KEHAMILAN
8 Agustus 2020

Kenali Perbedaan Sensasi Orgasme Saat Hamil di Tiap Trimester

Kenali perbedaan sensasi orgasme saat hamil pada tiap trimesternya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms yang sedang hamil mungkin bertanya-tanya, apakah wajar bila ingin terus berhubungan seks saat hamil dan risiko apa yang mungkin terjadi?

Moms tentunya tidak sendirian, karena banyak wanita hamil merasakan hal yang sama. Penyebabnya, ternyata saat hamil libido akan naik sehingga membuat gairah seks meningkat.

Seks saat kehamilan juga dianggap normal dan aman apabila tidak ada kendala dalam janin. Lalu, seperti apa orgasme saat hamil di tiap trimester kehamilan?

Menurut hasil penelitian berjudul Sex in Pregnancy, ada beberapa hal terkait hubungan seks saat hamil, yaitu:

  • Hubungan seks saat hamil dianggap aman secara umum.
  • Pantangan untuk berhubungan seks dianjurkan untuk wanita yang berisiko melahirkan prematur, atau kondisi perdarahan antepartum akibat placenta previa (kondisi di mana letak plasenta di bagian bawah rahim).
  • Sedikit bukti yang menunjukkan bahwa seks saat hamil dapat membantu mendorong persalinan, namun seks masih dianggap aman bagi wanita yang hamil dengan risiko rendah.
  • Dimulainya kembali aktivitas seksual pasca persalinan harus ditentukan oleh kenyamanan wanita itu sendiri.

Untuk Moms yang penasaran, cari tahu perbedaan sensasi orgasme saat hamil di tiap trimester kehamilan berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Perbedaan Sensasi Orgasme Saat Hamil

Jika Moms merasa ingin melanjutkan kegiatan seksual saat kehamilan, jangan ragu dan malu bertanya kepada dokter kandungan tentang ini. Jika lampu hijau memang diberikan oleh dokter, kenapa tidak?

Terlebih lagi, tubuh Moms yang mengalami perubahan selama hamil akan memberikan sensasi orgasme yang berbeda, lho.

Nah, mengutip Healthline Parenthood, berikut ini perbedaan sensasi orgasme saat hamil yang Moms alami selama trimester pertama hingga akhir.

1. Trimester Pertama

orgasme saat hamil 1.jpg

Foto: freepik.com

Hubungan seks pada trimester pertama mungkin akan terasa lebih nikmat, sebab tubuh Moms jadi lebih sensitif dan perut belum membesar.

Pada trimester pertama, payudara jadi lebih lembut dan mudah terstimulasi oleh pasangan atau diri sendiri. Libido Moms juga akan naik, digabungkan dengan lubrikasi natural pada vagina Moms.

Tidak heran jika hasilnya adalah orgasme saat hamil muda ini lebih cepat dan memuaskan.

Namun, Moms juga mungkin mengalami sebaliknya. Rasa tidak nyaman dan mual yang muncul pada trimester pertama dapat ikut berperan dalam menurunkan libido.

Baca Juga: 9 Posisi Seks Aman Saat Hamil, Mulai dari Trimester Awal Hingga Akhir

2. Trimester Kedua

orgasme saat hamil 2.jpg

Foto: freepik.com

Biasanya pada trimester kedua ini fase morning sickness sudah terlewati dan ketidaknyamanan trimester ketiga belum terasa. Sehingga, seks dan orgasme saat hamil di trimester kedua mungkin akan jadi masa yang paling menyenangkan.

Beberapa hal yang mungkin Moms rasakan:

  • Orgasme terasa lebih menyenangkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh aliran darah yang meningkat semasa kehamilan, menyebabkan area uterus dan vagina membesar, sehingga area ini menjadi lebih sensitif. Artinya, Moms lebih mudah merasakan stimulasi dan lebih mudah mencapai orgasme saat hamil.
  • Moms mungkin akan merasakan kontraksi atau kram di rahim setelah orgasme dan tidak perlu khawatir karena hal ini normal. Bahkan kram ini sebenarnya dapat terjadi ketika Moms tidak hamil. Kontraksi atau kram pada rahim ini juga bukan penanda akan segera bersalin dan tidak menyebabkan dorongan untuk bersalin. Secara sendirinya kram akan hilang dengan beristirahat.
  • Perut Moms akan terasa keras. Hal ini juga normal terjadi saat orgasme, baik saat hamil maupun tidak. Namun dengan kulit area perut yang sedang merenggang dan melebar, sensasi ini jadi lebih terasa.
  • Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh berlipat ganda saat Moms hamil dan akan lebih banyak lagi ketika Moms orgasme saat hamil. Hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Moms merasa bahagia dan jatuh cinta.

Baca Juga: Fakta Menarik dan Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Seks Saat Hamil

3. Trimester Ketiga

orgasme saat hamil 3.jpg

Foto: freepik.com

Pada trimester ketiga, seks dan orgasme saat hamil akan menjadi lebih sulit karena perut yang semakin membesar dan berat. Di trimester ketiga, Moms akan sulit untuk bergerak seperti biasa dan memerlukan posisi seks yang berbeda.

Selain itu, bayi dalam kandungan Moms tumbuh cukup besar untuk mengambil banyak ruang di uterus, menyebabkan otot-otot lebih sulit berkontraksi untuk mencapai orgasme saat hamil di trimester ketiga.

Itu dia Moms, perbedaan orgasme saat hamil di tiap trimester kehamilan. Secara keseluruhan, Moms tidak perlu khawatir untuk melakukan hubungan seks saat sedang hamil.

Apabila tubuh Moms merasa nyaman dan menginginkannya, silakan lakukan dengan Dads dan tidak lupa berkonsultasi dengan dokter kandungan lebih dulu, ya.

Artikel Terkait