KESEHATAN
19 Agustus 2020

Serum atau Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif?

Rangkaian perawatan kulit bisa dicoba, di antaranya serum dan krim wajah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Seiring bertambahnya usia, kulit juga terus mengalami perubahan. Dibutuhkan perawatan kulit yang tepat, pola hidup yang sehat, dan kualitas tidur yang baik untuk mempertahankan kulit tetap sehat.

Di antara berbagai jenis perawatan kulit yang bisa dipilih, ada serum atau krim wajah yang bisa digunakan untuk merawat kulit.

Baik serum atau krim, masing-masing sama baiknya. Menurut American Academy of Dermatology, sebaiknya Moms memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan juga jenis kulit masing-masing.

Perbedaan serum atau krim wajah bisa terlihat jelas dari tekstur produknya. Serum biasanya berbentuk gel dan berwarna bening, sebaliknya krim yang menjadi bagian dari pelembap akan memiliki tekstur lebih kental.

Nah, dari dua jenis produk ini manakah yang bekerja lebih efektif? Apakah manfaat dari serum atau krim wajah? Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Manfaat Serum untuk Kulit

Serum dan Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif-1.jpg

Foto: freepik.com

Berbicara tentang serum atau krim wajah, keunggulan dari serum yaitu produk memiliki konsentrasi bahan aktif di dalamnya. Biasanya, serum akan dipakai untuk mengatasi permasalahan kulit yang sudah signifikan.

Misalnya, cara mencegah penuaan dini akan lebih efektif menggunakan serum. Hal ini yang sebabkan produk serum wajah akan lebih mahal dibandingkan krim wajah.

“Serum disebut juga booster karena menargetkan masalah kulit tertentu. Serum juga lebih cepat meresap ke dalam kulit sehingga bekerja lebih maksimal. Contohnya, serum vitamin C mampu menghilangkan noda hitam pada kulit,” ujar Dr. Janet Prystowsky, dokter kulit dari New York, mengutip Derm Store.

Dilansir dari WebMD, serum wajah akan cepat meresap pada kulit, sehingga harus dipakai terlebih dulu sebelum rangkaian skincare lainnya. Selain itu, menggunakan serum tidak perlu terlalu boros.

Beberapa tetes saja sudah cukup. Hal tersebut karena serum mengandung kandungan aktif yang bisa langsung mengatasi permasalahan kulit Moms.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Krim Pemutih Wajah?

Manfaat Krim Wajah untuk Kulit

Serum dan Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif-2.jpg

Foto: freepik.com

Krim wajah pada dasarnya berguna untuk melembapkan kulit secara mendalam. Biasanya, krim wajah ada yang untuk siang dan malam.

Fungsi utamanya adalah menghidrasi dan menutrisi kulit. Bisa dikatakan, krim wajah sangat penting bagi pemilik wajah yang kering dan sensitif.

“Krim memiliki manfaat tertentu saja, misalkan untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Ada juga krim yang berguna untuk mencerah kulit. Krim juga lebih lembut dan aman dipakai baik pagi dan malam hari,” ujar Dr. Prystowsky.

Jika serum cenderung membuat kering atau mengeksfoliasi kulit secara berlebihan, krim akan melembapkan dan menjaga kelembutan kulit. Krim wajah juga mampu menjaga pori-pori wajah.

Krim wajah akan baik digunakan bagi Moms yang tidak memiliki permasalahan kulit tertentu.

Baca Juga: 5 Serum Lokal di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

Serum atau Krim Wajah, Lebih Unggul Mana?

Serum dan Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif-3.jpg

Foto: freepik.com

Dengan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, Moms mungkin masih merasa bingung tentang memilih serum atau krim wajah. Ada catatan yang perlu diperhatikan.

“Serum kulit bukan seperti pelembap, losion, atau krim. Apabila ingin fokus pada mencegah penuaan dini, maka serum akan bekerja lebih efektif dibandingkan pelembap," ungkap Dr. Abigail Waldman dari Harvard Medical School.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa formulasi serum dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan cepat dan memberikan dosis yang intensif.

Jadi, bisa dikatakan antara serum dan krim wajah memiliki keunggulan masing-masing. Namun, serum akan bekerja lebih efektif daripada krim wajah untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Tips terakhir yang bisa dicoba, apabila Moms memiliki kulit yang sangat berminyak, sebenarnya memakai serum saja tanpa pelembap sudah cukup.

Namun, apabila Moms memiliki kulit yang cenderung dan kombinasi, serum dan pelembap akan bermanfaat optimal pada kulit. Jadi, tidak perlu lagi bingung memilih antara serum dan pelembap, ya! Cukup sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Artikel Terkait