KESEHATAN
30 September 2019

Setelah Demam Tinggi Muncul Ruam Merah di Kulit Anak, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Setelah Demam Tinggi Muncul Ruam Merah di Kulit Anak, Bagaimana Cara Mengobatinya?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Anak saya 5 hari lalu demam tinggi hingga suhu 38.7 derajat. Sudah diberikan paracetamol dan obat batuk karena disertai batuk pilek karena alerginya.

Namun sekarang demamnya sudah turun tapi di badannya muncul ruam atau bintik-bintik merah di punggung dan kaki. Apakah ini roseola atau campak ya dok?

Bagaimana cara membedakan keduanya? Serta bagaimana pengobatan yang harus saya lakukan? (Debie Octora)

Jawab:

Kalau dari ceritanya sih tidak sesuai dengan campak. Kalau campak, biasanya disertai gejala demam, mata merah, hidung berair, pilek, dan yang cukup bisa membedakan adalah ruam kemerahan muncul ketika demam masih tinggi.

Ruam muncul dari area belakang kepala, lalu menyebar ke seluruh wajah, badan dan tangan-kaki. Setelah demam reda, ruam lama-lama menghitam dan kulit menjadi kering, seperti bersisik dan mengelupas adalah gejala khas pada campak. Kalau dari cerita Moms, sepertinya tidak seperti ini ya, bukan campak.

Nah apakah roseola? Bisa jadi, atau bisa juga viral exanthem.

Pada kondisi ini, biasanya ruam muncul tidak dari belakang kepala, dan munculnya setelah demam reda..dan tidak menimbulkan kulit menjadi kering dan mengelupas setelahnya.

Obatnya hanya diberikan sesuai keluhan, misalnya bila demam ya diberikan obat demam. Bila gatal ya diberikan obat gatal. Pemberian multivitamin dapat pula membantu proses penyembuhannya.

Dijawab oleh dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Artikel Terkait