Apa Itu Kanker Rahim?

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Foto: YouTube

Kanker rahim merupakan jenis penyakit yang awalanya menyerang lapisan rahim. Namun, sifat kanker yang mampu menyebar atau dikenal dengan metastasis, membuat kanker rahim juga dapat menyebar ke bagian lain dari rahim, seperti organ rahim, dinding rahim, dan sekitarnya.

Sebagian besar wanita yang didiagnosis memilki risiko terkena kanker rahim biasanya dapat diketahui mulai usia 20-an dan 30-an. Namun rata-rata wanita yang benar-benar didiagnosis terkena kanker rahim adalah yang sudah memasuki masa menopause, yakni di pertengahan 50-an.

Rentang usia wanita yang didiagnosis kanker didiagnosis menunjukkan kalau perkembangan kanker ini terbilang lambat. Ini menjadi alasan mengapa setiap wanita wajib tahu tentang apa itu kanker rahim untuk dapat mencegah dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari atau mengobati kanker ini.

Baca Juga : Ini Usia yang Tepat Melakukan Vaksin HPV Untuk Mencegah Kanker Serviks

Apa Saja Jenis Kanker Rahim?

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Foto: Honest Docs

Endometrium

Jenis kanker rahim endometrium paling banyak ditemukan di berbagai kasus kanker rahim. Jenis kanker rahim ini yang menyerang bagian dinding rahim.

Sarkoma Uterus

Berbeda dari jenis endometrium, jenis kanker rahim sarcoma uterus menyerang dan berkembang biak pada lapisan otot rahim.

Baca Juga : Ternyata 3 Kelainan Rahim Ini Bikin Sulit Hamil

Apa Saja Tanda & Gejala Kanker Rahim?

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Foto: Parents

Kanker rahim pada stadium awal memang sering kali tidak menandakan gejala tertentu oleh sebagian penderitanya. Namun, dalam banyak kasus pendarahan yang tidak wajar dari vagina muncul sebagai gejala yang paling umum, khususnya saat wanita sudah melewati masa menopause.

Gejala lain seperti pendarahan di antara siklus menstruasi, keluarnya cairan dengan warna dan bau tidak sedap dari vagina, pembengkakan pada rahim, dan sakit panggul juga bisa menjadi gejala lain dari kanker rahim.

Baca Juga : Bagaimana Cara Deteksi Dini Rahim Terbalik?

Apa Penyebab Kanker Rahim?

Semua Perempuan Wajib Tahu Penyebab Kanker Rahim

Foto: UVA Today

Kanker rahim disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel rahim yang tidak tumbuh dengan semestinya. Sel-sel pada tubuh akan membelah diri dan tumbuh, kemudian mati, dan tergantikan dengan sel yang baru.

Namun, saat tidak tumbuh dengan normal sel-sel tersebut bermutasi dan rusak. Sel yang rusak itu akan menumpuk dan membentuk jaringan tumor.

Sedangkan untuk penyebab mengapa sel dalam tubuh dapat bermutasi sampai saat ini masih belum ditemukan penyebab pastinya. Namun, sebagian besar mempercayai faktor ketidakseimbangan hormon dan obesitas menjadi pemicu utama kanker rahim muncul pada seseorang.

(NA/KM)

Artikel Terkait