KEHAMILAN
28 Juni 2020

Serba-Serbi Oral Seks Saat Hamil, Moms Perlu Tahu

Amankah oral seks saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Beberapa pasangan hamil merasa tidak nyaman terlibat dalam hubungan intim dengan bayi yang bersemangat menendang dan berguling-guling dalam rahim ibunya selama beraksi.

Namun, penting untuk dipahami bahwa hubungan intim tidak hanya penting untuk memastikan bahwa pasangan itu berbagi hubungan yang intim dan menyenangkan, tetapi juga cara bagi ibu untuk menikmatinya tanpa rasa khawatir.

Selain posisi yang mungkin direkomendasikan dokter untuk memastikan keselamatan bayi, pilihan lain yang mungkin bisa Moms coba dengan Dads adalah oral seks.

Menurut Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis di Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di Fakultas Kedokteran Universitas Yale, seks oral mungkin baik untuk ibu dan janin, selama Moms ekstra hati-hati .

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Oral Seks Saat Hamil

Jika Moms dan Dads menantikan untuk bereksperimen dengan oral seks, Moms tentunya harus mengetahui beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: 8 Tips Oral Seks untuk Wanita, Perhatikan Dads!

Seks dan Kehamilan

Tips Oral Seks Saat Hamil.jpg

Foto: babyinfo.com.au

Kehamilan merupakan pengalaman yang benar-benar mengubah hidup, ketika Moms mempersiapkan diri untuk membawa kehidupan baru ke dunia, bercinta selama kehamilan bisa menjadi dorongan yang dimiliki banyak wanita.

Seks adalah bagian penting bagi setiap pasangan suami istri, dan Moms tentunya perlu mengetahui seputar seks saat memasuki kehamilan.

Sebagian besar pasangan hamil memiliki pertanyaan tentang hasrat seksual selama kehamilan, seperti "Bisakah bercinta saat hamil"? dan “Bisakah menikmati oral seks selama periode ini”?

Kedua pertanyaan cukup relevan dan harus ditangani sebelum terlibat dalam tindakan.

Ingat, bayi terlindungi dengan baik oleh otot-otot kuat rahim dan pelindung alaminya, cairan ketuban. Karena hal ini, aktivitas seksual antara Moms dan Dads tidak akan memengaruhi bayi dengan cara apa pun.

Melakukan hubungan seksual atau seks oral menjadi sangat menyenangkan selama kehamilan karena meningkatnya pasokan darah ke vagina dan labia.

Padahal, menurut penelitian dari Canadian Medical Association Journal, peluang persalinan prematur menurun jika Moms melakukan hubungan seks teratur selama kehamilan.

Tips Oral Seks Saat Hamil

Tubuh manusia, pria atau wanita, hamil atau tidak, memiliki kebutuhan dan dorongan seksual sendiri.

Oral seks bisa jadi sama menyenangkannya dengan seks itu sendiri.

Langkah ini bisa diambil saat Moms harus berhenti sejenak beraktivitas seks karena suatu kondisi saat hamil.

Nah, agar keharmonisan Moms dan Dads tetap terjalin, berikut tips oral seks saat hamil yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Risiko Oral Seks Saat Hamil, Bisa Bahayakan Moms dan Janin

1. Tidak Meniupkan Udara

Tips Oral Seks Saat Hamil 2.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Saat menerima seks oral dari Dads, pastikan ia tidak meniupkan udara ke dalam vagina karena ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh udara (juga dikenal sebagai emboli udara).

Tekanan udara yang tiba-tiba ini dapat menimbulkan risiko bagi Moms dan bayi dan terbukti mengancam jiwa dalam kasus-kasus tertentu.

Meskipun ada kemungkinan terbatas untuk hal ini terjadi, yang terbaik adalah pasangan menyadarinya saat melakukan oral seks.

2. Pastikan Pasangan Tidak Memiliki Penyakit Menular Seksual

Tips Oral Seks Saat Hamil 3.jpg

Foto: sporteluxe.com

Seks oral meningkatkan kemungkinan bakteri dari mulut untuk dipindahkan ke vagina, dan sebaliknya, yang bisa menimbulkan risiko besar sejauh menyangkut Penyakit Menular Seksual (PMS). Maka, pastikan pasangan tidak memiliki PMS ya, Moms.

Baca Juga: 4 Tips Oral Seks yang Tidak Kalah Memuaskan dengan Seks Biasa

3. Jangan Lakukan Jika Pasangan Memiliki Luka di Mulut

Tips Oral Seks Saat Hamil 4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Luka dingin dari mulut pasangan dapat menyebabkan penyebaran virus ke area genital yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Penggunaan bendungan gigi (lembaran karet lateks yang dapat diregangkan diletakkan di atas mulut) oleh pasangan disarankan untuk mencegah infeksi.

4. Memahami Kondisi

Tips Oral Seks Saat Hamil 5.jpg

Foto: kidsinthehouse.com

Pahamilah anatomi satu sama lain dengan baik sebelum melakukan hubungan seks oral, sehingga tindakan itu menyenangkan dan tidak menyakitkan.

Moms dan Dads juga harus ingat, ada kemungkinan Moms bisa mengalami persalinan dini karena orgasme dapat menyebabkan kontraksi, yang mengarah ke persalinan prematur.

Maka, lakukan dengan hati-hati dan jangan menuntut lebih sehingga bisa membahayakan Moms dan janin.

Itulah serba-serbi oral seks saat hamil. Lakukan dengan aman, ya, Moms dan Dads!

Artikel Terkait