BAYI
12 November 2019

Sensory Play untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

Sejuta manfaat yang didapatkan bayi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sensory play adalah aktivitas yang melibatkan indera bayi, termasuk indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan sentuhan. Sensory play juga merupakan aktivitas yang melibatkan gerakan dan keseimbangan bayi.

Maka dari itu, sensory play untuk bayi bukan hanya menyenangkan tetapi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tumbuh-kembang bayi.

Berikut adalah beberapa manfaat sensory play untuk bayi:

Sensory Play untuk Bayi dalam Mendukung Perkembangan Kognitif

sensory play untuk bayi

Foto: babymozart.org

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa stimulasi sensorik yang diberikan sejak dini, terutama ketika dilakukan di luar ruangan, memberi otak bayi dorongan yang signifikan.

Menurut penulis utama studi ini, Audrey van der Meer, seorang ilmuwan saraf dan profesor di Norwegian University of Science and Technology, “bahkan bayi yang masih sangat kecil pun harus ditantang dan distimulasi sejak lahir dan seterusnya. Mereka perlu melibatkan tubuh dan indera mereka dengan menjelajahi dunia mereka dan berbagai benda yang berbeda.”

Baca Juga: 8 Permainan Indoor untuk Melatih Motorik Bayi

Sensory Play untuk Bayi dalam Mendukung Perkembangan Motorik Halus

sensory play untuk bayi

Foto: kidspot.co.nz

Dalam laman AIA Malaysia dikatakan bahwa keterampilan halus melibatkan penggunaan otot yang lebih kecil di tangan, jari, dan pergelangan tangan.

Di usia yang sangat muda, bayi akan belajar keterampilan motorik dasar seperti bertepuk tangan dan keterampilan motorik kasar seperti berjalan.

Melakukan sensory play untuk bayi dapat membantunya belajar dan mempertajam keterampilan motorik halus yang lebih kecil dan koordinasi mata-tangan seperti mencubit, menuangkan, atau mengikat tali.

Baca Juga: Ini Dia 5 Aktivitas Sensorik Untuk Bayi

Sensory Play untuk Bayi demi Mengembangkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

sensory play untuk bayi

Foto: nubabi.com

Dikutip dari situs East Coast Nursery, Dr. Lin Day PhD, M.Phil, PGCE, BSc, Dip Ed, SRN, seorang pakar parenting di Inggris dan pendiri Baby Sensory, menyebutkan bahwa karakter wajah seperti ramah dan tersenyum mendorong bayi untuk mengoceh dan memulai percakapan pertamanya, termasuk berpura-pura dan meniru perilaku orang dewasa.

Ini adalah tahapan yang sangat penting untuk mendukung perkembangan kemampuan berbahasa dan komunikasi bayi.

Sensory Play untuk Bayi guna Belajar Tentang Dunia di Sekitarnya

sensory play untuk bayi

Foto: runlikekale.com

Menurut Goodstart.org.au, penggunaan sensory play untuk bayi dapat membantu bayi menyentuh, mencium, dan bermain dengan tekstur di lingkungan sekitarnya dengan berbagai ekspektasi.

Ketika bayi mengembangkan kepercayaan dan pemahaman akan tekstur, misalnya dengan menyentuh makanan basah seperti pasta, ini dapat membantu membangun jalur positif di dalam otak bayi untuk mengatakan bahwa aman untuk terlibat dengan apa yang ia sentuh.

Baca Juga: 7 Aktivitas Untuk Mendukung Perkembangan Kognitif Balita

Sensory Play untuk Bayi Agar Dapat Membantu Menenangkannya

sensory play untuk bayi

Foto: landofmom.com

Moms mungkin sudah menyadari sejak lama bahwa Si Kecil tampak lebih tenang setelah waktu mandi, menghempaskan tubuhnya ke atas kasur, menabrak furniture saat merangkak, dan lain sebagainya.

Very Well Family menyebutkan bahwa sensory play memang dapat menenangkan bayi, karena membantu mereka mengatur ketidaknyamanan internal seperti kebosanan, kegelisahan, atau berbagai jenis agitasi lainnya.

Itulah beberapa manfaat sensory play untuk bayi. Sudah tahukah Moms sensory play apa saja yang dapat Moms lakukan bersama Si Kecil di rumah?

Artikel Terkait