TRIMESTER 1
23 Maret 2020

Senam Kegel untuk Ibu Hamil, Amankah?

Apakah senam kegel termasuk di antara senam yang aman untuk dilakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan saat Moms tengah mengandung, salah satunya adalah rutin berolahraga.

Tentunya bumil tidak boleh sembarang melakukan olahraga, pilih jenis olahraga yang tepat dan aman.

Salah satu olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah senam, termasuk senam kegel.

Mari simak ulasan mengenai keamanan senam kegel untuk ibu hamil di bawah ini!

Baca Juga: 5 Jenis Bola Kegel untuk Mengencangkan Vagina, Moms Harus Coba!

Keamanan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

senam kegel untuk ibu hamil

Foto: pregistry.com

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, pada dasarnya, senam kegel atau latihan dasar panggul.

Senam kegel diilakukan untuk membantu memperkuat otot-otot panggul dan sangat berguna untuk mencegah terjadinya inkontinensia urine.

Ternyata, senam kegel saat hamil itu aman dilakukan. Namun, tentunya harus tetap memerhatikan gerakan yang tepat dan melakukannya dengan fokus serta berhati-hati, ya.

Menurut American Pregnancy Association, Moms sebaiknya melakukan senam kegel sejak awal kehamilan agar memiliki persalinan yang lebih mudah.

Beberapa manfaat senam kegel untuk ibu hamil di antaranya:

  • Memperkuat otot-otot memperkuat otot-otot yang menopang rahim, kandung kemih, dan usus
  • Membantu kemampuan mengontrol otot-otot Moms selama persalinan
  • Mencegah inkontinensia urine
  • Mencegah wasir

“Jika Moms memiliki perut yang lemah, maka nantinya tidak akan efektif mendorong saat melahirkan. Memiliki dasar panggul yang kuat dapat membantu selama persalinan dan juga berguna dilakukan pasca melahirkan,” ujar Julie Tupler, penulis buku Maternal Fitness: Preparing for a Healthy Pregnancy, an Easier Labor, and a Quick Recovery.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Gerakan Senam Hamil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Senam Kegel Saat Hamil, Perhatikan Hal Ini

senam kegel untuk ibu hamil

Foto: firstcry.parenting.com

Senam kegel memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Cara melakukannya juga mudah.

  • Berbaring di lantai lalu tarik otot-otot panggul dan tahan selama 3 hitungan
  • Setelah itu, rileks selama 3 hitungan
  • Lakukan 10 hingga 15 setiap kali Moms berolahraga

Terpenting yang perlu Moms perhatikan adalah jangan menekan otot lain secara bersamaan saat melakukan senam kegel.

Nyatanya, menekan otot yang salah dapat memberikan tekanan lebih besar pada otot yang mengontrol kandung kemih. Jadi, fokus pada otot panggul saja, ya.

Selain itu, temukan tempat yang tenang untuk berlatih agar dapat berkonsentrasi penuh.

Semakin bertambah usia kehamilan, maka semakin besar ukuran perut dan postur tubuh juga berubah. Untuk itu, jangan berlebihan saat berlatih.

Jika dirasa Moms tidak kuat untuk menopang tubuh, lebih baik hentikan melakukan senam kegel.

Olahraga yang aman dilakukan tentunya tidak akan membahayakan kondisi tubuh Moms sendiri.

Baca Juga: 4 Gerakan Senam Hamil Selama Trimester Kedua, Ikuti Yuk!

Itulah manfaat senam kegel bagi ibu hamil. Perlu diketahui, senam kegel juga bermanfaat untuk meningkatkan kenikmatan saat berhubungan intim dengan pasangan.

Suami juga bisa melakukan senam kegel agar manfaatnya bisa dirasakan oleh Moms dan pasangan.

Artikel Terkait