RESEP
30 September 2019

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Caisim, Pakchoy, dan Kailan

Pakchoy memiliki bentuk daun dan batang yang montok dan bulat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika berada di pasar untuk membeli sayur, Moms akan dihadapkan dengan ragam jenis sayuran hijau yang menarik dan siap untuk ditumis.

Namun, tidak sedikit sayuran hijau yang memiliki bentuk serupa, tetapi dengan nama berbeda. Termasuk sayur sawi, pakchoy, dan kailan.

Lalu, apa perbedaan sawi, pakchoy, dan kailan? Agar tidak salah membeli, ketahui beda ketiga sayuran berikut ini.

Baca Juga: Resep: Lontong Sayur

1. Sawi Hijau Biasa (Caisim)

caisim.jpg

Sawi hijau biasa juga disebut dengan caisim. Ini adalah jenis sawi yang sering ditemukan. Biasanya, digunakan sebagai sayuran tambahan untuk hidangan mie instan.

Caisim punya struktur daun yang halus, tidak berbulu, dan tidak berbentuk bulat. Tangkai daun caisim panjang, langsing, serta berwarna putih-kehijauan.

Baca Juga: Apa Sawi Putih Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

2. Pakchoy

bok choy.jpg

Kedua adalah pakchoy/bokchoy, atau dikenal dengan nama lainnya "sawi sendok", karena bentuk daun yang bulat seperti sendok.

Sawi jenis ini dikenal dengan bentuk daun dan batang yang montok dan bulat. Pakchoy juga punya bentuk versi mini yaitu "Baby Pakchoy".

Baca Juga: 5 Sayuran Pahit Ini Ternyata Punya Cita Rasa yang Enak

3. Kailan

kailan.jpg

Kailan, juga biasa disebut sebagai "Chinese Broccoli", adalah sayuran dengan bentuk daun dan batang yang datar dan tebal.

Warna daunnya hijau mengilap, dan mempunyai sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil, jika Moms membelinya di pasar tradisional.

Kailan sering digunakan dalam masakan Tionghoa. Sayur ini biasa ditumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau direbus dan dihidangkan dengan saus tiram.

Nah, itu dia perbedaan caisim, pakchoy, dan kailan yang mungkin belum Moms ketahui. Jangan sampai salah membeli lagi ya, Moms!

Artikel Terkait