KESEHATAN
27 Oktober 2019

Sering Disepelekan, Ternyata Ini Lho Penyebab Kuku Cantengan

Paling sering terjadi karena penggunaan sepatu yang sempit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kuku catengan atau kuku jempol yang tumbuh ke dalam bisa menganggu aktivitas. Meski kecil, bengkak dan rasa sakit yang ditimbulkan biasanya membuat Moms dan Dads kesulitan untuk mengenakan sepatu.

Banyak orang yang merasa heran mengapa bisa mengalami kuku cantengan. Sebenarnya, apa sih penyebab kuku cantengan? Yuk simak ulasannya di bawah ini Moms.

Ternyata, penyebab kuku cantengan tidak hanya satu faktor, ada beberapa hal yang dapat jadi penyebab kuku cantengan. Berikut daftarnya!

Baca Juga: Hati-hati, Kaus Kaki Terlalu Ketat Bisa Sebabkan Bayi Cantengan!

1. Sepatu

penggunaan sepatu - vix.com.jpg

Foto: Vix.com

Penyebab kuku cantengan yang pertama adalah sepatu atau kaus kaki yang terlalu sempit. Penggunaan sepatu dan kaus kaki yang kesempitan dibandingkan dengan ukuran kaki bisa menyebabkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam.

Sepatu bisa terlalu sempit bisa dikarenakan ukurannya yang kecil, desain bagian ujung yang sempit, atau bagian ujung yang rata.

”Sepatu yang tidak pas adalah penyebab paling umum terjadinya cantengan," Chris G. Adigun, MD, dermatologist dan spesialis kuku di Dermatology & Laser Center of Chapel Hill.

2. Memotong Kuku Terlalu Pendek

gunting kuku - cedars-sinai.org.jpg

Foto: Cedar-sinai.org

Penyebab kuku cantengan yang selanjutnya adalah memotong kuku terlalu pendek. Memotong ujung kuku terlalu pendek dapat mendorong kulit di sekitarnya untuk melipat kuku.

Hal tersebut membuat kuku tumbuh ke dalam kulit.

3. Cedera Kuku Jempol

cantengan di perban - medicalnewstoday.com.jpg

Penyebab kuku cantengan yang selanjutnya adalah cedera kuku jempol. Tidak sengaja menjatuhkan sesuatu pada ujung jari kaki, menendang sesuatu yang keras, dan kecelakaan lain dapat menyebabkan kuku jari kaki tumbuh ke dalam.

4. Pertumbuhan Kuku Melengkung ke dalam Kulit

benang untuk cantengan - bootbomb.com.jpg

Penyebab kuku cantengan yang selanjutnya adalah kuku tumbuh ke dalam kulit. Kondisi tersebut meningkatkan risiko kuku akan tumbuh ke jaringan lunak, menyebabkan peradangan dan kemungkinan infeksi. Hal tersebut juga bisa dikarenakan faktor keturunan.

Batas kuku pada jari kaki beberapa orang secara signifikan melengkung ke dalam, dengan demikian, kuku memiliki kecenderungan untuk tumbuh ke dalam.

"Dalam situasi ini, orang tersebut dihadapkan dengan batas kuku yang lembut dan akan tumbuh ke dalam," kata Mark Hinkes, dokter podiatrik di Veterans Affairs Medical Center, Nashville, Tennessee.

Baca Juga: Hati-Hati, Kuku Bayi Juga Bisa Cantengan, Lho!

5. Kebersihan Kaki atau Keringat Berlebih

kesehatan kuku - weheartit.com.jpg

Foto: Weheartit.com

Penyebab kuku cantengan yang selanjutnya adalah kebersihan kaki kurang atau keringat berlebih. Jika kulit di jari kaki dan kaki lembab dan hangat, lebih berisiko mengalami cantengan.

Begitu pula infeksi jamur pada kaki dapat meningkatkan risiko cantengan.

Kenali Gejala Kuku Cantengan

cantengan- podiatryhotline.com.jpg

Gejala kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam bisa sangat menyakitkan. Awalnya, kulit di sebelah kuku terasa lunak, bengkak, atau keras. Kuku akan sakit sebagai respons terhadap tekanan.

Selain itu, kulit di area kuku yang cantengan juga mengalami peradangan. Cantengan juga bisa menyebabkan keluarnya darah dan nanah bewarna putih atau kuning.

”Ketika kuku tumbuh dan menembus kulit, itu menyebabkan respons peradangan yang mengarah pada kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit, ” jelas Dr. Adigun.

Guna mencegah cantengan, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memotong ujung kuku yang sedikit melengkung dan membiarkan kuku lebih panjang dari kulit.

Namun, dianjurkan untuk segera ditangani. Mengabaikan cantengan bisa membuat gejalanya lebih parah.

Baca Juga: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Cantengan Pada Anak

Nah Moms, itulah beberapa penyebab kuku cantengan yang kadang tidak kita sadari. Apakah Moms pernah mengalami kuku cantengan?

(SWN)

Artikel Terkait