TRIMESTER 2
11 Desember 2019

3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan penuaan dini
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Vitamin C tidak hanya bermanfaat sebagai suplemen, tapi juga sebagai serum bagi kulit. Serum vitamin C saat ini sudah umum digunakan untuk mempercantik kulit, sekaligus membuatnya menjadi lebih sehat.

Tidak usah khawatir, sebab serum vitamin C aman untuk ibu hamil lho, Moms. Bahkan dermatolog merekomendasikan penggunaan vitamin C saat hamil untuk menggantikan fungsi retinol dan hydroquinone.

“Daripada menggunakan hydroquinone saat hamil, lebih baik gunakan vitamin C untuk menghilangkan flek hitam,” ujar Lily Talakoub, MD, dermatolog dari Virginia.

Joshua Zeichner, MD, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical Center juga menyarankan ibu hamil menggunakan serum vitamin C untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Lalu, apa saja manfaat serum vitamin C untuk kulit ibu hamil? Mari simak penjelasannya lebih lanjut!

1. Melindungi dari Sinar Matahari

serum vitamin c untuk ibu hamil.jpg

Manfaat serum vitamin C untuk kulit ibu hamil yang pertama adalah melindungi dari sinar matahari. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Radikal bebas sendiri disebabkan karena sinar matahari dan polusi. Radikal bebas akan menimbulkan flek hitam, garis-garis halus di wajah, iritasi, dan tanda penuaan lainnya.

Menurut Linus Pauling Institute at Oregon State University, efek antioksidan dari vitamin C pada kulit di antaranya:

  • Mengurangi tanda penuaan dini
  • Mengurangi pelepasan sitokin, yakni senyawa pemicu iritasi
  • Mengurangi dampak buruk akibat sinar UV

Meski serum vitamin C baik untuk melindungi kulit ibu hamil, bukan berarti Moms boleh mengabaikan sunscreen ya. Tetap gunakan sunscreen 45 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

2. Mencegah Penuaan Dini

serum vitamin c untuk ibu hamil 2.jpg

Manfaat serum vitamin C untuk kulit ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Vitamin C tidak bisa menghilangkan kerutan yang sudah terjadi di kulit secara alami, tapi serum vitamin C bisa mengurangi tanda penuaan dini.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, vitamin C memiliki manfaat anti-aging yang ampuh.

Sebab, vitamin C akan menstimulasi produksi kolagen, sehingga dapat mengurangi garis-garis halus dan mengembalikan elastisitas kulit.

3. Meratakan Warna Kulit

serum vitamin c untuk ibu hamil 3.jpg

Manfaat serum vitamin C untuk kulit ibu hamil selanjutnya sangat penting nih, Moms!

Hiperpigmentasi yang terjadi selama kehamilan membuat beberapa bagian kulit jadi lebih gelap. Serum vitamin C bisa meratakan warna kulit tersebut dan mencerahkannya.

Vitamin C bisa mengurangi produksi melanin di area yang terkena hiperpigmentasi. Dengan mengurangi produksinya, warna kulit pun akan menjadi lebih cerah.

Baca Juga: 4 Perubahan Kondisi Kulit yang Terjadi Saat Hamil

Itu dia beberapa manfaat serum vitamin C untuk kulit ibu hamil. Kalau masih belum yakin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, Moms!

Artikel Terkait