KESEHATAN
20 Maret 2019

Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Bisa Mengecoh

5 jenis makanan sehat ini berpotensi membuat gemuk jika dikonsumsi berlebihan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Apapun yang berlebihan memang tidak baik. Namun, seringkali karena dikira menyehatkan, seseorang tidak merasa bersalah saat mengonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan.

Yang mereka pikirkan adalah mereka mengonsumsi makanan sehat, dan mendapat manfaat dari nutrisi makanan tersebut.

Padahal faktanya, satu jenis makanan terdiri dari berbagai komposisi.

Bisa saja satu jenis makanan memiliki beberapa nutrisi yang baik dan zat yang kurang baik sekaligus.

Jika dikonsumsi berlebihan, dampak tidak baiklah yang akan didapat.

Supaya tidak salah, simak 5 jenis makanan yang bikin gemuk tapi sering dianggap menyehatkan berikut ini.

1. Salad

dd 599 ketocobbsalad 2

Foto: dietdoctor.com

Ini adalah makanan favorit para wanita saat sedang diet. Isinya adalah berbagai jenis sayuran, seperti selada, wortel, timun, tomat, dan beberapa iris ayam panggang.

Sepertinya, sih, sehat, ya? Tapi itu belum semua.

Salad sayuran tersebut kemudian akan diberi topping keju dan siraman mayones.

Inilah yang membuat status salad sebagai makanan sehat berubah menjadi makanan yang berpotensi menggemukkan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Kesehatan Organ Reproduksi

2. Avokad

avocado 1050x700

Foto: jstor.com

Phil Lempert, seorang analis industri makanan, berkata bahwa manfaat buah avokad sudah cocok membuatnya digadang-gadang sebagai superfood.

Alasannya, buah ini mengandung 10 gram serat dan memiliki kadar kalium dua kali lipat lebih tinggi daripada pisang.

Avokad juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker dan diabetes, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Akan tetapi, Lempert juga mengatakan bahwa avokad punya kekurangan, yaitu kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Ya, meskipun jenis lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung, tapi masih tetap berpotensi menggemukkan.

3. Kacang-Kacangan

o woman almond facebook

Foto: quicklypopular.com

Inilah snack favorit semua orang kala berkumpul, entah saat nobar pertandingan bola, ngobrol, atau santai.

Pilihannya juga banyak, mulai dari kacang tanah, kacang mede, atau kacang almond.

Seperti alpukat, kacang mengandung lemak yang menyehatkan jantung. Tetapi sehat tidak selalu berarti kurus.

Satu porsi kacang, atau kira-kira segenggam, mengandung 135 kalori. Sekali makan kacang, berapa genggam yang bisa Moms habiskan?

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

4. Buah Kering

harvestright 26 produce 1200x800

Foto: theepochtimes.com

Buah kering dianggap sehat karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ditambah lagi, proses pengeringan tidaklah menghilangkan kandungan vitamin dan mineral pada buah.

Tapi, proses pengeringan menambahkan kadar gula buah, membuatnya menjadi tak lagi terlalu sehat.

Bahkan bisa membuat gemuk.

5. Cokelat

chocolate bar

Foto: health.com

Menurut seorang peneliti, Thea Magrone, dalam artikel jurnal kesehatan berjudul Cocoa and Dark Chocolate Polyphenols: From Biology to Clinical Applications, cokelat digadang-gadang sebagai makanan sehat yang kaya polifenol.

Menurut penelitian, zat ini dapat menjaga pembuluh darah melebar dan membantu menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, sebelum memutuskan ngemil cokelat banyak-banyak, perlu diingat bahwa ini hanya berlaku pada cokelat hitam murni yang tidak ditambahkan dengan gula dan susu.

Cokelat camilan yang banyak dijual di supermarket sudah diolah sedemikian rupa sehingga tinggi kalori.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Bisa Jadi Obat Darah Rendah?

Nah, itu dia 5 makanan yang bikin gemuk tapi sering dikira menyehatkan. Moms harus bisa selektif memilih mana makanan yang baik untuk tubuh dan juga tahu porsi pasnya untuk diri Moms, ya.

(VAN)

Artikel Terkait